Liburan ke Karimunjawa? Jangan Lupa Kunjungi Spot Keren Ini ya

Pesona Karimun jawa memang tidak ada matinya. Pulau dengan luas perairan kurang lebih 110.000 hektare dan luas daratan sekitar 1500 hektare ini mempunyai wisata Taman Laut yang menjadi magnet bagi turis lokal maupun mancanegara untuk datang ke Karimun jawa.

Karimun jawa sendiri mempunyai hampir 400 spesies fauna laut dan memiliki 242 ekor jenis ikan. Selain itu, Karimun jawa juga menjadi habitat untuk hutan bakau, hutan pantai hingga terumbu karang. Pesona Karimun jawa yang populer dengan pemandangan laut yang indah dan kekayaan hayati siap memanjakan kita dengan tempat-tempat diving yang super keren.

karimun jawa island
dolphin-karimunjawa.com

Lokasi di Karimun Jawa yang Cocok dijadikan Tempat Diving

Pulau Cilik

Pulau Cilik karimun jawa
haikudeck.com

Pulau Cilik berada di bagian timur Pulau Karimun jawa. Sesuai dengan namanya ‘Cilik’, pulau ini memang memiliki luas yang lebih kecil. Tapi jangan salah, keindahan alam yang dapat kita lihat disini juga benar-benar membuat mata yang melihat betah berlama-lama di pulau ini.

Untuk bisa sampai di pulau ini, kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit (dari Karimun jawa). Nilai tambah dari pulau ini adalah terumbu karangnya masih besar-besar dan sehat. Karena lokasinya terbilang jauh dari pulau utama, maka keindahan alam disini jauh lebih alami dan asri karena jarang dijamah orang.

Cemara

Pulau Cemara karimun jawa
piknikasik.com

Pulau Cemara ini berada di kepuluan Karimun jawa. Terbagi menjadi dua; pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil. Karena cocok dijadikan tempat diving, tentu saja pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Meski lokasinya agak jauh dari pulau inti (Karimun jawa), tapi kepayahan akan terbayar saat kita bisa melihat keindahan alam bawah laut di pulau ini.

Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil karimun jawa
WisataTempat.com

Pulau ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pulau utama. Cukup menempuh perjalanan kurang lebih selama 20 menit kita bisa mendarat di pulau ini. Banyak turis yang berkunjung ke pulau ini untuk diving dan menikmati keindahan terumbu karang yang dimiliki Menjangan Kecil. Selain mempunyai terumbu karang yang mempesona, Menjangan Kecil juga memiliki penangkaran ikan hiu. Kita tak hanya bisa melihat hiu, melainkan juga dapat berfoto hingga bermain dengan para hiu.

Tidak perlu merasa ngeri dengan adanya penangkaran hiu ini, sebab nyatanya banyak wisatawan yang justru menunggu-menunggu saat dimana mereka bisa bermain dengan ikan hiu. Belum lagi tempat wisata yang menyediakan penangkaran hiu belum banyak dijumpai di Indonesia.

Pulau Tengah

Pulau Tengah karimun jawa
tourkarimunjawaisland.com

Untuk kita yang menyukai diving juga tidak boleh melewatkan diving di Pulau Tengah. Pulau Tengah memiliki luas sekitar 4 hektare. Pulau ini mempunyai Hard Coral dan Sea Anemone. Menariknya lagi, disini terdapat banyak ikan-ikan laut lucu, seperti clown fish. Pulau ini bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan dari Pulau Cilik.

Tanjung Gelam

Tanjung Gelam
Yukpiknik.com

Pulau ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Pulau Cemara Besar. Sesampainya di pulau ini kita akan dihadapkan pada pasir putih yang khas dengan tekstur lembutnya dan berwarna putih bersih. Tak hanya memiliki pemandangan alam pantai yang menakjubkan, tapi pulau ini pun juga mempunyai pemandangan sunset yang indah.

Nah, untuk yang masih bingung harus ngapain aja selama di Karimun jawa, mungkin beberapa daftar aktivitas di bawah ini bisa memberikan pencerahan.

Inilah aktivitas di Karimun Jawa yang Membuat Enggan Pulang

Snorkling dengan ditemani ikan-ikan kecil yang menggemaskan

Kegiatan yang dapat dilakukan ketika di Karimun jawa adalah snorkling. Saat mengitari pulau dengan kapal biasanya kita akan dibawa ke lokasi-lokasi yang cocok dijadikan tempat snorkling.

Tidak perlu khawatir jika ada yang belum bisa berenang, sebab disediakan pula perlengkapan snorkling bagi yang belum mahir berenang. Itu artinya semua pengunjung tetap dapat menikmati pemandangan indah bawah laut. Ikan-ikan kecil yang lucu dengan bermacam-macam warna dijamin membuat kita betah snorkling di tempat ini.

Island hopping

Island hopping ini merupakan kegiatan mengelilingi pulau atau bisa dikatakan ‘melompat’ dari satu pulau ke pulau lainnya. Kita akan diantarkan oleh nahkoda kapal menuju pulau-pulau keren seperti; Pulau Menjangan Kecil (spot menariknya; Gili Trawangan, Lombok), Pulau Menjangan Besar (penangkaran ikan hiu), Pulau Cemara Kecil (umumnya dijadikan tempat makan siang), Pulau Cemara Besar (area pasir putih yang sangat luas), Pulau Gosong Seloka, Pulau Tengah, Pulau Cilik dan masih banyak pulau menarik lainnya.

Wow, banyak sekali ya! Untuk itu jangan lupa pakai sunblock sebelum melakukan island hopping ya. Mengingat banyak pulau yang akan didatangi, sudah pasti terik matahari siap menggosongkan kulit. Hehe

Mengunjungi penangkaran ikan hiu

Meski terbilang ekstrem, tapi agenda yang satu ini sangat seru untuk dilakukan. Ya, kita bisa melihat penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar. Padahal yang kita tahu ikan hiu ini merupakan predator dan kapan saja bisa memangsa apapun yang ada di dekatnya. Ikan hiu akan berubah menjadi ganas apabila terancam, stress, atau bahkan ketika mencium bau darah.

Lebih dari itu tak terhitung berapa banyaknya orang yang melihat hiu di penangkaran, secara tidak langsung ini juga dapat membuat ikan hiu menjadi stress. Namun jika kita cukup berani untuk melihat ikan hiu di penangkaran, kita bisa berfoto bersama hiu. Tentunya dengan tetap berhati-hati terhadap resiko yang mungkin saja terjadi.

Foto bersama

Jauh-jauh ke Karimun jawa tentulah harus diabadikan dengan sejumlah foto. Ajak seluruh anggota keluarga yang ikut liburan untuk berfoto bersama. Berposelah dengan ekspresi kebahagiaan yang terpancar dari wajah karena sudah puas bisa berlibur di pulau yang indah ini. Buatlah orang lain turut bahagia melihat foto kita bersama keluarga. Apabila memungkinkan, kita bisa menyewa jasa fotografer yang siap mengambil setiap momen yang kita lakukan di Karimun jawa.

Merasakan sensasi gulungan ombak di Karimun jawa

Biasanya saat island hopping kita akan dibawa ke pulau yang nantinya dijadikan lokasi makan siang atau istirahat. Nah, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjalan-jalan di tepi pantai sembari menikmati gulungan ombak tepi pantai yang lembut. Ah, tidak ada kata yang bisa menggambarkan rasa nyamannya dipeluk ombak tepi laut di pantai ini. Asal jangan sampai ketiduran di pantai ya.

Melihat kumpulan ikan lumba-lumba

Selain di Pantai Lovina Bali, ternyata kita juga bisa melihat kumpulan lumba-lumba yang menggemaskan di Pulau Karimun jawa ini. Di pulau ini kita dapat melihat pertunjukan ini di tempat yang berpindah-pindah. Ini karena tidak ada tempat khusus untuk melihat lumba-lumba. Sebab lumba-lumba di Karimun jawa dibiarkan hidup di habitat aslinya. Lumba-lumba disini berenang sesuka hati mereka dan bisa muncul tiba-tiba. Tapi, ada yang pernah melihat lumba-lumba saat sedang menempuh perjalanan dari Pulau Menjangan Kecil ke Pulau Cemara Kecil.

Berlari menyusuri pantai dengan keluarga, teman, sahat atau pasangan

Jogging di jalan sekitaran rumah sudah dilakukan setiap hari. Boleh dong sekali-kali kita jogging di tempat yang tidak bisa kita kunjungi setiap hari. Yup, lari-lari di pantai juga sangat menyenangkan. Untuk waktunya dapat disesuaikan dengan keinginan. Bisa siang atau sore. Angin pantai tidak akan membuat kita merasa panas meski berlari di tengah terik.

Bersantai di atas hammock

Untuk kita yang menyukai suasana pantai untuk bersantai, sepertinya akan lebih baik jika kita membawa hammock. Carilah lokasi yang cukup tenang dan nyaman digunakan untuk bersantai. Tapi jangan sampai ketiduran jika tidak ingin ditinggal teman-teman rombongan liburan kita. Sebab sejuknya suasana pantai bisa saja membuat kita terlelap di atas hammock.

Menyaksikan keindahan sunset di langit Karimun jawa

Ketika sedang di pantai, momen yang sangat sayang dilewatkan adalah sunset. Jadi, pastikan kita menemukan spot pantai yang tepat supaya bisa melihat sunset dengan jelas. Jangan lupa untuk mengabadikan momen matahari terbenam dengan berfoto. Jadikan sunset sebagai background yang cetar.

Lokasi yang dapat kita jadikan tempat melihat sunset adalah Pantai Ujung Gelam, Pelabuhan Rakyat Karimun jawa, Pelabuhan Baru Karimun jawa, gardu pandang Tracking Hutan Mangrove dan lainnya.

Melamun

Lhah, jauh-jauh ke Karimun jawa untuk melamun? Yup, ini bisa saja kita lakukan saat tengah menunggu teman atau karena terlupa membawa hammock. Pastikan kita membawa camilan supaya momen melamun semakin asyik.

Bermain sampan di hutan mangrove maupun tepi pantai

Bagi kita yang sedang tidak ingin melakukan aktivitas yang melelahkan mungkin bisa mencoba bermain sampan di tepi pantai. Tidak perlu khawatir sampan akan terbalik, sebab biasanya sampan tersebut sudah dilengkapi dengan jukung yang menjadi penyeimbangnya. Ajaklah orang terkasih agar aktivitas ini semakin menyenangkan.

Trekking di hutan mangrove

Selain bisa snorkling, diving atau bersenang-senang di pulau, kita juga bisa menyusuri hutan mangrove yang ada di Karimun jawa. Di pulau ini terdapat hutan bakau yang luas. Tentu ini menjadi perjalanan yang menyenangkan, apalagi jika sebelumnya kita belum pernah melihat hutan bakau secara langsung.

Terlebih pihak pengelola hutan bakau sudah memasang papan informasi yang berisi edukasi tentang mangrove-mangrove tersebut. Jadi kita tidak hanya bisa berajalan-jalan saja, melainkan kita juga dapat menambah pengetahuan. Tak berhenti disitu, usai menjelajah hutan bakau, kita dapat naik ke gardu pandang. Dari gardu pandang ini kita bisa melihat Karimun jawa dari atas dan bahkan kita dapat melihat sunset yang indah dari sini.

Mengunjungi kampung Bugis

Nah, tidak hanya bisa menikmati keindahan alam pantai dan bawah laut saja. Di Karimun jawa kita juga dapat mengunjungi kampung Bugis. Sebagai tambahan informasi, Pulau Karimun jawa ini memiliki dua pulau. Pulau pertama adalah Pulau Karimun jawa (yang dijadikan tempat bersandar kapal dari Jepara, Kendal dan Semarang). Sedangkan yang kedua adalah Pulau Kemujan.

Pulau Kemujan itu sendiri merupakan Pulau Karimun jawa yang hingga kini masih mempertahankan budaya Bugis. Tepatnya berada di desa Telaga dan desa Batu Lawang yang bisa ditempuh selama 45 menit perjalanan dari Karimun jawa arah ke bandara. Di desa ini masih terlihat rumah-rumah panggung yang menjadi tempat tinggal penduduk.

Candle light dinner

Suasana nyaman dan pemandangan indah tak hanya terlihat di siang atau sore hari, namun langit malam di Karimun jawa juga menghadirkan ketenangan dan kedamaian. Jadi, boleh lah ya sekali-kali kita menikmati makan malam romantis di Karimun jawa. Ditemani semilir angin pantai yang mendingin dan langit Karimun jawa yang penuh kerlip bintang pasti akan menjadikan momen makan malam semakin berkesan.

Membidik ikan melalui teknik spearfishing

Puas mengelilingi pulau atau island hopping, kita bisa memanfaatkan waktu untuk mencari ikan. Tapi tidak perlu membeli di pasar, namun bisa mencari sendiri dengan teknik spearfishing. Apalagi teknik ini legal karena ramah lingkungan. Jadi tidak ada kekhawatiran ketika kita mencari ikan dengan teknik ini. Meski begitu, tidak sembarang ikan boleh kita tembak ya. Pilih yang ukurannya layak untuk dikonsumsi.

Untuk bisa menerapkan teknik ini, kita harus bisa berenang dan freedive. Namun kalau ingin melakukan hal ini di Karimun jawa, sebaiknya kita meminta pendamping profesional untuk memandu. Dengan begitu kita bisa menembak ikan tanpa khawatir merusak terumbu karang yang ada.

Camping di Karimun jawa

Agenda penutup yang bisa dilakukan di Karimun jawa adalah camping. Camping di gunung mungkin sudah sering di lakukan, tapi kan jarang-jarang nih kita bisa camping di pulau yang terkenal dengan pemandangan yang super indah ini. Camping di pantai pulau Karimun jawa ini sedikit berbeda dari ketika kita camping di gunung. Apabila saat camping di gunung kita butuh jaket tebal, maka ketika camping di Karimun jawa kita bisa dengan santai menikmati suasana sekitar tanpa jaket tebal. Perihal makanan, kita bisa memancing di laut maupun mencari kerang laut.

Demikian ulasan tentang Pulau Karimun jawa yang terkenal dengan pemandangan alam bawah laut yang indah. Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan untuk menikmati semua keindahan alam yang disuguhkan di Pulau Karimun jawa ini. Yeah! Indonesia semakin indah dengan adanya Pulau Karimun jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *