Top 18 Ide Taman Minimalis Untuk Rumah Mungil Anda

taman minimalis

Memiliki taman di halaman rumah pasti menjadi harapan bagi mayoritas orang. Taman merupakan sebuah lahan dengan ukuran tertentu yang ditanami dengan berbagai macam bunga yang indah. Taman akan terlihat sangat menarik hati apabila penataannya diatur dengan sangat rapi. Namun begitu masih banyak pula orang yang jadi malas membuat taman dikarenakan ukuran rumah mereka yang terbilang kecil. Mereka umumnya beranggapan bahwa taman seharusnya berada di rumah yang berukuran besar karena hal itu akan menambah kadar kecantikan dari taman tersebut.

Namun sebenarnya anda semua yang memiliki rumah berukuran kecil atau minimalis masih tetap dapat membuat sebuah taman yang indah dan memikat di halaman rumah, kok. Meskipun awalnya anda merasa bahwa akan nampak sesak, tapi percayalah taman di halaman yang tak terlalu lebar malah akan terlihat begitu manis. Anda yang rumahnya minimalis seharusnya mempertimbangkan untuk membuat sebuah taman yang minimalis pula. Taman minimalis ini tidak berukuran besar sehingga anda harus pandai-panda menghiasnya supaya terlihat enak dipandang.

Taman minimalis sendiri memiliki kelebihan tersendiri dibanding taman yang ukurannya besar dan luas. Taman berukuran kecil akan sangat indah bila ditata dengan gaya unik dengan anda menambah-nambahi dengan atribut seperti sungai dan jembatan mini, jalan batu mini, dan padang rumput hias juga beberapa jenis bunga yang sangat indah. Selain itu anda juga bisa menanam tanaman obat yang dapat anda gunakan sewaktu-waktu jika anda memerlukannya.

Referensi Desain Taman Minimalis Sederhana

Taman sendiri secara umum dapat membuat anda merasa lebih bahagia karena masih dapat melihat suatu keindahan yang telah Tuhan ciptakan. Aroma wangi dari bunga-bunga yang bermekaran, kupu-kupu dan lebah madu yang beterbangan, dan suasana sejuknya pasti akan merontokkan seluruh stres anda setelah melihatnya.

Taman Minimalis Jalan Setapak

Taman minimalis ini mungkin dapat menjadi contoh yang pas untuk anda semua yang mempunyai lahan kecil di sisi rumah. Anda bisa membuat sebuah jalan setapak dan juga memberi tanaman bambu juga tanaman-tanaman semak yang lainnya. Dengan anda menanam tanaman bambu hal tersebut nantinya akan menjadi sangat berguna karena bambu-bambu yang sudah tumbuh tinggi juga lebat akan bermanfaat sebagai penghalang sinar matahari yang terik.

taman di pinggir jalan
http://katamutiarabijak.info

Taman Minimalis di halaman Depan Rumah

Bagi anda yang halaman depan rumahnya   berlapis aspal atau semen dan anda ingin mengakalinya agar dapat enak dipandang. Anda hanya perlu membuat sebuah lahan tanah di sisi pinggir dari tangga dan halaman. Di sana anda bisa menanam rerumputan hijau di sela-sela pijakan tangga suoaya halaman depan di rumah anda menjadi nampak lebih hidup.

taman minimalis di halaman depan
http://www.desainrumahmini.com

Tambahkan Pot Sekitar balkon

Adanya pot buatan yang diletakkan di sisi pinggir balkon merupakan salah satu ide bagus bagi anda semua yang menginginkan adanya sebuah taman kecil, akan tetapi tak mempunyai sebuah lahan untuk menanam. Untuk itu buatlah sebuah tempat untuk menanam dengan menggunakan semen yang berada di sekitar balkon. Anda juga dapat meletakkan sebuah kursi ukuran panjang untuk anda dan juga keluarga yang ingin menikmati bersantai sembari melihat indahnya taman mini.

taman minimalis dengan pot di balkon
https://renovasi-rumah.net

Taman Berukuran Luas didalam Rumah

Anda memiliki sebuah ruangan di dalam rumah yang akan dibuat menjadi taman? Bagus sekali. Anda bisa menanaminya dengan tanaman-tanaman yang indah dan tak terlalu membutuhkan sinar matahri alias tanaman khas dalam. Dengan taman yang berada di dalam rumah tentunya anda sekeluarga tak akan habis hiburan karena mata akan selalu dimanjakan dengan taman yang warna-warni.

taman minimalis di dalam rumah
https://gedubar.com

Aneka Pot Tanaman Tangga Setapak

Hal ini akan sangat mempercantik penampilan tangga di rumah anda. Kesan kreatif dan manis akan sangat kentara. Anda dapat mengkreasikan pot-pot itu sendiri dengan menggunakan barang-barang bekas maupun pot kecil yang berwarna polos untuk anda lukis sesuai selera. Dengan adanya beragam pot manis di detiap pijakan tangga ini akan membuat anda terkesan snagat kreatif.

pot bunga cantik di tangga
https://www.vemale.com

Hiasi Taman Minimalis dengan Bebatuan Kecil

Mendekorasi taman di halaman depan rumah anda dengan bebatuan kecil akan membuatnya tampak sangat manis. Kesan minimalisnya akan sangat terasa. Apalagi bila anda membuat batu-batu kecil tiu juga berwarna-warni. Dengan bebatuan itu anda juga dapat membuat sebuah jalan setapak berukuran mini yang sangat epik.

taman minimalis dnegan hiasan batu
http://www.batukoral.com

Taman Minimalis Semi Outdoor

Taman di rumah mewah yang semi outdoor juga merupakan sebuah taman dengan desain yang menarik. Anda dapat meletakan kursi dan meja kayu yang bergaya klasik untuk digunakan sebagai tempat minum teh sembari melihat pemandangan taman yang indah. Hal ini juga akan dapat membuat hati anda menjadi sejuk.

taman minimalis semi outdoor
https://www.pinterest.com

Tambahkan Pagar Kayu

Sebuah pagar taman yang terbuat dari kayu akan dapat memberi ruang untuk tanaman merambat bisa hidup. Selain itu adanya pagar kayu akan dapat memberi kesan sejuk karena kayu sendiri akan terlihat snagat menentramkan mata dengan warnanya yang cokelat alami. Pagar taman seperti ini akan sangat bagus apabila tak terlalu tinggi sehingga akan menambah kesan manis dan romantis di dalamnya.

pagar tanaman yang indah
http://www.desaindenahrumah.com

Taman Minimalis Indoor

Taman berukuran minimalis yang berada di dalam rumah nampak populer di zaman sekarang. Kini orang-orang tak lagi hanya berlomba untuk membuat tampilan depan rumah mereka menjadi cantik, namun juga begian dalamnya. Ini dibuktikan dengan adanya tren taman indah yang diletakkan di dalam rumah supaya menambah kesejukan di badan dan juga di hati.

taman di dalam rumah
http://ndikhome.com

Kombinasi Pot Tanaman dengan Bebatuan

Pot tanaman yang berada di atas bebatuan. Menanam tanaman secara langsung di tanah maupun menanam di pot yang terletak langsung di atas tanah mungkin sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa. Anda dapat menambahkan lapisan bebetuan kecil warna-warni untuk melapisi tanah lahan anda agar terlihat lebih berwarna dan lebih menarik.

pot bunga di atas bebatuan
http://www.tukangtamanmurah.com

Taman di Area Jalan

Sebuah taman di sisi jalan rumah anda bisa ditata dengan serapi mungkin dengan membuat batasan atau tembok dengan batu bata yang menjulang tinggi. Hal seperti ini akan membuat tanaman anda akan aman berada di dalam dan tak akan tumbuh menjulur ke jalanan sehingga dapat menyebabkan hal yang tak diinginkan bagi pengguna jalan.

membuat pembatas untuk tanaman
http://idea.grid.id

Taman Minimalis Meja Batu

Sebuah taman sederhana dengan tatanan meja dari batu yang sangat cocok untuk kumpul bersama dan mengadakan pesta BBQ. Taman berukuran kecil dengan perabot meja batu seperti ini akan membuat kesan yang sangat natural sehingga akan menjadi pemandangan yang menyejukkan bagi setiap mata yang memandang.

meja taman batu
http://nuansagarden.blogspot.co.id

Taman di Pojok Rumah

Sebuah taman di sudut rumah akan menjadi taman yang menarik sekaligus murah. Hal ini dikarenakan sudut rumah yang tak terlalu besar tidak akan membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya menjadi sebuah taman, akan tetapi masih menjadi suatu objek yang dapat menarik perhatian karena keindahannya. Anda dapat menanaminya dengan beberapa jenis tanaman hias yang cantik dan menarik.

taman di sudut rumah
https://www.pinterest.com

Taman Minimalis Area Belakang rumah

Sebuah taman minimalis di halaman belakang rumah. Siapa bilang taman hanya ada di halaman depan rumah saja? Halaman belakang rumah yang masih kosong dan anda bingung ingin membuatnya menjadi apa, anda bisa membuat sebuah taman kecil di sana. Anda juga bisa melapisi seluruh tanahnya dengan bebatuan kecil yang berujung lembut maupun rumput hias yang sangat indah dan lembut apabila diinjak. Hal ini akan membuat anda sekeluarga tak akan menjadi kotor apabila bermain di sana.

taman di belakang rumah
http://rumahminimalis.co

Taman Simpel Kombinasi Bebatuan

Sebuah taman kecil dengan tumpukan batu-batuan. Cara yang sangat mudah untuk membuat sebuah taman adalah dengan anda menumpuk batu-batuan yang berbentuk pipih menyerupai sebuah tembok sebaga pembatas taman anda. Di dalamnya anda bisa menanami dengan bebungaan segar yang cantik dan menarik.

taman dengan menyusun bebatuan
http://birdbody.blogspot.co.id

Taman Minimalis yang stylish

Sebuah taman bergaya modern yang minimalis sekaligus penuh gaya, yangmana terpisah dan tertutup dari ruangan. hal tersebut memungkinkan bagi anda untuk mendatangi taman indah tersebut kala anda merasa sedang banyak pikiran dan stres. Anda dapat menyegarkan otak anda dengan tenang karena suguhan pemandangan bebungaan yang indah dan menawan. Di sana anda dapat membuat tatanan yang epik, menarik, sekaligus sestylish mungkin.

taman modern
http://umahsederhana.blogspot.co.id

Variasi Pot Akan Menambah Kecantikan Taman

Adanya susunan pot dari semen yang berbentuk seperti kubus berukuran besar yang diletakkan di bagian pojok rumah anda. Desain tersebut akan menciptakan suatu kecantikan estetika tersendiri. Anda bisa menghias taman tersebut dengan menutupi tanahnya dengan menggunakan batu-batuan pipih yang berwana putih agar memberikan kesan yang bersh dan dingin.

pot tanaman berbentuk kubus
https://www.sejasa.com

Penataan Tanaman Sangat Penting

Dengan menyusun tanaman secara rapi di sisi halaman. Hal ini akan semakin mempercantik taman buatan anda apabila anda dapat memilih tanaman yang cocok dan pas. Untuk menghiasnya anda perlu selera yang bagus dalam memadukan warna dan juga bentuk tanamannya supaya taman anda terlihat rapi dan menyenangkan. Akan sanagt terasa nyaman bagi anda sekeluarga untuk minum teh di sore hari di taman yang indah seperti itu.

taman yang rapi
https://renovasi-rumah.net

Merasa tak akan bagus memiliki taman minimalis dengan rumah yang berukuran kecil? Sekarang anda perlu mengubah mindset seperti itu karena rumah yang berukuran kecilpun juga akan nampak cantik dengan taman minimalis yang ditata dengan sangat baik.

Tips Membangun Taman Minimalis

Pakailah pot

pot kreatif
https://life.idntimes.com

Hal ini pastinya akan menjadi sebuah solusi bagi anda yang tak memiliki lahan tanah untuk ditanami tanaman secara langsung. Anda dapat memilih pot-pot yang ukurannya tak terlalu besar dan cenderung agak kecil dengan corak yang manis. Warna-warni pada pot sendiri akan menjadi sebuah nilai tambah yang dapat membuat mata akan sukar lepas dari memandang bunga-bunga cantik yang ditanam di dalam pot yang cantik pula.

Pot-pot cantik itupun dapat anda buat dengan daya kreativitasan anda sendiri. Yakni dengan menggunakan barang-barang bekas seperti ban bekas, kaleng minuman, sepatu boot bekas, ember kecil yang cantik, dan masih banyak lainnya. Anda dapat menyusun pot-pot tersebut dengan susunan yang rapi dengan mengombinasikan dari segi warna maupun besar dan tinggi dari pot tersebut supaya taman buatan anda menjadi nampak tak membosankan.

Membuat taman horizontal dan vertikal

taman vertikal
https://probohindarto.wordpress.com

Anda ingin menghias bagian tembok luar rumah anda? Anda dapat menggunakannya untuk dijadikan sebuah taman yang unik serta enak dipandang. Di sana anda dapat menggantungkan beberapa pot berisi tanaman hias yang cantik dan menarik. Saat menatanya entah itu secara vertikal maupun horizontal haruslah tetap memerhatikan kombinasi warna dan bentuknya sehinga orang tak akan bosan meilhat taman anda. Di sisi tembok pun juga dapat anda beri pot-pot berukuran kecil yang berwarna-warni cantik. Tentunya hal ini akan sangat mempermanis penampilan rumah anda.

Pilihlah jenis tanaman yang langka

tanaman bunga yang langka
https://m.id.aliexpress.com

Cara berikutnya adalah dengan memilih secara teliti dan hati-hati tanaman apa saja yang sekiranya akan pantas dan bagus apabila ditanam di taman anda. Dan sudah barang tentu harus terlebih dahulu disesuaikan dengan hal-hal yang akan berkaitan. Dan salah satu hal tersebut adalah seberapa luas lahan kosong yang anda miliki. Dan bila memang lahan yang anda miliki memiliki ukuran yang tak terlampau luas janganlah anda memakai tanaman yang berukuran besar, karena hal tersebut akan membuat kesan sempit bagi taman anda. Dan sebaliknya, anda pilih saja tanaman yang ukurannya kecil karena selain imut dan manis, tanaman yang berukuran kecil akan memberikan sugesti luas bagi lahan anda. Selain itu jenis tanaman yang akan ditanam juga harus disesuaikan dengan gaya tempat tinggal anda. Hal ini agar taman dan rumah terlihat menyatu dan sangat epik.

Perabotan yang tepat

taman kecil
http://inspirasipakde.com

Perabot tentu saja menjadi hal yang tak akan terlewatkan dari sebuah taman. Dalam pemilihan ornamen ini pastikan bahwa anda memilih perabot dengan fungsi yang jelasjuga hindarilah sedapat mungkin penggunaan ornamen. Apabila anda berkeinginan untuk menambahkan kursi dan meja, belilah kursi dan meja yang bisa dilipat sehingga saat tidak diperlukan anda akan dapat menyimpannya.

Demikianlah ide taman minimalis dan juga cara untuk menyiasati rumah anda yang kecil untuk membuat taman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

One thought on “Top 18 Ide Taman Minimalis Untuk Rumah Mungil Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *