Surat Al Kahfi dan keutamaannya
fimadani.com

Keutamaan, Manfaat dan Isi Pokok Surat Al Kahfi

Posted on

Surat Al Kahfi – Al Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang tidak dapat diragukan kebenarannya. Setiap ayat yang Allah turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad ini mempunyai makna dan pesan yang logis atau dapat diterima oleh akal manusia. Surat-surat di dalam Al Qur’an memiliki manfaat, makna dan keutamaan – keutamaan. Salah  satunya ialah surat Al Kahfi dimana terdapat banyak keutamaan dan manfaat. Apalagi apabila surat Al Kahfi ini dibaca pada hari Jum’at.

Tentang Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi yang juga dikenal dengan sebutan Ashabul Kahf termasuk surat Makkiyah. Surat Al Kahfi memiliki 110 ayat dimana di dalamnya dikisahkan tentang beberapa orang pemuda yang selama bertahun – tahun tidur di dalam gua. Banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah – kisah yang diceritakan dalam surat Al Kahfi.

Keutamaan Surat Al Kahfi

Keutamaan – keutamaan dan manfaat yang dimiliki surat Al Kahfi di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menghindarkan diri dari fitnah dajjal

Salah satu keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at adalah menghindarkan diri dari fitnah dajjal. Dajjal merupakan sosok kejam dan akan keluar di akhir zaman yang akan membuat kerusuhan dan kerusakan di bumi, bahkan dajjal akan menyebarkan fitnah kepada seluruh umat Islam. Rasulullah SAW juga telah menegaskan dalam salah satu hadits bahwa membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at akan membuat kita terhindar dari fitnah yang dibawa dajjal tersebut.

“Barang siapa membaca Surah al – Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

  1. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Kita akan mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT di antara dua Jum’at apabila kita rajin membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at. Disebutkan pula dalam riwayat lain, dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at”.

  1. Disinari Cahaya Kebaikan

Apabila kita membaca surat Al Kahfi di hari lain atau hari Jum’at, maka Allah akan memberikan ganjaran, pahala dan disinari cahaya kebaikan serta akan mendapatkan keberkahan syafaat di hari pembalasan. Sinar cahaya akan Allah berikan pada hari kiamat, istimewanya, cahaya ini akan memancar dari kedua telapak kaki dan sampai ke langit. Seperti yang sudah Allah jelaskan dalam surat al – Hadid: 12 yang artinya;

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

  1. Dijaga dari gangguan dan godaan setan

Setan akan selalu berusaha menggoda dan menganggu kita untuk melakukan perbuatan yang dimurkai Allah. Setan ingin kita melakukan hal – hal yang akan menghapus amal ibadah yang selama ini kita lakukan. Apabila iman kita lemah, kita akan mudah tergoda dan terhasut oleh godaan setan. Lebih dari itu, setan juga mengajak umat manusia untuk menyekutukan Allah, dan ini adalah dosa besar yang tidak akan Allah ampuni. Na’udzubillahi min dzalik…

Salah satu cara membentengi diri dari godaan dan rayuan setan adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Dan cara yang dapat kita lakukan adalah dengan memperbanyak membaca Al Qur’an, termasuk membaca dan mengamalkan surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi dan surat al – Baqarah yang kita baca di rumah akan menjaga rumah agar tidak dimasuki setan sepanjang malam.

  1. Mendapatkan Ridho dari Allah SWT

Sesiapapun umat muslim di dunia ini tentu mengharapkan rahmat dan berkah Allah SWT. Hidup kita akan semakin tenang dan tentram apabila ridho Allah senantiasa mengiringi. Untuk itu, mari kita rutin membaca surat Al Kahfi agar dapat meraih ridho Allah dan kita dapat memperoleh cahaya keberkahan. Dengan begitu hati akan selalu tenang, tidak ada lagi kegelisahan di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi” (HR Ahmad).

Isi pokok surat Al Kahfi adalah:

  • Al Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup manusia
  • Mengisahkan pemuda Ashabul Kahfi
  • Rasulullah dihibur karena orang kafir belum beriman
  • Rasulullah SAW diperintah untuk lebih sabar dalam menghadapi orang – orang fakir
  • Orang kafir diancam akan memperoleh siksa dan musibah
  • Orang beriman dijanjikan akan diberi balasan yang baik
  • Perumpamaan antara orang beriman dan orang kafir dalam menyikapi hal – hal dunia
  • Perumpamaan dunia dengan hujan dan tanaman yang tumbuh di bumi
  • Iblis tidak mau sujud pada Nabi Adam
  • Pemberian kitab catatan amal baik dan buruk
  • Dibukakanlah kebenaran dalam pandangan manusia
  • Kejadian hari kiamat
  • Kisah Nabi Musa dan Khidr
  • Mengisahkan Dzulqarnain
  • Kondisi orang kafir di neraka
  • Kisah tentang orang – orang terdahulu yang telah hancur
  • Allah akan memberikan rahmat di hari akhir nanti
  • Amalan orang kafir yang sia – sia
  • Benteng yang menghalangi Ya’juj dan Ma’juj
  • Anjuran untuk beribadah dengan ikhlas

Demikian uraian tentang keutamaan dan manfaat yang akan kita dapatkan jika rajin membaca surat Al Kahfi. Banyak manfaat yang akan dituai apabila kita memperbanyak membaca Al Qur’an, tentunya juga harus dibarengi dengan memperbanyak amalan dzikir. Akhirnya, semoga kita semua dapat menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa kepada Allah sehingga ridho dan rahmat Allah senantiasa mengiringi perjalanan kita di dunia ini, dan di akhirat kelak.

Rekomendasi:
Share artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *