Buah Merah, Buah Ajaib Dari Ujung Timur yang Memiliki Sejuta Manfaat

Posted on

Buah merah merupakan jenis buah yang hanya tumbuh di ujung timur Indonesia yaitu Papua dan New Guenea. Buah merah mempunyai nama ilmiah Pandanus conoideus Lamk. Buah merah ini dikatakan terdapat sampai 12 kultivar dan tersebar luas di dataran tinggi hingga 2300 dpl, seperti di lembah baliem wamena, dan daerah terpencil lainnya di papua seperti Arfak, jayapura, dan daerah pegunungan Bintang.

Diantara kegunaan buah merah yaitu dapat diolah menjadi minyak nabati oleh warga yang tinggal didaerah pesisir dan pegunungan. Minyak yang terkandung dalam buah merah bisa dimanfaatkan untuk penyedap rasa makanan khas papua, seperti sagu dan ubi. Buah ini memiliki kandungan lemak yang tinggi yakni 35%. Ekstrak asam lemak yang terdapat dalam buah merah ini sama dengan kandungan asam lemak minyak goreng. Maka dari itu buah merah mempunyai potensi menjadi sumber minyak nabati selain kelapa sawit.

Minyak buah merah ini dihasilkan dari lapisan merah seperti jelly yang menempel pada bagian bijinya. Proses pengolahan buah merah hingga saat ini masih menggunakan cara tradisional.

Manfaat Buah Merah untuk Kesehatan

HIV AIDS

Buah merah dipercaya bisa menyembuhkan penyakit HIV AIDS, meskipun secara ilmiah belum  pernah dibuktikan dengan penelitian oleh ahli medis. Hal ini dipercaya sebab dalam buah merah terkandung tokoferol dan betakaroten yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui betakaroten dapat berguna sebagai antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena penyakit HIV AIDS merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Kanker dan Tumor

Buah merah juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kanker, sebab memiliki kandungan tokoferol yang cukup tinggi yakni 11.000 ppm dan betakaroten 7000 ppm. Kedua senyawa ini akan bertugas sebagai antioksidan, dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran sel kanker.

Stroke dan Darah Tinggi

Stroke dan darah tinggi merupakan penyakit yang dipicu oleh penyempitan pembuluh darah atau penggumpalan darah. Kandungan tokoferol pada buah merah ini bertugas melancarkan darah, sehingga sirkulasi darah meningkat dan tekanan darah menjadi normal kembali.

Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus disebabkan karena kelenjar pankreas yang tidak sanggup lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, kandungan gula dalam darah akan naik. Tokoferol yang terkandung dalam buah merah akan membantu kerja pankreas, sehingga fungsi pankreas menjadi normal kembali.

Meningkatkan Stamina dan Kesuburan

Vitamin E yang terkandung dalam buah merah diyakini bisa meningkatkan kesuburan Pria dengan cara membantu meningkatkan produksi sp*rm*. Tidak hanya itu, dalam buah merah juga terdapat kalori yang cukup tinggi yakni 360 kalori, sehingga bisa meningkatkan gairah dan vitalitas fisik Kita sepanjang hari.

Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh keroposnya tulang, osteoporosis biasanya terjadi karena kekurangan kalsium pada orang yang sudah berusia lanjut. Buah merah memiliki kandung kalsium yang tinggi, sehingga dapat mencegah dan membantu dalam menyembuhkan osteoporosis.

Gangguan Mata

Bekaroten yang terkandung dalam buah merah cukup tinggi sehingga akan membantu mengatasi beberapa jenis penyakit mata, yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Betakaroten merupakan senyawa yang diserap oleh tubuh yang kemudian diolah menjadi vitamin A.

Asam urat

Penyakit asam urat bisa terjadi karena terdapat masalah pada fungsi liver, sehingga hati memproduksi asam urat dengan berlebihan. Kelebihan asam urat ini akhirnya menjadi mengendap dan menggumpal pada persendian dan menimbulkan rasa sakit. Tokoferol dalam buah merah berkhasiat melancarkan darah dan memperbaiki sistem kerja dari hati. Sehingga organ hati akan memproduksi asam urat dalam jumlah yang normal kembali.

Rekomendasi:
Share artikel ini

3 thoughts on “Buah Merah, Buah Ajaib Dari Ujung Timur yang Memiliki Sejuta Manfaat

  1. MasyaAllah pertama kali lihat buah merah mas mantap ams.. manfaat dah… bener kata Allah ams semua ada obatnya… wah semoga ditemukannya ini gak banyak zina saja dah aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *