Tren Budidaya Tanaman Hias Masa Kini

Dulu, budidaya tanaman hias hanyalah sekedar hobi. Biasanya hanya digeluti oleh para perempuan gadis atau ibu-ibu muda. Hanya sekedar mengisi waktu senggang. Hanya untuk menghiasi rumah pribadi atau ruangan keluarga. Budidaya tanamah hias juga masih seputar bunga-bungaan yang semerbak indah dipandang mata.

Dalam perkembangannya, kini budidaya tanaman hias terus mengalami perubahan. Dari sekedar hobi menjadi peluang bisnis dan profesi. Jenis tanaman yang dibudidaya juga terus mengalami perkembangan. Apabila dulu hanya seputar bunga-bungaan, sejenis kaktus pun mulai dilirik. Tidak hanya bunga, tanaman hias lain seperti ubi-ubian yang daunnya menarik juga dilirik. Bahkan kini, rerumputan dan jenis pepohonan yang ranting atau akarnya indah mulai dibudidaya.

Melirik bisnis budidaya tanaman hias

Bagi anda yang mulai tertarik dengan dunia tumbuh-tumbuhan, budidaya tanaman hias bisa jadi pilihan. Budidaya tanaman hias tidak seperti berkebun atau bertani yang butuh tenaga exstra. Tidak juga butuh lahan luas. Cukup memulainya dari halaman rumah tinggal atau kantor kita.

Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin memulai bisnis budidaya tanaman hias :

  1. Jenis tanaman hias

Jenis tanaman apa yang akan kita budidaya. Apabila memilih aneka ragam tanaman hias memiliki nilai plus. Memilih spesifikasi yang khusus juga pula nilai tambah. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi kita yang tidak terlalu paham dengan salah satu tumbuhan, kita bisa menekuni budidaya tanamah hias secara umum. Kita memilihara rerumputan, aneka bonsai, aneka bunga sekaligus dengan aneka nutrisi untuk tanaman yang dibudidaya.

Namun, jika kita memiliki kecenderuang untuk menggemari satu jenis tanaman ini juga bagus. Misal anda hanya memilih budidaya kaktus, maka fokus budidaya kaktus. Pelihara berbagai jenis kaktus yang diminati pasar. atau kita memilih untuk budidaya tanaman hias bonsai, maka kita fokus pada permintaan pasar dan terus meningkatkan kualitas bonsai yang kita kembangkan.

    2. Tempat budidaya

Idealnya, kita memilih tempat khusus pinggir jalan untuk menarik perhatian pembeli. Memajang berbagai tanaman hias yang kita budidaya. Dengan cara ini kita bisa dengan mudah menemukan pelanggan tanpa harus banyak melakukan promosi kesana kemari.

Namun, apabila hal itu tidak memungkinkan, bukan jadi kendala. Kita bisa memulainya dari halaman rumah kita. Ini dunia digital, dimana orang-orang lebih bayak seliweran di dunia maya. Cukup bermodalkan camera dan sedikit pengetahuan tentang media sosial kita sudah bisa berjualan. Gunakan facebook ads atau instagram untuk menarik pembeli.

    3. Menyiapkan pengelola

Siapa yang akan mengelola budidaya tanaman hias kita? Apakah kita sendiri yang terjun atau ada orang lain. Apakah kita sudah ahlai atau hanya baru coba-coba. Apakah kita cukup waktu untuk mengelola atau justru hanya sekedar keinginian. Ini penting kita pertimbangkan, karena budidaya tanaman hias, kita memelihara makhlauk hidup yang harus dijaga. Ada tanaman yang harus selalu dalam kondisi lembab. Ada tanaman yang butuh sinar matahari langsung. ada juga tanaman yang butuh air selalu jernih. Hal ini harus kita pertimbangkan.

    4. Sistem pengelolaan

Banyak pebisnis yang memulai bisnisnya hanya coba-coba. Tidak pernah mau mengenal sistem pengelolaan bisnis yang baik. Setiap lini bisnis, memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Mengelola budidaya tanaman hias tentu akan berbeda dengan memelihara burung atau domba. Sistem pengelolaan usaha ini harus kita pahami terlebih dahulu.

    5. Permodalan

Bisnis apapun butuh modal. Modal tidak hanya uang. Ada halaman, ada kendaraan, ada koleksi tanaman, itu bisa jadi modal awal. Yang kita perlukan adalah analisa usaha yang matang, namun tidak harus njlimet yang justru malah membuat kita tidak jadi usaha.

Jenis Tanaman Hias Daun

Untuk melengkapi pemaparan tentang bisnis budidaya tanaman hias, berikut beberap jenis tanaman yang bisa anda pilih untuk dibudidaya.

  1. Suplir


budidaya tanaman hias suplir
bismarmaulani.blogspot.com

Salah satu dari jenis tanaman hias daun ini adalah Adiantum atau suplir. Suplir itu sendiri memiliki berbagai jenis dan varietas. Namun meskipun demikian suplir tetap terlihat cukup cantik dan bagus karena berdaun kecil dan juga dapat memberi suasana segar. Namun agak sulit untuk dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang sangat lembab dan udara bersih. Jika Anda berkeinginan untuk memelihara jenis tanaman hias ini, maka Anda harus berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam memeliharanya.

Setidaknya Suplir ini membutuhkan sedikit cahaya dan Anda harus tahu tentang perawatannya. Maka oleh karena itu, sebagian tempatnya harus teduh. Adapun jenis tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air asalkan pada posisi tanah maupun udara yang lembab dan tidak basah tetapi juga tidak kering. Air yang baik untuk tanaman ini adalah air hujan.

Nah, Anda harus tahu pula jika selama musim kemarau, pot perlu dikelilingi dengan sesuatu yang basah atau lembab agar tetap terjaga dari kelembaban. Jika musim hujan tiba seharusnya suplir ini dipupuk terus menerus sebelum dipindahkan ke pot lainnya.

  1. Keladi Red Star


Gambar Tanaman hias Keladi Red Star
kallus.com

Keladi Red Star ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak disukai kebanyakan orang. Dengan keindahan daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah serta tangkai daunnya berwarna agak kemerahan (pink), membuat konsumen pasar menyukai akan keindahannya tersebut. Hal ini menjadi salah satu pemicu ketertarikan konsumen untuk memiliki jenis tanaman hias ini. Selain itu, Keladi hias ini termasuk tanaman yang mudah ditanam, artinya tidak gampang mati.

Jenis tanaman hias ini cepat sekali berkembang asal media tanamnya tetap terjaga kelembabannya. Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang sinar mataharinya penuh dan area yang jauh dari jangkauan anak-anak maupun serangan hewan-hewan ataupun hama agar warna merah pada urat daunnya menguat dan juga tidak rusak.

Adapun untuk perawatan dari jenis tanaman hias keladi red star ini lakukan penyiraman cukup hanya dengan disiram sekali dalam sehari. Penyiraman harus ke medianya dan hindari penyiraman ke daun. Dengan media yang basah (lembab) itu agar keladi akan tumbuh cantik, lebar dan juga memiliki warna pada daun lebih cantik.

Jenis Tanaman Hias Bunga

Nah jenis tanaman hias yang kedua adalah jenis tanaman hias bunga. Tanaman hias bunga ini selain memiliki daun dengan daya tarik yang menawan, bunganya juga amat memikat, contohnya adalah:

  1. Begonia semperflorens
tanaman Hias Bunga Begonia semperflorens
wikimedia.org

Jenis bunga ini dapat berbunga setiap saat sepanjang tahun. Tanaman yang daunnya bulat, hijau mengkilat ini memiliki bunga yang bervariasi mulai dari putih sampai ke merah merona. Begonia semperflorens ini sangat cocok di udara atau tempoat yang lembab akan tetapi daun-daunnya tidak boleh kena air itu syaratnya.

  1. African violets dan violltjes
Tanaman hias bunga African violets
apieceofrainbow.com

Jenis tanaman hias yang mungil ini dengan daun yang terkesan berbulu tersebuti biasanya dapat memberi bunga yang indah dan meawan. Adapun warna bunga dari African Violets ini berwarna biru, merah jambu keputih-putihan dan atau merah lembayung. Jenis tanaman ini kebanyakan ditanam di daerah lingkungan dan juga udara yang lembab.

Demikian pemaparan tentang budidaya tanaman hias ini kami sampaikan. Semoga bisa memberikan gambaran dan pengetahuan yang bisa membantu bisnis anda.

1 thought on “Tren Budidaya Tanaman Hias Masa Kini”

Leave a Comment