Inilah 20 Peluang Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

bisnis rumahan

Bisnis rumahan – Semakin hari kebutuhan hidup terus meningkat. Itu artinya biaya hidup yang dibutuhkan juga semakin bertambah. Atas dasar hal inilah Anda juga harus memikirkan peluang usaha apa yang mungkin bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Saat ini bisnis rumahan sedang menjadi lirikan banyak orang.

bisnis rumahan

Bisnis rumahan ini dinilai lebih fleksibel untuk dilakukan. Namun alasan utama mengapa bisnis rumahan ini dipilih adalah karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Bahkan jika memungkinkan Anda bisa memulai usaha meski dengan modal nol.

Bagi Anda yang tengah bingung mencari peluang bisnis rumahan, berikut adalah 20 peluang bisnis rumahan yang dapat Anda jadikan referensi.

Bisnis Rumahan Membuka Jasa Menjahit atau Butik Kecil

Bisnis Rumahan Membuka Jasa Menjahit
antarafoto.com

Pasaran fashion ini sepertinya tidak pernah sepi peminat. Hal ini dikarenakan setiap orang memerlukan pakaian. Bukan hanya sebagai pelindung tubuh, melainkan juga karena pelengkap gaya hidup. Untuk itulah bisnis fashion ini masih masuk dalam deretan bisnis rumahan yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis dari modal terkecil.

Perlu diketahui juga bahwa banyak muncul pendapat jika prospek bisnis fashion ini sangat cerah, terutama di Indonesia yang notabene populasi masyarakat dengan usia di bawah 30 tahunnya sangat banyak. Dan merekalah target market yang tepat untuk produk fashion ini.

Oleh karena itu apabila Anda mempunyai ketrampilan menjahit, tidak ada salahnya jika mulai sekarang membuka jasa menjahit dan membuka butik di rumah. Fee jasa menjahit ini tergantung tingkat kesukaran model pakaian yang dijahit.

Bisnis Kuliner: Buka Usaha Katering Masakan Rumah

bisnis rumahan catering
hipwee.com

Meski sudah berada di jaman modern, bukan berarti Anda harus selalu mengonsumsi makanan ala-ala barat dan jenis makanan modern lainnya. Di Indonesia ini misalnya, meski makanan modern sudah ramai ditemukan di resto-resto, bukan berarti semua orang menyukai makanan tersebut. Nah, untuk yang satu ini Anda tidak perlu ikut-ikutan memburu makanan jaman kekinian. Bahkan Anda berpeluang membuka bisnis kuliner, khususnya untuk katering masakan rumah.

Masakan rumahan ini tidak pernah sepi peminat. Bisnis katering masakan rumah ini terbilang menjanjikan sebab makanan itu sendiri pun menjadi kebutuhan sehari-sehari sehingga hari ini sudah banyak orang yang tidak sempat memasak karena sibuk bekerja. Alternatifnya, mereka lebih memilih memesan katering.

Anda bisa menyediakan berbagai pilihan menu. Mulai dari menu makanan tradisional yang biasanya ditemukan di warteg, makanan khas daerah, paket menu diet hingga bekal untuk sekolah anak. Jika ingin lebih hemat, Anda sebaiknya mengolah dan memasak katering tersebut di rumah. Jadi nanti Anda hanya perlu mengalokasikan biaya produksi untuk kemasan dan bahan baku.

Sebagai contoh, Anda bisa menyiapkan modal untuk masakan rumah sejumlah 50 porsi. Buat menu sederhana; nasi putih, satu jenis oseng, satu jenis sayur tumis, satu jenis olahan ikan atau ayam, kerupuk, buah, hingga air mineral. Untuk modal awal Anda membutuhkan modal sekitar Rp. 500.000,-.

Bisnis Makanan dan Minuman Ringan

Bisnis Makanan dan Minuman Ringan
hipwee.com

Masih seputar bisnis kuliner, apabila Anda ingin membuka bisnis rumahan yang lebih simple dibandingkan bisnis katering masakan rumah, mungkin Anda bisa merintis bisnis makanan dan minuman ringan. Makanan dan minuman ringan ini selalu dicari dan dibutuhkan oleh orang. Entah karena memang hobi ngemil atau sekedar dijadikan sajian untuk tamu di rumah.

Pilihan produk makanan yang dapat Anda eksekusi diantaranya; frozen food, puding, es krim, aneka cake dan cookies, keripik, kue kering, kue tradisional, minuman hangat atau dingin, dll.

Untuk memproduksinya, Anda memerlukan perlengkapan memasak. Misalnya; loyang, oven, freezer, fryer, mesin vacuum, dll. Selain itu juga dibutuhkan perlengkapan untuk memudahkan pengolahan, penyimpanan dan pengemasan. Jadi yang harus dipersiapkan adalah modal untuk membeli bahan baku dan membeli perlengkapan atau peralatan produksi.

Contohnya: Anda berencana membuka usaha kue kering. Lalu dana untuk membeli bahan baku sekitar Rp.50.000/kg. Dengan bahan ini dihasilkan 3 toples kue kering ukuran 500 gram. Apabila per toples dijual seharga Rp. 30.000,-. Maka Anda akan mendapatkan laba per 1 kg adonan sejumlah:

Harga jual @Rp.30.000 x 3            = Rp.90.000,-

Biaya bahan baku                          = Rp.50.000,-

Laba                                               = Rp.40.000,-

Tanpa menghitung biaya investasi, dari seluruh laba yang didapatkan, perkiraan balik modal akan dicapai dalam 1 atau 2 kali produksi. Akan tetapi, apabila Anda mengalokasikan biaya investasi untuk presentase laba bersih sekitar 40%-50% dalam sekali produksi, maka akan diperoleh perkiraan balik modal sekitar 4 sampai 5 kali produksi.

Pada dasarnya kunci sukses bisnis kuliner ini adalah pada rasa produk makanan atau minuman yang enak dan berbeda dari yang lain, kemasan yang lebih fresh dan harga bersaing. Sebagai permulaan, tidak ada salahnya jika Anda memberikan produk makanan atau minuman gratis untuk pembeli.

Bisnis Reparasi Sepatu, Tas, dan Jaket

Bisnis Reparasi Sepatu dan tas
blog.duitpintar.com

Masih berhubungan dengan fashion juga, namun kali ini mengenai usaha reparasi sepatu, tas, dan jaket. Hal ini merujuk pada masyarakat yang setiap satu orang saja tentu memiliki lebih dari satu sepatu, tas, maupun jaket. Coba cek kembali rak sepatu di rumah, ada berapa jumlah sepatu yang ada disana? Buka kembali lemari pakaian Anda, ada berapa jaket disana?

Apabila setiap orang memiliki banyak koleksi tas, sepatu atau jaket, maka bisa Anda bayangkan berapa banyak dari mereka yang membutuhkan jasa reparasi barang-barang tersebut? Jika memungkinkan, Anda bisa menjalankan pekerjaan ini secara mandiri. Modal awal yang harus disiapkan sekitar Rp. 4-5 juta.

Modal tersebut digunakan untuk: menyewa tempat usaha, mesin jahit biasa (kurang lebih Rp. 1,5 juta), mesin jahit cangklong khusus untuk bahan kulit (kurang lebih Rp. 2,5 juta), lem, kanvas, kulit sintetis, benang dan lain sebagainya. Namun akan berbeda lagi jika Anda memiliki karyawan.

Kalkulasi dari modal di atas adalah:

Biaya reparasi kurang lebih sekitar Rp.20.000, – Rp.250.000,- (relatif). Omset per bulan dari 50 atau 100 produk reparasi kurang lebih Rp. 3 juta sampai Rp. 5 juta. Laba bersih sekitar 40%, sedangkan return on investment kira-kira 4 sampai 6 bulan.

Target pasar untuk bisnis reparasi sepatu, tas atau jaket ini umumnya berasal dari kalangan menengah dan mahasiswa. Jadi, sebaiknya Anda memilih lokasi yang strategis, seperti di sekitaran kampus atau dekat pasar tradisional.

Usaha Jasa Pasang Payet atau Aksesoris

usaha Jasa Pasang Payet

Sepertinya bisnis dalam bidang fashion variasinya memang banyak ya. Mulai dari jasa menjahit, membuka butik, reparasi sepatu, tas atau jaket dan sekarang jasa pasang payet dan aksesoris. Perlu Anda ketahui bahwa biasanya pemilik atau pengusaha butik maupun konveksi tidak memiliki cukup waktu untuk memasang payet atau aksesoris. Ini peluang yang harus Anda manfaatkan.

Umumnya payet ini dipasang pada gaun pengantin, kebaya, pakaian muslimah, baju pesta, aksesoris jilbab, dan lain sebagainya. Biayanya pun bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan luas bahan yang akan dipasang payet. Tapi biasanya sekitar Rp.10.000,- sampai Rp. 1 juta.

Memasang payet ini merupakan bisnis jasa, dan modal yang dibutuhkan sanga kecil, yakni kuran dari Rp.100.000,-. Dan umumnya keuntungan akan langsung diterima setelah pekerjaan selesai. Mulailah menawarkan jasa ke butik atau konveksi terdekat.

Jasa Cuci Motor

bisnis rumahan Jasa Cuci Motor
bisnisi.com

Seperti yang Anda tahu, nyaris setiap orang memiliki setidaknya satu kendaraan bermotor. Belum lagi di keseharian Anda juga melihat betapa banyak kendaraan bermotor yang melintas di jalan raya. Sangat banyak sekali pemilik sepeda motor atau mobil dan tentu saja tidak semua dari mereka mau dan sempat mencuci kendaraan tersebut? Inilah peluang emas bagi Anda. Membuka jasa cuci motor bisa menjadi pilihan yang tepat.

Coba tengok kembali berapa luas area kosong di depan rumah Anda. Apabila luas, Anda bisa membuka jasa cuci untuk mobil dan motor. Tapi jika lahannya terbatas, Anda cukup membuka jasa cuci sepeda motor saja. Pastikan bahwa air bersih di rumah selalu tersedia.

Modal awal yang diperlukan untuk membuka jasa cuci motor sekitar Rp. 5 juta sampai Rp. 7 juta. Modal tersebut untuk: membeli kompresor dan alat steam (kurang lebih Rp. 5 juga), biaya operasional bulanan (listrik dan bahan bakar kompresor kurang lebih Rp. 500.000,0), dan membangun tempat cuci serta penampung air (kurang lebih Rp. 2 juta).

Katakan saja biaya cuci motor adalah Rp. 6000,- sedangkan untuk cuci mobil Rp. 15.000,-. Per harinya rata-rata kita mencuci 10 motor dan 3 mobil. Maka hasilnya:

10 x 6.000 x 30 = Rp.1.800.000,-

3 x 15.000 x 30 = Rp. 1.350.000,-

Maka omset per bulannya= Rp. 3.150.000,-

Didapat laba bersih 20% – 30%, sedangkan balik modal akan didapatkan dalam waktu sekitar 6 bulan.

Jasa Laundry Kiloan

bisnis Jasa Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan menjadi salah satu bisnis rumahan yang bisa menjadi peluang emas bagi Anda. Banyak kalangan yang memilih mengandalkan jasa cuci setrika ini, seperti mereka yang tinggal di apartemen, pegawai kantoran yang super sibuk dan mahasiswa. Saking sibuknya, mereka tidak ingin menghabiskan waktu luang yang sedikit untuk mengurus rumah, terutama mencuci baju kotor. Alhasil laundry kiloan lah yang dipilih.

Modal yang harus dipersiapkan untuk membuka bisnis jasa laundry kiloan adalah sekitar Rp. 8,5 juta sampai Rp. 10 juta. Jumlah tersebut digunakan untuk: membeli mesin cuci otomatis berkapitas 8 kg (kurang lebih Rp. 6 juta), setrika, mesin pengering (kurang lebih Rp. 2,5 juta), timbangan, sabun cuci, ember besar, pewangi, gantungan baju dan lain sebagainya.

Sedangkan kalkulasi keuntungannya adalah:

1 mesin cuci dan 1 mesin pengering dalam sehari dapat digunakan untuk mencuci 10-20 kg pakaian.

Tarif laundry umumnya sekitar Rp. 5.000,- sampai Rp.8.000,- per kg

Omset tiap bulan sekitar Rp. 1,5 juta sampai Rp. 3.6 juta.

Presentase laba bersih 20%-30%,

ROI dapat dicapai sekitar 4 sampai 6 bulan.

Dalam menjalankan bisnis jasa laundry, kualitas laundry-an Anda sangat dipengaruhi oleh mesin cuci yang digunakan. Untuk itu pastikan Anda memilih mesin cuci yang berkualitas sehingga hasil cucian akan bersih dan kering maksimal.

Membuka Sanggar Senam

Membuka Sanggar Senam

Di jaman modern ini semakin banyak masyarakat yang mulai menyadari akan pentingnya kesehatan dan penampilan. Sekarang ini bisnis yang berhubungan dengan perawatan tubuh dan olahraga memang tengah digandrungi. Dari sini Anda dapat mengambil peluang untuk membuka usaha sanggar senam.

Apabila Anda adalah seorang yang rajin olahraga dan terbiasa melakukan senam. Setidaknya itu sudah bisa menjadi modal awal untuk menjadi seorang instruktur senam. Lebih lanjut, Anda bisa membuka usaha sanggar senam. Sanggar senam ini terdiri dari berbagai kelas, seperti; yoga, aerobik, senam hamil maupun pilates. Di samping itu Anda juga membutuhkan ruangan yang sekiranya muat untuk menampung 15 orang.

Modal yang harus disiapkan sekitar Rp. 10 juta sampai Rp. 15 juta. Modal ini dialokasikan untuk: setting ruang senam (terdiri dari kaca, matras, AC), speaker aktif atau CD player, biaya promosi (termasuk cetak brosur). Anda tidak perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membayar instruktur apabila Anda memilih untuk merangkap menjadi instruktur.

Dari gambaran di atas diperoleh asumsi akan ada 10 atau 20 orang yang mendaftar dengan biaya Rp. 25.000,-. Sementara itu biaya senam setiap kali datang Rp. 20.000-, lalu diperoleh hasil per 20 hari kerja:

Biaya pendaftaran Rp 25.000 x 20  = Rp   500.000

Biaya senam per pertemuan

@Rp 20.000 x 20 x 20 hari              = Rp 8.000.000 –

Perkiraan penghasilan                     = Rp 8.500.000

Namun angka ini adalah angka fluktuatif, jadi bisa naik dan juga bisa turun. Presentase laba bersih kurang lebih 30% – 40%, sedangkan ROI dapat kembali pada waktu 5-6 bulan.

Jasa Penitipan Hewan

Jasa Penitipan Hewan
indarkucing.com

Memiliki hewan peliharaan menjadikan pemiliknya juga harus ektsra perhatian terhadap peliharaannya tersebut. Ketika sibuk atau akan ditinggal liburan, biasanya para pemilih hewan peliharaan tersebut akan mencari jasa penitipan hewan. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah supaya hewan kesayangan mereka tetap terawat.

Hewan peliharaan yang sering dititipkan pada jasa ini adalah anjing, kucing, kelinci, hamster serta berbagai jenis reptil. Layanan di jasa penitipan hewan ini juga variatif. Mulai dari penitipan maupun perawatan. Perawatan ini juga banyak macamnya; seperti merapikan bulu, memandikan, pemeriksaan kesehatan atau memotong kuku.

Modal yang perlu disiapkan guna membuka jasa penitipan hewan berkapasitas 10 sampai 15 ekor kurang lebih sekitar Rp. 5 juta sampai Rp. 10 juta.  Budget ini dialokasikan untuk: menyewa tempat usaha atau ruko, membuat kandang serta perlengkapan perawatan, kebutuhan makanan dan vitamin.

Dari modal di atas diperkirakan akan mendapatkan omset sekitar Rp. 2 juta (untuk 10 ekor hewan, biaya per satu minggu Rp. 50.000,-). Namun nominal tersebut tidak termasuk pendapatan dari perawatan. Omset bersih untuk jasa titip hewan yang sudah beroperasi 6 bulan sekitar Rp. 4 juta.

Membuka Jasa Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Bisnis rumahan Perawatan dan Kecantikan
rockingmama.id

Semua wanita ingin melakukan perawatan tubuh di salon, namun biaya perawatan yang mahal menjadikan banyak wanita memilih melakukan perawatan di rumah. Nah, apabila Anda memiliki ketrampilan dan kemampuan praktik perawatan tubuh, sebaiknya Anda memanfaatkan peluang ini kemudian membuka layanan jasa perawatan tubuh dan kecantikan. Dengan harga terjangkau, dan dapat membukanya di rumah.

Membuka jasa perawatan tubuh atau membuka spa mini di rumah ini Anda juga harus memberikan layanan yang kurang lebih sama dengan salon-salon spa lainnya. Tawarkan layanan body and face massage, body scrub, lulur, hair mask, pijat aromaterapi, dll. Modal awal yang dibutuhkan adalah Rp. 15 juta.

Modal tersebut digunakan untuk: membuat dekorasi ruangan untuk spa, furnitur pelengkap (single bed, meja, kursi, etalase, kaca besar, dll), perlengkapan perawatan, biaya listrik, air, dll.

Biaya spa umumnya sekitar Rp. 75.000,-. Katakanlah pengunjung per hari sekitar 3-5 orang. Maka akan diperoleh hasil:

Pendapatan per bulan

@Rp 75.000 x 3 x 30                 = Rp 6.750.000

Biaya operasional dan gaji karyawan (2 orang)

= Rp 3.500.000 –

Laba bersih per bulan               = Rp 3.250.000

Jika dilihat dari presentase laba bersih, maka ROI akan dicapai dalam waktu 6 sampai 8 bulan.

Bisnis Souvenir dan Kerajinan Tangan

Bisnis Souvenir dan Kerajinan Tangan
usahaterbaru.com

Memiliki hobi yang positif adalah salah satu keberuntungan Anda. Misalnya saja Anda memiliki hobi membuat kerajinan tangan, dari sini Anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah bisnis. Seperti bisnis souvenir. Apabila biasanya hanya membuat satu kerajinan tangan, maka kali ini Anda bisa membuatnya secara massal. Tambahkan brand yang dicetak. Jika sudah, Anda bisa memasarkannya dengan menitipkan di toko-toko atau membuka toko di rumah. Selain itu juga dapat dipasarkan melalui internet.

Banyak kalangan yang membutuhkan souvenir ini, mulai dari toko oleh-oleh, toko-toko souvenir, EO, WO dan lain sebagainya.

Modal awalnya relatif, tergantung jenis dan kualitas produk souvenir yang dibuat. Umumnya untuk produksi souvenir pernikahan membutuhkan Rp. 1.000 – Rp. 2.500 per buah, dengan harga tersebut dibuatlah harga jual Rp. 3.000 sampai Rp. 10.000 per buah.

Apabila permintaan souvenir sebanyak 500 buah, maka berikut gambaran hasilnya:

Penjualan tiap buah Rp 6500 x 500 = Rp 3.250.000

Modal awal Rp 1750 x 500           = Rp 875.000 –

Laba bersih               = Rp 2.375.000

Dari sini bisa dilihat bahwa Anda bisa balik modal tanpa menunggu ROI. Selera pasar sangat berpengaruh pada bisnis souvenir ini. Jadi pastikan Anda juga memahami permintaan dan selera pasar. Lebih dari itu Anda juga harus memperhatikan kualitas souvenir yang dijual. Jika kualitasnya baik, bisa saja pelanggan Anda akan merekomendasikannya ke teman-temannya.

Budidaya Sayuran Hidroponik

Budidaya Sayuran Hidroponik
bebeja.com

Usaha agrobisnis bukan lagi identik dengan masyarakat yang tinggal di dataran sejuk. Anda yang tinggal di kota pun juga bisa membuka usaha budidaya sayuran hidroponik ini. Teknik bercocok tanam yang hanya memanfaatkan media air ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jenis-jenis sayuran yang dapat dibudidayakan misalnya; bayam, kangkung, selada, brokoli, sawi, cabai, tomat, bawang, dll.

Siapkan modal awal sekitar Rp. 500.000,- sampai Rp. 1 juta. Modal ini digunakan untuk membeli starter kit hidroponik dan bibit sayuran. Tidak perlu lahan yang luas, ukuran 3×3 meter persegi saja sudah cukup. Namun pastikan bahwa area lahan tersebut dapat dimasuki sinar matahari.

Hasil panen dapat langsung dijual ke masyarakat sekitar. Atau Anda juga dapat menjalin kemitraan dengan pedagang atau pemilik rumah makan. Umumnya tanaman hidroponik ini akan dipanen dalam waktu 1 bulan. Laba bersih yang akan didapatkan mencapai 100%. Dengan begitu ROI akan didapat pada 2-4 kali masa panen. Sebaiknya Anda bergabung dengan komunitas hidroponik agar wawasan perihal ini terus bertambah.

Budidaya Jamur Tiram

usaha rumahan Budidaya Jamur Tiram
growindo.com

Selain usaha budidaya sayuran hidroponik, Anda juga bisa melirik bisni budidaya jamur tiram. Jamur tiram adalah jamur yang berwarna putih dan memiliki ciri khas tajuk jamur mirip kulit tiram. Modal yang dibutuhkan terbilang kecil, yakni sekitar Rp. 4 juta sampai Rp. 5 juta. Lahan yang dibutuhkan setidaknya 5×5 meter dan membutuhkan bibit kurang lebih 1000 baglog.

Rinciannya adalah:

Baglog dan bibit jamur @ Rp 3500 x 1000 = Rp 3,5 juta

Kumbung, yang dimaksud disini adalah lahan atau ruang yang dapat menjaga kelembapan udara

Rak-rak yang terbuat dari bambu untuk menaruh baglog atau media tumbuh jamur (Rp 500.000– Rp 1 juta)

Dalam 4 sampai 5 bulan, baglog ini akan menghasilkan 0,5 kg hasil panen. Tingkat resiko kegagalannya adalah 5%. Sedangkan harga jualnya Rp. 20.000,-/kg. Dari sini akan diperoleh penghasilan sebesar Rp. 9,5 juta (0,5kg x 950 baglog x Rp 20.000). Sehingga didapatkan laba bersih sebesar Rp. 4,5 juta.

Bisnis Online dengan Dropship Produk

bisnis rumahan dropship
wpmaria.com

Anda yang menyukai perniagaan tapi terkendala modal dan fasilitas mungkin bisa memilih untuk menjalankan bisnis online. Lebih tepatnya jualan online dengan sistem dropsip. Hanya dibutuhkan kemauan dan jaringan internet untuk bisa menjalankan bisnis ini.

Sistem dropship ini tidak mengharuskan Anda memiliki produk yang dijual. Anda hanya perlu memasarkan atau mempromosikan produk orang lain. Jadi posisi produk ada di supplier Anda. Nanti ketika ada yang beli, barulah Anda membayar senilai barang dan ongkir kepada supplier.

Perhatikan hal ini sebelum melakukan dropship:

Pahami betul bagaimana sistem yang diterapkan oleh supllier. Keterangan produk, sistem pembayaran hingga proses pengiriman.

Bangun komunikasi yang baik dengan supplier.

Jalinlah kerjasama dengan beberapa supplier sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Jasa Pembuatan Situs

usaha rumahan jasa website
infocreativemedia.com

Dikutip dari majalah Chip Indonesia, disebutkan bahwa populasi penduduk Indonesia yang merupakan pengguna internet adalah sebanyak 47%. Inilah mengapa banyak perusahaan yang memilih menjadikan website sebagai media promo sekaligus menjadi salah satu bentuk identitas mereka.

Jasa pembuatan situs atau web design ini menjadi salah satu bisnis rumahan yang sangat bisa dilakukan dari rumah. Dengan bermodal perangkat komputer, kemampuan mengolah html serta jaringan internet, Anda sudah bisa membuka jasa pembuatan situs ini.

Meski begitu, Anda perlu menyempurnakan kemampuan dalam bidang software, seperti; DHTML, PHP, MySQL, SHTML, Perl dan tentu saja Anda harus paham bahasa-bahasa pemograman maupun server programming. Lebih dari itu, pastikan Anda terus mengasah kreativitas dan daya imajinasi agar dapat membuat situs sesuai permintaan pelanggan.

Biaya yang dipatok untuk satu situs mulai dari Rp. 2 juta sampai belasan juta. Relatif sih, tergantung domain, template dan hostingnya.

Jika kamu ingin bisa membuat website sekaligus belajar seo bisa kunjungi sintesa.net. Silakan baca-baca kalau tertarik bisa mendaftarkan diri saat pendaftaran dibuka.

Jasa Sewa Kostum

Jasa Sewa Kostum
griyapesta.com

Untuk menghadiri acara-acara tertentu, biasanya seseorang ingin tampil beda dan istimewa. Alternatifnya adalah mereka memilih mencari jasa sewa kostum atau baju. Dinilai lebih praktis daripada membeli, jasa sewa busana atau kostum ini tetap ramai dicari.

Nah, jika Anda adalah seorang yang berjiwa entrepreneur, tidak ada salahnya bila Anda mengambil peluang bisnis membuka jasa sewa kostum atau busana. Memang modalnya tidak terlalu kecil, tapi keuntungan yang didapat terbilang menjanjikan.

Modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp. 15 juta sampai Rp. 20 juta. Dana ini untuk membeli lemari display, mannequin, gantungan baju, dan pastinya pakaian atau kostum yang berkualitas.

Harga sewa untuk gaun anak, kebaya, dll antara Rp. 60.000,- sampao Rp. 1.000.000,- (ini untuk masa pinjam 3 hari). Omset perbulan sekitar 50%-60%, ROI dapat dicapai dalam waktu 6 bulan. Agar lebih hemat, Anda bisa menjalin kerjasama dengan penjahit.

Jasa Sewa Lahan Parkir

Jasa Sewa Lahan Parkir
kaskus.id

Memiliki lahan tak terpakai di depan rumah sangat disayangkan jika lahan tersebut tidak dimanfaatkan. Terlebih rumah Anda berada di lokasi yang strategis. Seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, kantor, stasiun, terminal, sekolah, dll. Itu artinya lahan tak terpakai di depan rumah Anda tersebut bisa dijadikan sebagai lahan parkir.

Modalnya pun terbilang kecil, bahkan bisa dibawah Rp. 1 juta. Dana ini digunakan untuk meratakan lahan. Tarif yang dikenakan sekitar Rp. 2.000 sampai Rp. 7.500,-. Untuk jam parkir bisa dimulai dari pagi sampai malam pukul 8.

Lahan parkir yang dibutuhkan sekitar 1,5 meter persegi. Jadi apabila Anda mempunyai lahan seluas 25 meter persegi, maka lahan ini muat untuk 15 motor. Sebenarnya tergantung pengaturannya saja, jika jaraknya dekat, mungkin bisa muat 20 motor.

Dengan luas 25 meter persegi, diperkirakan akan mendapat penghasilan mulai dari Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000,- per hari. Jadi, omset yang akan didapat adalah Rp. 3 juta sampai Rp. 4,5 juta. Untuk jasa sewa lahan parkir ini, pastikan Anda bisa menjamin keamanan tempat parkir tersebut.

Bisnis Percetakan Digital dan Desain Grafis

Bisnis Rumahan Percetakan Digital
praktisprint.com

Bermodalkan perangkat komputer dan mesin printer, Anda sudah bisa memulai bisnis percetakan. Tidak harus dalam skala besar, Anda bisa mencetak sebanyak 200-300 lembar. Ini meliputi cetak kartu nama, foto, brosur, undangan, nota NCR, stiker, dll.

Sementara itu, modal untuk bisnis ini sekitar Rp. 7 juta. Digunakan untuk: membeli PC atau laptop berspesifikasi tinggi, Rp. 5 jutaan, membeli mesin printer beserta tinta, membeli mesin pemotong, laminator, binding, art paper, dll.

Perhitungan keuntungannya adalah:

Harga kertas dan tinta per lembarnya = Rp 300-Rp 1500

Harga cetak per lembar = Rp 600-Rp 3000

Laba bersih rata-rata sebesar 40%-50%

ROI bisa dicapai dalam waktu 4-6 bulan

Pastikan Anda memiliki kreativitas yang tinggi agar bisa menghasilkan desain yang bagus.

Jasa Event Organizer (EO)

Usaha rumahan Jasa Event Organizer
dmp-eo.com

EO ini merupakan tenaga profesional yang berperan membantu penyelenggaraan suatu acara. Misalnya: ulang tahun, pesta pernikahan, aqiqah, dll. Bisnis ini memiliki prospek yang bagus, mengingat masyarakat sekarang ini menginginkan sesuatu yang praktis.

Modal yang diperlukan untuk bisnis ini adalah tempat usaha, biaya administrasi, jaringan internet, dan profil usaha. Manfaatkan rumah Anda sebagai tempat usaha.

Karena baru merintis usaha, maka Anda membutuhkan sponsor. Siapkan modal setidaknya Rp. 5 juta untuk sewa tempat atau membeli peralatan lain. Sebagai permulaan, Anda sebaiknya memilih mengurus event yang simple saja. Seperti; ulang tahun anak, baby shower atau sweet seventeen.

Presentase laba yang diperoleh sekitar 20%-30% dari modal. Laba ini tergantung dengan besar kecilnya skala event yang ditangani.

Membuka Lembaga Kursus Akademis dan Keahlian

Usaha Membuka Lembaga Kursus
web.id.tc

Saat ini banyak orang tua yang membutuhkan lembaga bimbingan belajar untuk anaknya. Banyak sekali faktor yang melatarbelakanginya. Apapun itu, yang jelas ini adalah kesempatan bagi Anda untuk membuka lembaga kursus bimbingan belajar atau pelatihan keahlian-keahlian tertentu.

Apabila mempunyai keahlian khusus, Anda bisa menjadi tenaga pengajarnya. Pilihan kelas yang sebaiknya ada di lembaga Anda nantinya adalah; kursus akademis, kursus bahasa asing, persiapan ujian, les musik, kursus tari, kursus jahit, renang, mengemudi, melukis, menulis dan lain sebagainya.

Bisnis rumahan tidak membutuhkan banyak modal, Anda hanya perlu memulainya dengan memberikan bimbingan secara privat. Nikmati prosesnya, lambat laun semakin banyak murid, Anda bisa membuka lembaga sendiri.

One thought on “Inilah 20 Peluang Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Jadikan Pilihan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *