gambar bunga mawar
Bunganusantara.com

Mengenal Makna Warna Bunga Mawar dan Jenis – Jenis Varietas Bunga Mawar

Posted on

Bunga Mawar – Bunga yang sering dijadikan simbol romantisme adalah bunga mawar. Banyak orang yang memanfaatkan bunga ini sebagai salah satu cara untuk mengungkapkan kasih sayang kepada orang terkasih. Di dunia ini terdapat berbagai varian bunga mawar. Bunga ini menjadi favorit karena warna – warnanya yang indah.

Karakteristik dari bunga mawar ini adalah memiliki 5 helai mahkota dan macam warnanya pun beragam. Permukaan batang bunga mawar licin dan berduri.

Makna Bunga Mawar Dari Segi Warnanya

Sudah disebutkan di atas bahwa di dunia ini terdapat banyak jenis bunga mawar. Warna bunga – bunga tersebut indah dan beragam. Namun tahukah kita, ternyata setiap warna yang dimiliki bunga mawar memiliki arti dan maknanya. Berikut ulasan lengkapnya.

Bunga Mawar Hitam

Selama ini warna hitam dikenal sebagai warna yang merepresentasikan kesedihan, kematian dan berkabung. Demikian pula untuk bunga mawar hitam ini, yang juga dijadikan lambang kesedihan dan perpisahan.

Meski begitu, ada persepsi lain yang menyebutkan bahwa bunga mawar hitam ini menjadi simbol keanggunan, kecanggihan dan awal baru. Benar, arti bunga mawar hitam ini tergantung bagaimana persepsi kita dalam memandangnya.

Bunga Mawar Merah

Bunga mawar merah yang menjadi simbol romantisme ini dapat mewakili seseorang dalam menunjukkan kemurnian hati, rasa cinta sejati, keanggunan dan kesucian. Apabila kita menerima bunga dari orang terkasih, ini menunjukkan bahwa kita adalah orang yang berarti baginya. Sedangkan dari segi warnanya, bunga mawar merah ini menjadi bentuk ungkapan rasa cinta yang besar terhadap seseorang.

Bunga Mawar Biru

Mungkin banyak di antara kita yang belum mengetahui bunga mawar biru ini. Unik sekali ya, sebab tidak banyak bunga yang berwarna biru. Warna biru sendiri menunjukkan arti kekaguman dan sempurna. Sedangkan untuk bunga mawar biru ini dinilai dapat menunjukkan rasa cinta saat pandangan pertama.

Bunga Mawar Kuning

Bunga mawar kuning merepresentasikan rasa solidaritas yang tinggi, gembira, kekeluargaan dan ceria. Ketika ingin memberikan kejutan kepada keluarga, kerabat, sahabat atau teman, maka bunga mawar kuning bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bunga Mawar Merah Muda

Rasa bahagia, hormat, lembut dan pujian kepada seseorang dapat kita tunjukkan dengan memberikan bunga mawar merah muda. Dengan kata lain bunga mawar merah muda ini bisa membantu kita dalam menunjukkan rasa kagum terhadap seseorang. Akan tetapi, untuk bunga merah muda yang warnanya lebih tua dinilai sebagai bunga yang menunjukkan rasa terimakasih terhadap orang lain.

Bunga Mawar Putih

Warna putih sendiri melambangkan kesucian dan kejernihan hati. Serupa dengan bunga mawar putih ini, dimana bunga ini menjadi bentuk ungkapan keanggunan, rasa cinta yang besar, kesucian dan kemurnian hati. Bunga mawar putih juga menjadi simbol persahabatan sejati.

Bunga Mawar Orange

Bunga mawar orange merupakan bunga yang memiliki arti semangat. Dimana dalam hal ini seseorang yang memberikan bunga mawar orange kepada kita bisa diartikan telah mengetahui karakteristik kita.

Bunga Mawar Hijau

Bunga mawar hijau melambangkan sebuah harapan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Selain itu, bunga mawar hijau juga memiliki makna harmonis, sejahtera, dan kesuburan. Saat melihat hamparan sawah yang menghijau misalnya, kita akan merasa tenang dan damai. Sebab warna hijau juga memiliki arti ketenangan dan perdamaian.

Bunga mawar ini lebih fleksibel dibandingkan bunga jenis lainnya. Hal ini karena bunga mawar bisa tumbuh dengan subur meski berada di daerah beriklim sedang. Akan tetapi, ada beberapa jenis bunga mawar yang dapat tumbuh di daerah beriklim sub tropis. Berikut jenis – jenisnya.

Bunga Mawar Jenis Wild Roses

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa bunga mawar ini tumbuh liar. Ya, bunga mawar wild roses ini memang memiliki pertumbuhan yang liar sehingga bisa tumbuh subur di manapun. Bentuk dari bunga ini simpel dan sudah banyak yang mengetahui keberadaan bunga mawar jenis wild roses ini.

Bunga Mawar Old Garden Roses

Selain unik dan baunya sangat harum, bunga mawar Old Golden Roses ini merupakan hasil persilangan yang dikenalkan kepada khalayak bahkan sejak belum ada Hybird Tea pada tahun 1867. Terdapat beberapa jenis mawar Old Golden Roses ini, jenis – jenis yang ada dibedakan berdasarkan urutan umurnya.

Mawar Alba

Bunga mawar Alba adalah jenis mawar Old Garden tertua yang mempunyai warna putih. Mawar Alba adalah hasil persilangan antara mawar Rosa Arvensis dan Rosa Alba. Menariknya lagi, bunga mawar Alba ini hanya berbunga satu kali dalam setahun. Mawar Alba ini dulunya dibawa ke Inggris oleh masyarakat Romawi kuno.

Mawar Galica

Mawar Galica ini adalah hasil persilangan dari jenis mawar Rosa Gallica yang dahulunya berasal dari Eropa bagian tengah dan selatan. Sama seperti mawar Alba, mawar Galica ini juga berbunga setiap tahun sekali. Umumnya bunga ini akan bisa dijumpai pada waktu musim panas.

Mawar Damask

Mawar jenis Damask ini dibawa oleh Robert de Brie ke Eropa, sedangkan asalnya adalah dari Persia. Bunga ini dibawa ke Eropa pada tahun 1254 dan 1276. Bunga mawar Damask ini dikembangkan lagi, sehingga menghasilkan Summer Damask yang merupakan persilangan antara mawar Rosa Phoenicea dan mawar Gallica, sedangkan mawar Autumn Damasks dihasilkan dari persilangan antara mawar Rosa moschata dan Gallica.

Mawar Centifolia atau Provence

Mawar Centifolia ini populer dengan nama Provence. Mawar Provence itu sendiri merupakan mawar yang memiliki seribu daun mahkota. Sama seperti mawar Gallica, mawar jenis ini juga berbunga setahun sekali dan dijadikan sebagai bentuk pemuliaan pada abad ke 17 di Belanda.

Mawar Moss

Mawar jenis Moss ini masih menjadi kerabat dari mawar Centifolia. Berbeda dari yang lainnya, pada bunga mawar Moss ini terdapat lumut hijau di bagian batang dan daun kelopaknya. Bunga mawar ini akan berbunga setahun sekali.

Mawar China

Bunga mawar China berbunga beberapa kali dalam setahun. Terdapat empat jenis mawar China, yakni Slater’s Crimson 1792, Person Pink China 1793, Hume’s Blus China 1809 dan Parks Yellow Tea Scranted China 1824. Pada akhir abad 18 dan 19, mawar ini dibawa ke Eropa untuk pertama kalinya. Bunga mawar China ini dimuliakan menjadi bungan mawar Old Garden karena dapat berbunga berkali – kali.

The Portland Rose

Pemberian nama pada mawar jenis ini karena merujuk pada Duke of Portland yang ditujukan untuk mengenang jasanya dalam menerima mawar jenis ini. Yang ketika itu bunga mawar ini dibawa dari Negara Italia pada tahun 1800. Istimewanya lagi, bunga mawar jenis ini dimasukkan sebagai nenek moyangnya mawar Portland.

Mawar Bourbon

Mawar ini pertama kali ditemukan di Prancis pada tahun 1823, tepatnya di daerah Ile de Bourbon. Ile de Bourbon ini merupakan wilayah koloni Prancis atau tepatnya berada di sekitar Laut Hindia atau Reunion. Mawar Bourbon adalah hasil persilangan antara mawar Old Brush China dan Autumns Damask.

Mawar Hybrid Perpetual

Mawar Hybrid Perpetual ini merupakan mawar keturunan dari Bourbon yang dapat ditemukan di Inggris pada zaman Victoria. Seperti mawar China, bunga mawar jenis ini juga dapat berbunga berkali – kali dalam setahun.

Bunga Mawar Tea

Bunga mawar jenis ini adalah hasil persilangan antara bunga Parks Yellow Tea Scented China atau Hume’s Blush China dengan mawar Noisette dan Bourbon. Sepertinya bunga ini memiliki gen Bourbon karena dapat berbunga berkali – kali, ya walaupun baunya tidak seperti teh.

Mawar Bermuda Mysterious Roses

Mawar dengan jenis ini berasal dari Bermuda dan telah dibudidayakan disana. Mawar bermuda ini dapat tumbuh di daerah semi tropis dan tropis hingga akhirnya membuat bunga ini dapat bertahan dan berbunga baik dicuaca lembab atau panas. Dinamakan mawar misterius karena tidak diketahui dari mana asal bunga ini dan penamaan ini diberi nama dari nama pemilik taman dimana bunga ini tumbuh.

Climbing Roses

Dalam bahasa Indonesia, climbing berarti memanjat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa mawar ini tumbuh secara merambat pada pagar atau bangunan di dekatnya. Terdapat beberapa macam Climbing Rose, seperti; Climbing China, Ayrshire, Laevigate, Boursault, Sempervirens, Climbing Tea dan Climbing Bourbon.

Shrub Roses

Shrub Roses merupakan jenis bunga mawar yang mirip dengan Climbing Rose, yakni memiliki pertumbuhan merambat atau memanjat.

Modern Garden Rose

Mawar jenis ini termasuk mawar jenis semak, tapi mawar ini lebih modern. Modern Garden Rose ini merupakan keturunan dari Old Garden dengan bentuknya yang beragam. Bunganya pun bervarian, ada yang besar dan kecil. Selanjutnya, mawar Modern Garden Rose ini digolongkan menjadi dua kelompok berdasarkan karakteristik bunga dan ukurannya.
Mawar Hybrid Tea

Jenis mawar Hybrid Tea ini cocok untuk dijadikan bunga potong. Terdapat 5 hingga 6 bunga berukuran besar dalam satu batangnya. Umumnya, jenis mawar ini dimanfaatkan untuk disematkan di jas pengantin saat acara pernikahan.

Mawar Floribunda

Bunga mawar jenis ini memiliki bunga yang kecil. Terdapat sekitar 10 bunga pada satu batangnya. Jenis mawar ini tepat untuk pengisi taman di ruangan terbuka. Sifat tanaman bunga mawar yang rimbun dan bunganya yang terlihat mencolok dari jauh sangat indah dipandang.
Buck Roses

Pemberian nama Buck Roses ini merujuk pada seorang professor yang ahli dalam bidang hortikultura, yakni Griffith Buck dari Lowa University. Buck telah sukses menghasilkan lebih dari 90 varietas mawar. Menariknya lagi, mawar jenis ini dapat bertahan di musim dingin dan bertahan dari ancaman penyakit.

English Roses

Varietas mawar jenis ini mempunyai bau yang harum dan dapat berbunga berkali – kali. English Roses adalah hasil persilangan antara bunga Mawar Modern dan Old Garden.

Miniature Roses

Dari namanya sudah tergambar kalau ukuran bunga mawar jenis ini kecil. Miniature Roses berdiameter 2 sampai 5 cm. Meski ukurannya kecil, mawar ini dapat berbunga berkali – kali dalam satu tahun.

Demikian tadi jenis – jenis bunga mawar yang ada di dunia ini. Sebenarnya masih banyak varietas bunga mawar lainnya. Dengan mengetahui makna dari warna bunga mawar dan jenis – jenisnya ini diharapkan kita bisa memilah dan memilih manakah bunga mawar yang cocok untuk dijadikan hadiah dan mana yang cocok untuk ditanam sebagai pengisi taman.

Rekomendasi:
Share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *