Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi
duniaq.com

Contoh Kata Pengantar yang Benar Dalam Makalah, Skripsi dan laporan [Update]

Posted on

Contoh Kata Pengantar makalah – Seorang pelajar atau mahasiswa yang selalu berkutat dengan buku dan tugas tentu sudah tidak asing dengan apa yang dinamakan laporan atau makalah. Dalam menyusun laporan atau makalah itu sendiri biasanya guru atau dosen akan memerintahkan untuk menyertakan kata pengantar.

Kata pengantar sendiri biasanya tersusun atas pembuka, ucapan syukur pada Tuhan, serta ucapan terima kasih pada pihak-pihak tertentu yang bersangkutan seperti guru, pembimbing, perusahaan, dan sebagainya.

Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi
duniaq.com

Dalam kata pengantar, penyusun biasanya juga menyertakan kalimat berupa harapan mengenai hasil makalah atau laporannya, kritik, serta saran kepada para pembaca. Tidak hanya itu, dalam kata pengantar yang ditulis, kamu juga bisa menjabarkan sedikit ulasan mengenai manfaat dari laporan atau makalah yang dibuat.

Penulis atau penyusun makalah sendiri tentu ingin agar apa yang ditulis atau disusunnya mudah dibaca oleh para pembacanya. Tidak hanya itu, setiap penulis lazimnya juga ingin agar makna serta manfaat tulisannya dapat dipahami dengan baik. Karena itu, ketika menulis kata pengantarpun kamu harus menyusun serta menggunakan tata bahasa yang benar. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa keseluruhan struktur dalam kata pengantar telah rapi.

Tidak sedikit penulis laporan, makalah, hingga skripsi yang menyepelekan keberadaan kata pengantar. Padahal, contoh kata pengantar ini merupakan bagian penting yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kata pengantar yang berada di depan suatu karya ilmiah bisa diibaratkan sebagai wajah seorang penulis.

Jika suatu kata pengantar yang dibaca terasa menarik namun singkat dan padat, seorang pembaca sedikit banyak akan memiliki gambaran mengenai isi dan penyampaian karya ilmiah tersebut.

Menyusun suatu kata pengantar tidaklah sulit untuk dilakukan jika kamu mau belajar. Kamu hanya perlu menuliskan apa yang ingin disampaikan seperti ungkapan syukur dan terima kasih dengan menggunakan kata-kata yang baik.

Selain itu, pastikan bahwa setiap komponen yang menyusun kata pengantar telah dibuat runtut dan rapi. Dengan begitu, kesan pertama dari pembaca yang membaca karya ilmiah tersebut akan positif.

Perlu kamu ketahui pula bahwa penulisan kata pengantar pada masing-masing karya tulis belum tentu sama. Karena itu, sebaiknya kamu mempelajari tata cara penulisan  contoh kata pengantar untuk jenis karya ilmiah yang ditulis.

Tips Membuat Kata Pengantar yang Benar:

tips kata pengantar
sijai.com

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika menulis atau menyusun kata pengantar untuk makalah, buku, laporan, dan sebagainya. Beberapa poin tersebut yaitu:

  • Menulis judul “Kata Pengantar” di tengah atas, menggunakan huruf kapital dan bercetak tebal.
  • Mengungkapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atau Allah SWT atas kesehatan dan pencerahan yang diberikan sehingga karya tulis bisa diselesaikan dengan baik.
  • Mencantumkan judul karya tulis ke dalam kata pengantar. Judul tersebut diletakkan setelah menyampaikan ungkapan syukur.
  • Menuliskan deskripsi singkat dan padat mengenai karya ilmiah yang dibuat. Selain itu, sertakan pula tujuan penyusunan dari karya yang ditulis tersebut pada paragraf.
  • Menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan kontribusinya secara langsung maupun tidak langsung berikut bentuk kontribusi nama-nama yang disebutkan.
  • Menuliskan paragraf penutup yang berisi ucapan terima kasih secara umum, harapan untuk pembaca, serta kritik dan saran dari pembaca.
  • Mencantumkan tanda tangan berikut dengan nama lengkap penulis. Jangan lupa menyertakan tempat dan tanggal penyusunan karya tulis tersebut. Bagian ini diletakkan di sebelah kanan bawah.

Contoh Kata Pengantar Makalah #1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah membeikan rahmatnya sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “__( judul makalah)__”.

Atas dukungan secara moral dan materiel yang telah diberikan dalam menyusun makalah ini, maka penulis mengucapkan terimakasih kepada :

1. Bapak _______ , M.Pd, selaku kepala sekolah (___nama sekolah___), yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.

2. Bapak _______, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.

3. Ibu _______, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih memilik banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan guna menghasilkan laporan yang lebih baik.

Jakarta, 06 September 20__

Adam Malik

Contoh Kata Pengantar Makalah #2

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kami panjatkan puji dan sukur kehdirat Allah SWT , yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-nya kepada kita semua, sehingga kami dapat menyesaikan laporan makalah kami tentang (___nama tugas makalah___).

Makalah ilmiah ini telah kami susun secara maksimal atas bantuh dari berbagai pihak sehingga laporan makalah ini bisa selesai dengan lancara. Untuk itu, kami selaku penyusun, banyak berterimakah kepada semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu atas segala bantuan dan supportnya selama ini.

Kami menyadari, makalah yang kami buat jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca, guna menghasilkan laporan makalah yang lebih baik.

Kami berharap, makalah ilmiah tentang (___nama makalah___) yang kami susun bisa memberikan manfaat dan inpirasi bagi pembaca.

Jakarta, __ September 20__

Susi Permata

Contoh Kata Pengantar Makalah #3

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT  Yang Maha Rahman, atas segala rahmatnya yang telah diberikan kepada hambanya sehingga makalah ilmiah ini dapat tersusuh hingga selesai.

Tidak lupa kami berterimakah kepada semua pihak yang ikut mensupport penyusunan makalah ini, baik dukungan moriel maupun materiel.

Besar harpan, semoga makalah ilmiah ini dapat menambah pengetahuan para pembaca sehingga bisa di implementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Karena keterbatasan pengetahuan yang kami miliki, kami menyadarai masih banyak kekurangan dari makalah ilmiah ini. Oleh karen itu, kami sangat mengharapkan kritik dan sarah yang membangun dari para pembaca demi kesempurnakan makalah ini.

Bogor, __ September 20__

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrokatuh

Dengan mengucapkan Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan atas rahmat, hidayah dan karunia Allah SWT dan sholawat serta salam kepada Rasullullah Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian yang berjudul “_________ ” dengan baik.

Penelitian ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program S-1 di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas _____ Jakarta.

Selama penyusunan tugas akhir ini, penulis menyadari sepenuhnya bahwa telah mendapatkan banyak bantuan, bimbingan, dorongan dan doa dari berbagai pihak. Oleh karena itu, tidak lupa penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak _____ , S.T.,M.Kom., selaku Dosen Pembimbing I atas segala bimbingan, kesempatan dan ide serta masukan-masukan dalam penyusunan dan pembuatan tugas akhir ini.
  2. Bapak _____ , M.T., selaku Dosen Pembimbing II atas segala bimbingan, kesempatan dan ide serta masukan-masukan dalam penyusunan dan pembuatan tugas akhir ini.
  3. Bapak _____  ST.,M.M.,M.Eng., selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas _____ (nama universitas).
  4. Bapak _____  S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Wali.
  5. Ibu _____, S.T., M.T., selaku Koordinator Tugas Akhir.
  6. Kedua orang tua, adik serta segenap keluarga penulis yang telah memberikan motivasi, bantuan material maupun non material, serta kasih sayang dan dukungan kepada penulis.
  7. Teman – teman Teknik Informatika Universitas _____ Jakarta terutama angkatan 2013  atas persahabatan dan kebersamaan yang telah terjalin selama ini.
  8. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu.

Penulis menyadari bahwa penelitian ini tentunya masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun guna perubahan yang lebih baik.

Akhir kata penulis berharap semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi Program Studi Teknik Informatika Universitas  _____ Jakarta dan memberikan inspirasi pengembangan yang lebih baik untuk menghasilkan suatu karya yang lebih optimal. Terima kasih.

Jakarta, 06 September 2017
Penulis

Contoh Kata Pengantar KKN/KKL

KATA PENGANTAR

  Puji syukur kami panjatkan kehadiran  Allah SWT, karena atas rahmat dan karunianya-Nya sehingga kegiatan Kuliah Kerja Lapangan / Nyata (KKL/ KKN) ini hingga penyusunan laporan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Sholawat serta salampun kami haturkan kepada  junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan para sahabatnya, yang telah memberikan tauladan baik sehingga akal dan fikiran penyusun mampu menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Lapangan/ Nyata (KKL/KKN) ini, semoga kita termasuk umatnya yang kelak mendapatkan syafa’at  dalam menuntut ilmu.

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) diantaranya :

  1. Prof. Dr. ……… selaku Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) …………
  2. Bapak ………, M.Pd selaku Ketua Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) …..
  3. Bapak ……….., selaku ketua P3M  Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI)
  4. Bapak …………, selaku Pembimbing/supervisor pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
  5. Bapak …………, selaku kepala desa …….. beserta staf yang telah mendukung semua program yang dijalankan.
  6. Masyarakat desa …………………. yang juga ikut  berpartisipasi dalam pelaksanaan KKL.
  7. Serta pihak-pihak lain yang telah membantu dari pelaksanaan KKL hingga tersusunnya laporan ini.

Laporan Kuliah Kerja Lapangan ini, kami susun berdasarkan apa yang telah kami jalankan selama melaksanakan KKL di desa ……i, kec. ……. yang dilaksanakan selama 40 hari yaitu, mulai tanggal 05 Maret hingga 15 Agustus 20...

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan sebuah implementasi dari  Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu darma pendidikan dan pengajaran yang telah dilaksanakan pada kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), darma penelitian yang masih dalam proses dan darma pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam KKL. Hal tersebut merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh mahasiswa dalam menempuh program pendidikan S1, yang telah ditetapkan oleh pihak akademik. Dengan demikian mahasiswa wajib melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan dan menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan. Kegiatan yang telah diprogramkan dapat dilaksanakan dengan baik atas kerja sama dari berbagai pihak, terutama aparat desa dan masyarakat desa Pulung Sari.

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari masih banyak kekurangan baik dari segi susunan serta cara penulisan laporan ini, karenanya saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat kami harapkan.

Akhirnya, semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan juga bermanfaat bagi penyusun pada khususnya.

Jakarta, 20 Agustus 20….

Penyusun

Demikian informasi mengenai panduan penulisan dan contoh kata pengantar yang benar untuk suatu karya tulis seperti makalah. Anda juga bisa menyimak informasi mengenai cara menyusun dan meletakkan bab dalam karya tulis lebih jauh.

Rekomendasi:
Share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *