Hal-Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Melakukan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Pertama kali naik kereta api untuk perjalanan jauh? Nggak perlu panik dan takut. Coba perhatikan beberapa tips berikut ini biar perjalanan naik kereta api jarak jauh kamu jadi nyaman dan menyenangkan.

sumber:itoday.co.id

Pesan Tiket Sejak Jauh Hari

Biar nggak kehabisan, sebaiknya pesan tiket kereta api sejak jauh hari. Khususnya kalau kamu mengincar tiket kereta api kelas eksekutif di tanggal merah atau libur panjang. Biasanya, tiket kereta api kelas ini lebih cepat habis dibandingkan dengan kelas ekonomi. Kenyamanan selama perjalanan jauh menjadi alasan mengapa kelas eksekutif jadi lebih laris dibandingkan dengan kelas lainnya.

Untuk memesannya kamu nggak perlu pergi ke stasiun. Cukup pesan secara online lewat website seperti traveloka.com, dan kamu bisa memesan tiket kereta api lengkap dengan posisi gerbong dan deretan tempat duduk idaman.

Lebih Mudah Online

Memesan tiket kereta jarak jauh secara online tidak hanya menghemat waktu. Kamu juga bisa lebih leluasa melihat mana tempat duduk yang masih kosong dan gerbong mana yang nyaman. Semuanya nampak di layar, kamu hanya tinggal menentukan mana posisi yang paling nyaman untuk perjalanan.

Siapkan Kartu Identitas Di Tempat Yang Mudah Dijangkau

Untuk bisa masuk ke dalam stasiun, kamu perlu kartu identitas diri sesuai dengan yang didaftarkan di tiket kereta api. Siapkan kartu ini di tempat yang mudah dijangkau agar tidak membuatmu kerepotan selama proses boarding di stasiun. Dan jangan lupa untuk menyimpannya kembali dengan baik agar tidak hilang.

Bawa Bantal Leher

sumber:moedah.com

Meski di kereta disediakan bantal yang diberikan gratis jika kamu naik kelas eksekutif dan bisnis, serta bisa disewa jika naik kelas ekonomi, namun menyangga leher lebih nyaman dengan menggunakan bantal khusus leher.

Bawalah bantal ini untuk menjaga agar posisi kepalamu tetap nyaman selama perjalanan. Tidak menjadi kaku dan tegang karena posisi kepala yang tegang.

Bawa Tas Kecil

Masukkan charger, dompet, tiket, dan benda berharga lainnya di dalam tas kecil dan bawalah ke manapun kamu pergi. Pisahkan barang-barang ini dari tas besar yang sebaiknya ditaruh di kabin atas kursi. Agar lebih nyaman, jika kamu yakin bakal ketiduran selama perjalanan, taruh tas ini di dalam jaket dan kancingkan agar tidak mudah diraih orang lain.

Siapkan Hiburan Selama Perjalanan

sumber:thenextweb.com

Naik kereta jarak jauh kadang membosankan meski pemandangan selama perjalanan sangat cantik. Karena itu, siapkan hiburan selama perjalanan, seperti musik dan film yang bisa kamu tonton.

Bawalah headset yang berkualitas baik dan nyaman, karena di dalam kereta api tentu kamu tidak bisa mendengarkan musik atau nonton film dengan loudspeaker bukan? Dan kamu tak perlu khawatir baterai ponsel habis, karena bisa charging ponsel di dalam kereta api dengan mudah.

Bawa Bekal

Tidak perlu mambawa terlalu banyak, secukupnya saja untuk pengganjal perut selama perjalanan. Untuk makanan berat, kamu bisa membelinya di atas kereta api yang pilihannya beragam dengan harga yang terjangkau.

Jika malas membawa bekal dari rumah, pastikan saja kamu membawa uang cash dalam jumlah cukup untuk membeli makan selama perjalanan. Mulai dari minuman hangat sampai makanan ringan, semua tersedia di kereta api.

Pakai Baju Yang Nyaman

Pakailah baju yang paling nyaman, lengkap dengan jaket dan celana atau bawahan panjang. Alasannya sederhana saja, udara di dalam kereta api yang lengkap dengan AC di semua kelas biasanya akan jadi sangat menggigil, terutama ketika malam tiba. Tentu kamu nggak kepengen kedinginan selama perjalanan bukan? Jika perlu, bawa selimut untuk menghangatkan badan ketika tidur selama perjalanan.

Siap menempuh perjalanan jauh dengan kereta api?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *