contoh surat lamaran kerja yang benar
fispol.com

50 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Tips Membuatnya

Posted on

Contoh Surat Lamaran Kerja – Dalam proses lamaran kerja, surat lamaran adalah berkas yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik dan teliti. Contoh dari surat lamaran kerja yang akan diulas kali ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi terbaik untuk Anda yang memang tengah mencari panduan dalam membuat sebuah surat lamaran kerja. Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini ada banyak sekali sumber di internet yang menyediakan referensi pembuatan surat lamaran kerja.

contoh surat lamaran kerja yang benar
fispol.com

Ada berbagai macam surat lamaran kerja yang tersedia di internet mulai dari surat lamaran menjadi PNS, pegawai bank, pegawai swasta dan lain sebagainya. Contoh surat lamaran yang ditulis di dalam artikel ini telah disesuaikan dengan struktur dan juga format penulisan surat lamaran yang formal dan sopan sehingga mampu menarik simpati pihak perekrut dari perusahaan yang Anda inginkan.

Tapi sebelum membahas lebih jauh terkait dengan contoh dari surat lamaran kerja, maka ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu tips dan kriteria penting apa saja yang diperlukan agar surat lamaran yang dibuat terkesan sopan, baik dan menarik. Sebab seperti yang diketahui bahwa surat lamaran yang dikirimkan merupakan proses awal yang memiliki peranan sangat penting dalam menentukan keberhasilan Anda untuk bisa masuk ke tahap berikutnya. Apakah Anda benar-benar layak dan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan atau tidak?

Jadi sebelum Anda membuat sebuah surat lamaran kerja maka sangat dianjurkan untuk Anda mempelajari cara membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Dengan begitu, peluang Anda lolos seleksi pemberkasan akan lebih besar.

Contoh Surat Lamaran Kerja  (Kerangka Isi)

membuat surat lamaran kerja bagus

Dalam menulis surat lamaran, Anda harus memahami struktur dari surat lamaran kerja. Apabila Anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah struktur surat lamaran pekerjaan yang sopan dan baik.

1. Tulis Tempat beserta tanggal penulisan surat
2. Nama perusahaan dan alamat perusahaan yang dituju
3. Salam hormat
4. Data pribadi singkat
5. Skill dan pengalaman kerja jika ada
6. Harapan untuk bisa diterima
7. Penutup (salam)

Tips dan Trik Dalam Membuat Sebuah Surat Lamaran Kerja

membuat surat lamaran kerja bagus
ruangmahasiswa.com

Setelah memahami strukturnya, hal yang harus Anda pahami selanjutnya adalah tips dan trik dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan.

1. Gunakan format penulisan yang tersusun rapi serta bahasa yang simpel dan efektif
2. Pakailah bahasa Indonesia yang santun dan benar
3. Lengkapi semua data-data yang dipersyaratkan oleh perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan
4. Jika Anda mengirim surat lamaran dalam bentuk hardcopy, maka ada baiknya jika Anda menulis surat lamaran secara manual menggunakan tangan. Dengan begitu, pihak HRD akan lebih leluasa melihat karakteristik Anda melalui tulisan tangan
5. Jangan lupa untuk melampirkan berbagai surat pendukung seperti surat pengalaman kerja, sertifikat keahlian dan lain sebagainya.

Penyebab Surat Lamaran Kerja Ditolak

Surat Lamaran Kerja Ditolak
radiobudiluhur.com

Banyak pencari kerja yang bertanya-tanya, kenapa berkas lamaran mereka di tolak. Padahal mereka sangat yakin memiliki kualifikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang menjadi alasan kenapa surat lamaran Anda selama ini ditolak.

  • Kesalahan yang pertama adalah kompetensi Anda dalam CV ataupun surat lamaran tidak di tunjukkan sama sekali. Mungkin saja Anda adalah seseorang yang memang berpengalaman dan terampil untuk posisi yang ditawarkan oleh perusahaan tujuan Anda. Tapi sayang, Anda tidak memperlihatkan kompetensi tersebut di dalam surat lamaran yang sudah dibuat.
  • Kesalahan berikutnya adalah Anda tidak mengenali kebutuhan dari perusahaan yang dituju. Saat membuat sebuah surat lamaran, Anda tidak mengetahui apapun terkait dengan keinginan perusahaan dalam merekrut pegawai barunya.
  • Banyak pelamar yang gagal di tahan pemberkasan karena salah dalam penggunaan tata bahasa. Baik memakai bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, Anda benar-benar harus teliti dalam menyusun tata bahasa. Dengan begitu, perusahaan bisa menilai bahwa Anda memiliki keterampilan yang baik dalam berbahasa
  • Kesalahan yang seringkali membuat pelamar tidak diterima adalah penggunaan bahasa informal seperti bahasa daerah atau bahasa gaul.
  • Selanjutnya adalah surat lamaran yang bertele-tele. Dimana Anda mencantumkan berbagai macam informasi yang sebenarnya tidak relevan dan tidak penting.
  • Hal yang membuat surat lamaran ditolak selanjutnya adalah pengetikkan yang tidak rapi. Dalam menulis contoh surat lamaran kerja, Anda harus memperhatikan jarak spasi, ukuran huruf, font, jenis kertas dan juga batas margin sehingga surat lamaran terlihat rapi dan layak dibaca. Surat lamaran yang tidak rapi membuat pihak HRD malas membaca dengan dengan cepat membuang semua berkas lamaran Anda. Sebab mereka berasumsi bahwa Anda tidak memiliki keterampilan dan tidak kompeten.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja
psikologimenjawab.online

Setelah memahami hal-hal apa saja yang membuat surat lamaran kerja di tolak, maka hal penting yang harus Anda pahami selanjutnya adalah bagaimana cara menulis surat lamaran yang baik dan benar. Bagian terpenting dalam menulis surat lamaran ada pada halaman pembukaan serta curriculum vitae (CV) dan berbagai macam lampiran yang diperlukan oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin lolos ke tahap selanjutnya harus menjauhi semua kesalahan yang sangat sering dilakukan para pelamar di atas.

Berikut ini adalah cara penulisan surat lamaran yang harus Anda pahami.

1. Surat lamaran harus bersih dan rapi
Agar perekrut tertarik untuk membaca surat lamaran Anda, maka buatlah surat lamaran yang bersih dan rapi. Dengan begitu, surat lamaran akan lebih mudah dibaca dan dinilai oleh perekrut.

2. Buatlah surat lamaran yang profesional
Pastikan jika surat lamaran yang Anda buat terkesan profesional. Caranya adalah dengan menuliskan nama perusahaan dan alamat perusahaan dengan benar pada pada surat lamaran kerja. Jika surat lamaran akan ditujukan divisi atau seseorang maka pastikan jika Anda menuliskan nama divisi atau nama seseorang tersebut dengan benar dan sesuai dengan jabatannya dalam perusahaan.

3. Persiapkan semua dokumen lamaran kerja
Saat melamar pekerjaan, usahakan agar berkas yang Anda scan memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Dengan begitu, perekrut akan lebih mudah mengunduh berkas lamaran Anda dan melakukan penilaian.

4. Buat Surat Lamaran yang jelas, singkat dan padat
Buatlah surat lamaran yang singkat, jelas dan juga padat. Pakailah bahasa yang mudah dan efektif sehingga orang lain bisa mengerti apa yang sedang Anda bicarakan di dalam surat lamaran kerja tersebut.

5. Buat paragraf andalan
Saat membuat surat lamaran kerja, pastikan jika Anda membuat paragraf khusus untuk menjelaskan sekaligus “menjual” kemampuan Anda. Sedangkan pada paragraf terakhir, Anda bisa mengisinya dengan meminta perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada Anda agar bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

6. Pastikan jika Anda memahami persyaratan perusahaan terkait dengan lamaran kerja
Masing-masing perusahaan pasti memiliki persyaratan dan kriteria tersendiri dalam merekrut pegawainya. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menyamaratakannya begitu saja. Pastikan jika Anda benar-benar memahami persyaratan apa saja yang dituntut oleh perusahaan yang dituju terkait dengan pelamarnya.

7. Presentasi surat lamaran kerja
Walaupun Anda sebenarnya kompeten tapi jika surat lamaran yang dibuat kotor, banyak typo, dan tidak bersih maka nilai surat lamaran Anda akan dikurangi. Selain itu, pastikan juga jika Anda sudah menandatangani CV dan surat lamaran kerja yang dikirimkan. Karena biasanya, HRD melakukan penilaian karakteristik seseorang melalui tanda tangannya.

Jangan sampai ada kata-kata yang diulang, tidak efektif dan salah dalam pengerjaanya. Sebab berdasarkan survey yang ada, kesalahan dalam pengejaan saja dapat menyebabkan Anda kehilangan sebuah kesempatan emas untuk mendapatkan pekerjaan.

8. Cari informasi mengenai posisi dan perusahaan yang ingin dilamar
Sebelum membuat surat lamaran pekerjaan, carilah informasi terkait dengan perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa mengkaitkannya dengan kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki.

9. Tunjukkan kepribadian
Contoh surat lamaran kerja yang benar dan baik harus bisa mencerminkan diri Anda dan menunjukkan betapa antusiasnya Anda untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan yang dituju. Selalu gunakan kalimat kerja yang aktif dan juga dinamis sehingga perekrut tertarik dengan diri Anda.

Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini ada banyak iklan lowongan kerja yang hanya mengarahkan para calon karyawan untuk mengirim CV lamaran kerja. Padahal satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup adalah lampiran kelengkapan yang sudah seharusnya memang disertakan dalam pengiriman surat lamaran kerja dan kelengkapan lainnya yang diinginkan perusahaan.

Berdasarkan ulasan yang dituliskan di atas, tentunya Anda bisa memahami garis besar dari tips dan trik terkait penulisan surat lamaran kerja, baik untuk perusahaan swasta, PNS dan lain sebagainya. Dalam membuat surat lamaran kerja, Anda harus bisa menyesuaikannya dengan tempat Anda melamar pekerjaan.

Apakah untuk instansi pemerintah, swasta atau BUMN. Penulisannya pun bisa dilakukan dengan dua cara yakni di ketik menggunakan komputer atau menggunakan tulisan tangan. Jika tulis tangan, pastikan jika tulisan Anda rapi dan bisa dibaca oleh orang lain. Tapi, untuk Anda yang ingin melamar menjadi PNS maka surat lamaran harus ditulis tangan.

Contoh surat lamaran pekerjaan yang tersedia saat ini tentu dapat memudahkan Anda dalam menulis surat lamaran yang baik dan benar. Anda hanya perlu melakukan modifikasi sesuai dengan persyaratan lengkap yang diinginkan perusahaan dan biodata diri Anda.

Jangan lupa untuk menunjukkan keterampilan dan skill Anda sehingga membuat perekrut tertarik menerima Anda sebagai karyawan. Demikianlah informasi terkait dengan tips membuat beserta contoh surat lamaran kerja, semoga bermanfaat untuk Anda.

Rekomendasi:
Share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *