Keindahan Danau Toba: Inilah Rekomendasi 10 Tempat Wisata Dekat Danau Toba

Danau Toba – Tentu kita sepakat bahwa Indonesia itu indah. Hal ini terbukti dari banyaknya tempat wisata alam dengan segala pemandangan indah yang mampu menjadi mood booster tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Salah satunya adalah Danau Toba.

wisata danau toba
eljohnnews.com

Danau yang berada di provinsi Sumatera Utara ini mempunyai pesona alam yang sungguh indah. Danau ini merupakan danau vulkanik terbesar dan terdalam kedua  di dunia (yang pertama adalah Victoria Lake di Afrika).

Pada 74 ribu tahun lalu, Danau Toba pernah menggemparkan dunia karena ledakannya. Danau Toba ini juga disebut sebagai Super Volcano Geopark karena merujuk pada kekayaan pengetahuan kegunungapiannya.

Bahkan, Kementerian Pariwisata pun sedang berencana membangun kawasan Toba menjadi salah satu ’10 Bali Baru’ dengan berbekal slogannya ‘Pesona Danau Toba dan Wonderful Danau Toba’.

Tempat Wisata Sekitar Danau Toba

Wisatawan yang bertandang ke Danau Toba dapat menghabiskan waktu liburan untuk menikmati berbagai tempat wisata berikut ini.

Tuktuk

tuk-tuk danau toba
colourbox.com

Tempat wisata Tuktuk ini berada di Kabupaten Samosir. Tuktuk ini biasanya dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai daerah. Pemandangan alam yang menakjubkan lengkap dengan pesona Danau Toba menjadikan Tuktuk semakin menarik untuk dikunjungi. Selain itu kita juga bisa belajar kebudayaan Batak serta melihat ritual di Desa Sallagan.

Kota Pangururan

kota panguran danau toba
kodesingkatan.com

Kota ini merupakan ibukota Kabupaten Samosir. Bagi kita yang ingin mempelajari banyak hal tentang sejarah Batak harus menyempatkan untuk berkunjung ke kota ini.

Dari kota ini kita bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Aek Rangat atau Hotspring. Tak ketinggalan juga, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pussuk Buhit yang merupakan asal muasal suku Batak.

Simarjarunjung

Simarjarunjung danau toba
lovelysimalungun.com

Dari Simarjarunjung ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan Danau Toba secara lebih jelas. Terlihat kontur bukit barisan yang mana bergari dengan pinggiran Danau Toba. Biasanya tempat ini dijadikan persinggahan bagi wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan wisata ke Samosir, Tuktuk, Parapat, Tomok dan lain sebagainya.

Pemandangan yang disuguhkan sungguh indah, tak heran banyak pula fotografer yang berburu objek foto yang keren di tempat ini.

Tomok

Tomok danau toba
ytimg.com

Selain dikenal sebagai pelabuhan, Tomok juga terkenal dengan wisata belanja. Lebih dari itu pengunjung juga dapat melihat patung menari atau Sigale-Gale. Sempatkan ke Batu Marhosa untuk melengkapi perjalanan wisata kita. Jarak tempuhnya hanya sekitar 45 menit dari Tomok. Menjadikan Tomok sebagai lokasi belanja oleh-oleh untuk keluarga juga dapat dilakukan.

Haranggaol

Haranggaol
Beralih dari Tomok, ada lagi wisata alam yang tak kalah kerennya, yakni Haranggaol. Selain bisa menikmati wisata alam, di tempat ini kita juga bisa melihat peternakan ikan yang dikelola masyarakat setempat dengan cara tradisional.

Kota Balige

Kota Balige danau toba
graha-travel.com

Letak kota ini berada di sekitar 2 jam dari Parapat. Balige yang menjadi ibukota Kabupaten Toba Samosir ini memiliki kebudayaan dan pemandangan yang dapat kita nikmati.

Selain itu, adanya beberapa desa  di Kecamatan Laguboti yang juga berbatasan dengan Danau Toba juga memiliki wisata alam; Pantai Lumban Silintong (Desa Lumban Silintong) dan Pantai Lumban Bulbul (Desa Lumban Bulbul).

Tak berhenti disitu, disana juga ada Museum Batak yang berisi peninggalan-peninggalan sejarah tanah Batak serta makam Pahlawan Nasional Sisingamaraja XII.

Silalahi

danau toba desa Silalahi
marcmoyo.blogspot.co.id

Mungkin kita sudah sering mendengar kata ‘Silalahi’. Ya, Silalahi ini meang merupakan salah satu marga Batak. Namun lebih dari itu ternyata Silalahi juga menjadi nama sebuah desa yang letaknya di ujung Danau Toba. Kita bisa menikmati kesejukan yang diberikan oleh Tao Toba.

Tanjung Unta

danau toba Tanjung Unta
oneie.net

Tanjung Unta merupakan tempat wisata yang bentuknya seperti unta yang sedang istirahat. Pemberian nama Tanjung Unta ini pun diberikan oleh Mohammad Hatta yang tak lain merupakan Wakil Presiden pertama Indonesia.

Tempat wisata ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata keluarga. Disana kita bisa memancing ikan, water ski dan berwisata dengan naik perahu.

Tongging

Tongging danau toba
Kopisiantar.com

Desa Tongging lokasinya dekat dengan Air Terjun Sipiso-Piso. Air terjun tersebut memiliki tinggi 120 meter. Air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah Plato Karo. Menariknya, dari desa ini kita dapat melihat dua objek wisata; Danau Toba dan Air Terjun Sipiso-Piso. Semakin jelas terlihat bagaimana indahnya alam yang disematkan pada Danau Toba dan Air Terjun tersebut.

Disana, nuansa alam yang menenangkan, lengkap dengan semilir angin menambah nikmatnya perjalanan wisata di Sumatera Utara ini. Melalui ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, kita bisa melihat dengan jelas bagaimana indahnya pemandangan alam dan budaya disini.

Tugu Silalahi

danau toba Tugu Silalahi

Menjadi kebanggan tersendiri bagi suku Batak karena sudah bisa mendirikan Tugu Silalahi yang merupakan perwujudan lambang eksistensi suku Silalahi. Tugu ini dengan gagahnya berdiri di sekitaran Danau Toba. Area tugu ini menjadi salah satu lokasi penting yang harus dikunjungi, disana juga terdapat makam Raja Silahisabungan.

Tugu ini dibangun dengan ukiran gorga yang elegan. Batu-batu sisa material vulkanik terlihat berserakan di sekitarnya. Selain itu, kita juga mengetahui riwayat raja yang digambarkan pada sebuah relief.

Sejarah Danau Toba yang Mengesankan

sejarah danau toba
Sobatpetualang.com

Selain terkenal dengan luasnya, Danau Toba juga kian menakjubkan dengan lokasinya yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Dahulunya, Toba ini merupakan supervulkan atau gunung berapi raksasa dimana suatu ketika pernah meletus dengan sangat dahsyatnya.

Karena letusan yang sangat dahsyat tersebutlah akhirnya terbentuk Danau Toba. Bahkan letusan gunung ini dinilai sebagai letusan paling dahsyat jika ditilik dari sejarah bumi. Hal ini juga dibenarkan oleh ilmuwan. Adanya letusan tersebut akhirnya membentuk kawah yang sangat besar. Seiring waktu, kawah itu dipenuhi air dan jadilah kini disebut sebagai Danau Toba.

Tak cukup sampai disitu, sebab adanya pergeseran lapisan bumi menjadikan dasar danau naik hingga membentuk Pulau Samosir. Pulau Samosir yang indah ini mempunyai luas 647 km2, yang mana jumlah luas ini hampir serupa dengan luas negara Singapura.

Fakta Menarik yang Menyertai Danau Toba

Terlepas dari keindahan pemandangan alam yang disuguhkan Danau Toba, sepertinya perjalanan wisata ke Danau Toba tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan informasi seputar fakta Danau Toba berikut ini.

fakta-fakta danau toba
intisari.grid.id
  1. Danau Toba memiliki panjang 87 km dan lebar 27 km.
  2. Mendapat predikat danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
  3. Menjadi danau kawah atau vulkanik terbesar di dunia.
  4. Pulau Samosir yang berada di tengah danau dengan luas 647 km2.
  5. Pulau Samosir memiliki dua buah danau yang letaknya ada di tengah Danau Toba.
  6. Kerajaan Inggris dapat digenangi dengan air Danau Toba, ini artinya jumlah air di Danau Toba sangatlah banyak.
  7. Danau Toba terbentuk karena adanya letusan Gunung Toba. Gunung ini merupakan gunung berapi supervulkan yang terbentuk sepanjang sejarah bumi dan menjadi gunung terbesar dalam dua juta tahun terakhir.Gunung ini meletus sekitar 74.000 tahun lalu dan mengakibatkan bumi menjadi dingin akibat debu vulkanik yang menutupi permukaan bumi. Hal ini membuat suhu di bumi berkurang  10 derajat celsius. Bahkan, karena saking dahsyatnya letusan gunung ini, debu vulkaniknya pun sampai ke Greenland Kutub Utara dan Antartika Kutub Selatan.

Sepertinya tidak cukup satu hari untuk mengunjungi dan menikmati semua keindahan yang ditawarkan Danau Toba ini. Itu artinya, kita harus meluangkan waktu beberapa hari guna menjelajahi semua tempat wisata yang ada disana. Beruntung sudah tersedia banyak penginapan di Pulau Samosir.

Jadi kita bisa menginap di resort, penginapan biasa hingga hotel. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah menjumpai penginapan di sekitar Tuktuk dan Ambarita yang lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Tomok. Bonusnya lagi, saat menginap disini kita dapat sembari menikmati pemandangan alam Danau Toba dan Pulau Samosir.

Keindahan alam Danau Toba dan Pulau Samosir memang menjadi magnet bagi kita untuk mendaratkan perjalanan liburan di Sumatera Utara.

Keindahan danau ini dapat terlihat dari segala sisi. Pasti kita betah berlama-lama menghabiskan waktu disini. Danau Toba dengan segala keindahan, kemegahan, dan kebudayaannya bisa dijadikan destinasi wisata yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *