Contoh Surat Pernyataan Lengkap untuk Berbagai Keperluan [UPDATE]

contoh surat pernyataan

Contoh Surat Pernyataan – Surat adalah media yang digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti dalam dunia kerja dan membuat perjanjian.

Untuk anda yang mungkin sedikit kebingungan dalam membuat surat, di bawah ini adalah beberapa sampel surat.

Apakah yang Dimaksud Surat Pernyataan?

Surat pernyataan adalah surat yang ditulis dengan tujuan untuk memberitahukan bahwa seseorang telah bersepakat untuk melakukan sesuatu seperti yang ditulisnya. Surat jenis ini dapat ditulis oleh sebuah lembaga maupun seorang individu yang akan melaksanakan kesepakatan dengan pihak yang lain.

Atau bisa juga diartikan bahwa itu adalah pernyataan yang dibuat secara tertulis oleh seseorang untuk menerangkan mengenai kesanggupannya atas sebuah kesepakatan. Di lain sisi pihak lain yang bersepakatan harus berani dan mampu menanggung risiko yang ada kaitannya dengan hal itu.

Alasan Membuat Surat Pernyataan

Hal ini dilakukan supaya seluruh pihak yang berkaitan bisa menjadikan surat pernyataan itu sebagai pegangan. Itu supaya suatu saat bila ada hal atau sesuatu yang mana tidak sesuai isi surat pernyataan, surat itu bisa dijadikan sebuah dokumen pengingat.

Dan bila kasusnya termasuk penting lalu kemudian digiring ke pengadilan, maka surat pernyataan bisa dijadikan dokumen pendukung penyelesaian perkara yang melewati jalur hukum.

Manfaat surat pernyataan

  • Bagi penerima

Surat pernyataan mempunyai kegunaan sebagai barang bukti otentik pertanggungjawaban dari pihak penulis.

  • Bagi pembuat

Surat pernyataan mempunyai fungsi sebagai barang bukti penguat jika dirinya benar-benar seperti yang tertulis di dalam surat itu.

  • Bagi pihak yang dinyatakan

Bila surat dibuat oleh pihak lain, maka surat tersebut memiliki fungsi sebagai alat pengukuh atau guna memperkuat keadaan pada pihak yang diterangkan, baik positif atau negatif.

Fungsi surat pernyataan

Fungsi dari surat pernyataan adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai bentuk deklarasi seseorang untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan sesuatu sesuai dalam isi yang tertulis dalam surat.
  2. Sebagai alat pengingat untuk semua pihak yang memiliki kepentingan untuk melakukan atau mengingatkan tentang isi surat tersebut.
  3. Sebagai dokumen atau berkas pendukung alias pelengkap disaat melakukan sebuah pengurusan.
  4. Sebagai dokumen pendukung kala terjadi pelanggaran antara isi dari pernyataan dengan yang terjadi.

Lalu Apa Sajakah Ciri dari Surat Pernyataan Resmi?

  1. Memakai bahasa yang formal atau resmi dengan kalimat yang efektif dan singkat. Perlu menghindari bahasa tidak baku apalagi alay.
  2. Harus menggunakan kertas segel apabila ada aspek hukumnya. Namun boleh juga menggunakan kertas biasa, tetapi harus diberi materai.
  3. Tujuan atau maksud surat peenyataan haruslah jelas. Maksudnya siapa saja yang membaca surat tersebut akan dapat menangkap maksudnya.
  4. Ada data dari pihak yang membuat surat pernyataan. Hal itu meliputi nama, pekerjaan, dan tempat tanggal lahir.

Bentuk atau Format dari Surat Pernyataan

  1. Pembuka

Ada tulisan berupa SURAT PERNYATAAN terletak di tengah pada bagian teratas yang umumnya ditulis menggunakan huruf kapital.

  1. Isi

Berisi tentang pernyataan yang akan disampaikan. Di bagian isi juga dijelaskan tentang identitas daru pihak yang membuat pernyataan dan isi pernyataan.

  1. Penutup

Di bagian ini, terdapat tanggal dan tempat surat dibuat, dan identitas pembuat surat. Identitas yang tertera meliputi nama, nomor induk pegawai, tanda tangan dan lainya.

Cara Menulis Surat Pernyataan

Berikut adalah cara-cara menulis surat pernyataan dengan tepat dan benar :

  1. Ketahui dulu surat pernyataan tentang apa yang ingin anda buat. Apa itu mengenai piutang, kesanggupan diri, maupun lainnya.
  2. Apabila anda mengetik menggunakan laptop atau komputer, bukalah MS Word lalu ketik SURAT PERNYATAAN dengan huruf kapital dan taruh di posisi tengah pada bagian teratas.
  3. Saat membuat isi pernyataan masukkan identitas si pembuat pernyataan.
  4. Bada bagian penutup, tulis nama tempat juga tanggal surat dibuat, juga nama pembuat atau penulis surat pernyataan.
  5. Bacalah lagi surat pernyataan yang telah anda buat sebelum dicetak. Pastikan susuan atau formatnya benar.
  6. Jika anda merasa sudah pas, surat pernyataan tersebut dapat dicetak.
  7. Lalu berilah tanda tangan sesuai dengan nama yang ditulis di bagian terbawah surat.
  8. Selesai.

Jenis dari Surat Pernyataan

Surat pernyataan memiliki beberpa jenis yang di antaranya adala sebagai berikut :

  1. Surat pernyataan tentang diri
  2. Surat pernyataan mengenai kesanggupan kerja
  3. Surat pernyataan mengenai hutang
  4. Surat pernyataan mengenai status sebagai karyawan
  5. Surat pernyataan tentang kelakuan baik
  6. Surat pernyataan mengenai jual dan beli tanah
  7. Surat pernyataan tentang belum menikah
  8. Surat pernyataan mengenai kesanggupan membayar SPP
  9. Surat pernyataan mengenai kesanggupan melunasi ganti rugi
  10. Surat pernyataan tentang pematuhan aturan kerja
  11. Surat pernyataan mengenai kesanggupan mengikuti pelatihan

Banyaknya jenis surat pernyataan memang dikarenakan banyaknya urusan atau kebutuhan manusia. Supaya lebih jelas, berikut adalah contoh surat pernyataan.

Contoh dari Surat Pernyataan

  1. Surat pernyataan hutang

surat pernyataan hutang ialah surat yang mengandung pernyataan untuk menyelesaikan kewajiban mengenai hutang piutang. Umumnya pada surat pernyataan itu dijelaskan tentang jumlah hutang dan kepan hutang akan dibayar.

  1. Surat pernyataan kepemilikan harta

Isi dari surat pernyataan ini adalah pernyataan mengenai kepemilikan harta tertentu. Surat ini biasanya diperlukan ketika mengurus pajak.

  1. Surat pernyataan kelakuan baik

Biasanya surat ini diperlukan ketika akan melamar kerja, endaftar di sekolah yang lebih tinggi, maupun untuk pindah ke tempat yang baru.

Terkadang istilah pernyataan kelakuan baik rancu dengan istilah keterangan baik. Adapun bedanya adalah surat pernyataan kelakuan baik dapat ditulis oleh diri sendiri, sementara surat kelakuan baik dibuat oleh pihak selain dirinya, misal kepala desa, atasan dulu tempat bekerja, pihak kepolisian, dan lainnya.

  1. Surat pernyataan CPNS

Sesuai dengan namanya, surat ini ditulis oleh CPNS. Umumnya dipakai untuk kelengkapan ketika seseorang diterima menjadi CPNS.

  1. Surat pernyataan sekolah

Lembaga pendidikan atau sekolah biasanya kerap mengeluarkan surat pernyataan. Umumnya hal tersebut berkaitan dengan keterangan tarhadap murid-murid.

Sebuatn yang lebih tepat adalah surat keterangan sekolah. karena surat itu dikeluarkan dari pihak sekolah untuk menerangkan mengenai keadaan seorang siswa. Sementara itu, untuk sebutan atau istilah pernyataan lebih pas dibuat oleh diri murid sendiri.

Penutup

Anda dapat menggunakan contoh surat pernyataan seperti di atas setiap akan membuat surat yang dimaksud. Contoh-contoh surat pernyataan di atas juga dapat disesuaikan sesuai kebutihan, misal anda berniat untuk membuat surat pernyataan kehilangan barang sperti SIM/KTP/STNK, surat pernyataan untuk tidak lagi mengulangi kesalahan, atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *