Mengerikan! Fakta Tentang Hiu Megalodon yang Dikenal Sebagai Hiu Raksasa dan Hiu Purba

Hiu megalodon merupakan spesies hiu raksasa dan merupakan hiu purba yang menjadi nenek moyang dari ikan hiu saat ini. Ukuran hiu megalodon sangat besar yaitu 10 kali lebih besar dari hiu yang ada pada saat ini. Para ilmuwan percaya bahwa hiu megalodon merupakan ikan hiu yang sangat ganas dan buas.

Ikan hiu megalodon masih meninggalkan sejuta misteri di mana ada beberapa orang yang mengatakan bahwa hiu ini telah punah dan ada juga yang mengatakan bahwa hiu ini masih ada sampai sekarang.

Menurut wikipedia, megalodon adalah spesies ikan hiu purba raksasa yang hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu (miosin tengah – pliosin akhir). Hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti “gigi yang besar”.

Hewan ini kemungkinan termasuk jenis hiu perairan dalam yang jarang naik ke permukaan kecuali untuk mencari mangsa. Hiu megalodon diperkirakan bisa tumbuh dari 15-20,3 meter dengan berat 80-100 ton jauh lebih besar daripada hiu paus, Rhinocodon typus.

Pada tahun 2015,  dunia sempat digegerkan dengan video rekaman yang diklaim sebagai penampakan dari ikan hiu megalodon. Video tersebut berasal dari palung Mariana, palung terdalam di dunia. Robot pembawa kamera yang ditenggelamkan di laut memperlihatkan penampakan ikan hiu raksasa tersebut.

Perlu diketahui, hiu megalodon belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup. Akan tetapi, banyak kalangan ilmuwan yang berpendapat bahwa megalodon masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Berikut, akan diuraikan beberapa fakta dari hiu megalodon.

Berikut Video Rekaman Hiu Megalodon yang Terekam Kamera:

Fakta Hiu Megalodon:

Hiu Megalodon Terbesar di Dunia

ikan hiu megalodon terbesar di dunia

Hiu megalodon memiliki ukuran yang besar dari hiu pada umumnya. Jika Leviathan berukuran 68 kaki, hiu ini memiliki ukuran panjang hingga 70 kaki atau 21 meter. Selain itu, satu gigi megalodon ukurannya bisa melebihi 1 tangan orang dewasa. Sungguh menyeramkan untuk ukuran gigi seekor ikan.

Memiliki Gigitan Super Kuat

ikan hiu megalodon
citizen6.liputan6.com

Ikan Hiu megalodon merupakan pemangsa terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah. Kekuatan giginya dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudah. Mangsa favorit megalodon adalah mamalia seperti Paus (termasuk paus sperma, paus balin, paus bungkuk), dugong, dan paus kecil, seperti Cethotherium.

Super Predator

ikan hiu raksasa
menarikdidunia.blogspot.com

Megalodon dikenal sebagai ‘super-predator’ karena dengan ukurannya yang besar dan kecepatannya yang tinggi membuat mangsa-mangsanya pada saat itu hanya punya kesempatan kecil untuk menyelamatkan diri. Dominasinya di lautan diperkirakan berlangsung selama jutaan tahun hingga pada saat kepunahannya yang tiba-tiba.

Oleh karena itu, megalodon adalah salah satu predator paling kuat dan paling sukses ketika masih berkuasa di lautan skitar 1,5 juta tahun yang lalu. Kesuksesan spesies ini bisa dilihat dari penyebaran fosilnya yang bisa ditemukan hampir di semua perairan dalam di muka bumi.

Tak Diketahui Alasan Punahnya Megalodon

merdeka.com
merdeka.com

Tidak ada yang mengetahui secara pasti, kenapa hiu megalodon ini bisa punah. Banyak teori yang mengatakan bahwa megalodon punah pada puncak zaman es yang mengakitbatkan semua paus besar, termasuk megalodon ini menjadi mati.

Itulah beberapa fakta dari ikan hiu megalodon yang dikenal sebagai ikan hiu raksasa dan hiu purba. Dapat disimpulkan bahwa hiu megalodon belum diketahui secara pasti apakah memang sudah punah atau masih hidup karena sampai sekarang para ilmuwan masih menelitinya. Semoga informasi mengenai hiu megalodon ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita.

30 thoughts on “Mengerikan! Fakta Tentang Hiu Megalodon yang Dikenal Sebagai Hiu Raksasa dan Hiu Purba”

  1. Kemarin baru aja lihat di on the spot, binatang purba yang kemungkinan masih hidup di zaman ini. Salah satunya hiu megalodon.. Tapi sih katanya punah. Serem juga kalo masih hidup. Bangkai nya aja super besar, kalah paus

  2. OMG…. ga kebayang kalo ketemu hiu segede ini di lautan -___-.. makanya itu kenapa aku ga kepengin bljr snorkeling ato diving, krn sbnrnya takut ama makhluk2 di bawah laut :D.. ga tanggung2 ya nih hiu..mangsanya aja ikan paus??! Ikan paus aja udh serem begitu ;p

  3. WOW!!!hiunya GEDE BANGET!!! Makanya sy gak mau belajar berenang karna takut same belut,ular,dan bulu babi… kalo aku liat paus/hiu mungkin takut/serem…sedangkan megalodon mungkin sy sdh ada di surga (gara-gara di makan sama dia) hehehe XD

  4. Omg gila asli nih masih hidup . nga mati tuh megalodon yg mati mah ikan yang seperti ikan kecil gitu yg nga kuat. megalo on mah pergi ke daerah tropis seperti di china makanya ada di film itu di china yg tropis . masih hidup serem ketemu kalo di dasar laut . yg jadi robotnya rugi hhahaha . mantap megalodon good . kalo ikan purba yg disungai dah dijamin mati ngaada ketahanan tubuh. ikan yg paling kuatdi hungry shark kan big daddy itu mati dia menang perlindungan tubuhnya sekeras batu kealanya seperti sturgeon gitu. coba hewan itu masih ada dah seru tuh. ikan sungai dah mati yg mantap dan ganas itu.

  5. Liat aja film mega shark vs mecha shark disitu film nya menggambarkan penyerangan hiu megalodon walaupun gak seperti asli nya tapi tetep seru buat di tonton

  6. Wow wow wow …
    Emejing …
    Kalo hiunya beneran ada gua aduin nih sama arwana gua kalo mati dan punah dagingnya gua bikin hiu kare dan di bagikan gratizzzz

  7. Menurut aku ya.. Satu satu nya predator yg dpat mengalahkan hiu megalodon adalah predator yg berkuasa pada zaman jurassic, yaitu MOSASAURUS

  8. Bayang ngin klo kalian ketemu ikan hiu jenis itu,nge banyang ngin nya aja udah serem apalagi kalo ketemu beneran.

  9. kemungkinan besar megalodon udah punah sih..
    karena meteor yg numbur bumi ngakibatin bumi menjadi mati karena gg ada sinar matahari yg masuk menyinari bumi…
    akibat nya jaman es yg mengakibatkan semua hewan darat maupun laut mati karena membeku…
    sedangkan dari yg tertangkap kamera di Palung Mariana ithu cuman hoax..
    kalopun misal masih ada paling udah jadi fosil hidup…
    walopun sebenernya nya pengen bgt liat megalodon yg masih beneran hidup…
    mungkin di masa yg akan datang para ahli bisa cloning dna megalodon n hewan” yg udah punah lain nya bikin hidup kembali…
    semoga gw masih hidup saat para ahli bisa nyiptain cloningan hewan” yg udah punah…

Leave a Reply to asar Cancel reply