Jual Mesin Kopi: Mesin Kopi dan Teknis Perawatannya

Jual Mesin Kopi: Jika kita mencari orang atau perusahaan yang jual mesin kopi maka kita tidak perlu merasa kesulitan. Dengan banyaknya orang yang sangat menyukai kopi, terutama di Indonesia tentunya banyak yang jual mesin kop[i dengan harga dan kualitas beraneka ragam.

Men cari orang yang jual mesin kopi sekarang dapat dilakukan dengan cara online maupun offline. Jika ingin mencari penjual secara online, kita dapat browsing melalui internet kemudian bertanya-tanya melalui nomor telepon yang ada.

Jual Mesin Kopi di Daerah Penghasil Kopi

Di Indonesia terdapat beberapa daerah yang merupakan penghasil kopi. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Aceh

Kopi yang berasal dari Aceh ini disebut dengan kopi gayo. Dinamakan kopi gayo karena ditanam di Pegunungan Gayo. Kopi Gayo memiliki ciri khas yaitu kekentalannya yang lebih ringan dan tingkat keasaman seimbang.

Kopi dari Aceh ini disajikan dengan cara yang cukup unik yaitu dengan diseduh terlebih dahulu di dalam panci sampai mendidih. Setelah itu baru dituang di dalam gelas yang sudah diberi susu dan gula.

  1. Toraja

Kopi yang berasal dari Toraja ini dinamakan kopi Toraja. Kopi ini memiliki rasa yang unik yaitu tidak meninggalkan rasa pahit. Kopi ini memiliki rasa khas tanah dengan kandungan asam yang rendah.

Penyebabnya yaitu karena dalam memetik buah kopi menggunakan teknik tertentu. Kopi Toraja biasanya ditamnam di Pegunungan Toraja Utara dan Tana Toraja.

  1. Nusa Tenggara Timur

Kopi yang berasal dari Nusa Tenggara Timur yaitu Kopi Flores atau juga disebut Kopi Bajawa. Ciri kopi ini memiliki kekentalan yang tinggi namun tingkat keasamannya rendah.

  1. Jawa

Kopi yang berasal dari Jawa memiliki dua macam varian yaitu Arabika dan Robusta. Ciri khas yang dimiliki antara lain yaitu aromanya yang nikmat, tingkat keasaman dan kekentalannya medium serta rasa yang seimbang.

  1. Bali

Kopi yang berasal dariu Bali disebut dengan Kopi Bali. Ciri khasnya yaitru memiliki biji yang besar, tingkat kekentalan dan keasamannya yang medium. Kopi Bali dibudidayakan di Kintamani.

Jual Mesin Kopi

Untuk menghasilkan kopi yang istimewa, maka kita sebaiknya juga menggunakan mesin pembuat koipi. Menggunakan mesin pembuat kopi akan terasa lebih mudah dan lebih praktis.

  1. Mesin Pembuat Kopi dan Alat Pembuat Kopi

Beberapa mesin pembuat kopi yang dapat digunakan untuk usaha yaitu sebagai berikut.

  1. Buatan Korea

Mesin buatan Korea ini dijual oleh PT. Toko Mesin Moksindo. Jika kita ingin membuka usaha untuk digunakan di kafe, hotel, restoran, maupun kantin maka mesin ini sangat cocok. Kelebihannya yaitu dapat ditempatkan di mana sajaserta memiliki 3 canister untuk 3 pilihan rasa. Cara mencucinya juga cukup mudah yaitu dengan sekali tekan saja.

  1. Buatan RRC

Model mesin pembuat kopi ini dibuat dengan ukuran mini. Tujuannya agar lebih praktis serta dapat ditempatkan dimana saja. Mesin kopi ini juga memiliki 3 tabung dengan 3 varian rasa. Alat ini dapat digunakan untuk penjualan setiap hari maupun diletakkan di kantor, kantin atau ruang tunggu. Mesin ini juga dijual oleh PT. Toko Mesin Moksindo.

  1. Harga Jual Mesin Kopi

Setelah mengetahui contoh mesin pembuat kopi, saatnya kita mengetahui harga jual mesin pembuat kopi yang ditawarkan.

  1. Mesin kopi espresso

Untuk mesin kopi espresso mempunyai harga yang bervariasi yaitu antara 4 juta hingga 9 jutaan.

  1. Mesin kopi instant

Sedangkan untuk mesin pembuat kopi instan harganya berkisar 7 jutaan.

Harga-harga yang ditawarkan akan berubah-ubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Banyaknya harga jual mesin kopi dapat kita pilih dan gunakan sesuai dengan kegunaannya.

  1. Merawat Alat Pembuat Kopi

Agar mesin pembuat kopi dapat menjadi awet maka kita juga harus tepat dalam merawatnya. Cara merawat alat pembuat kopi tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Menggunakan cuka dan air

Caranya yaitu dengan melarutkan 3 cangkir cuka dan 6 gelas air ke dalam tabung gelas coffee maker .Setelah itu tuangkan larutan tersebut ke dalam teko kopi dan lakukan dengan hati-hati. Nyalakan mesin pembuat kopi dan biarkan berputar supaya membersihkan bagian dalamnya.

Sesudah cairan tersebut rata dan menjadi bersih maka matikanlah mesin dan angkatlah kertas penyaring kopi dan juga teko yang berisi dengan larutan cuka serta air. Buang larutan tersebut dan bersihkanlah sisa larutan yang tertinggal dengan lap. Cara ini akan membersihkan sisa-sisa kopi atau kerak kopi yang menempel sehingga tetap bersih.

  1. Mengganti saringan kopi

Cara selanjutnya yaitu dengan mengganti saringan kopi lama dengan yang baru. Kertas penyaring yang terlalu lama tidak diganti akan membuat noda berkerak dan sulit untuk dibersihkan.

  1. Mendinginkan mesin pembuat kopi

Setelah mesin pembuat kopi selesai digunakan, dinginkan dan biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Jangan langsung mencucinya dengan air dingin karena akan mempengaruhi keawetan mesin pembuat kopi.

  1. Mencuci teko serta gelas ukur

Setelah semua peralatan sudah dingin, kita dapat mencuci teko  dan gelas ukur pada mesin. Cucilah menggunakan air dingin dan sabun cuci yang khusus agar peralatan tidak menjadi rusak. Setelah selesai dicuci biarkan teko dan gelas ukur kering dengan sendirinya.

Sebaiknya perawatan tersebut dilakukan secara rutin setelah pemakaian selesai. Hal ini dilakukan agar kebersihan pada mesin pembuat kopi dapat selalu terjaga. Selain itu juga dapat menjadikan mesin awet dan tahan lama. Perawatan pada mesin pembuat kopi dengan cara yang tepat dan benar akan menjadikan mesin tetap terawat dan tetap awet.

Pentingnya Mengetahui tentang Mesin Kopi dan yang Jual Mesin Kopi

Dari semua artikel ini kita dapat mengetahui banyak hal mulai dari daerah yang menghasilkan kopi terbaik di Indonesia. Dengan mengetahuinya jika kita ingin berbisnis mesin kopi atau berbisnis minuman kopi kita dapat memperoleh gambaran berbagai macam jenis kopi serta daerah penghasilnya.

Yang kedua yaitu mengetahui mesin kopi dan juga perkiraan harganya. Dengan begitu kita dapat memperoleh gambaran tentang bermacam-macam jenis mesin kopi serta kisaran harganya. Mengetahui jenis mesin kopi juga dapat kita gunakan sebagai bisnis komersial untuk mengembangkan usaha kita, baik berjualan mesinnya maupun untuk memulai berjualan kopi dengan berbagai varian rasa.

Juga tidak kalah pentingnya yaitu cara merawat mesin pembuat kopi. Cara perawatan yang salah dapat mengakibatkan mesin pembuat kopi menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama.

Di atas telah disebutkan tahapan-tahapan cara merawat mesin pembuat kopi dengan cara yang mudah dan praktis. Dengan mengikuti cara yang telah disebutkan di atas maka mesin akan menjadi terawat serta tetap bersih dan bagus walaupun sudah lama dipakai.

Demikian beberapa informasi tentang jual mesin kopi serta segala macam yang berhubungan dengan kopi yang dapat disampaikan semoga dapat menjadi manfaat.

Leave a Comment