Tips dan Trik Cara Screenshot di Laptop, Mac Screenshot dan PC Windows

Cara Screenshot di Laptop – Saat ini nyaris semua kegiatan yang dilakukan tidak bisa jauh-jauh dari smartphone, laptop atau PC. Tidak sekedar dimanfaatkan untuk mengetik surat atau tugas, kini laptop dan PC pun fungsinya semakin meluas. Inilah mengapa kadang kita juga perlu mengambil screenshot dari monitor laptop atau PC.

Cara Screenshot di Laptop
ytimg.com

Tidak sedikit hal yang akhirnya mengharuskan kita mengambil screenshot. Namun tidak semua dari kita mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot tersebut. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk mengambil screenshot pada laptop atau komputer Windows atau Mac.

Yang paling mudah dan sering digunakan adalah dengan mengandalkan kombinasi tombol yang ada pada keyboard. Ada juga cara lainnya, bisa dengan tool screen capture online atau program khusus.

Cara Print Screen di Laptop Mac

Cara Screenshot di Laptop mac
imore.com

Pengambilan screenshot di laptop atau PC dengan sistem operasi Mac menggunakan kombinasi tombol yang lebih banyak daripada Windows. Meski begitu, pengambilan screenshot tetap bisa dilakukan tanpa adanya kesulitan. Berikut adalah cara screnshoot pada laptop atau PC dengan sistem operasi Mac:

Untuk mengambil tangkapan layar dari keseluruhan layar: tekan tombol ‘Command + Shift + 3’ dalam waktu bersamaan.

Sedangkan untuk mengambil tangkapan layar dari area tertentu atau jendela layar bisa dilakukan dengan: tekan tombol ‘Command + Shift + 4’ dalam waktu bersamaan.

Kedua cara di atas bisa dilakukan ketika kita ingin mengambil screenshot di laptop atau PC dengan sistem operasi Mac. Nanti file screenshot tersebut akan tersimpan otomatis pada desktop dengan format nama seperti; “Screen shot 2017-09-30 at 08.25.00 PM.png”.

Akan tetapi, apabila kita ingin menyimpannya secara manual, cara inilah yang dapat dicoba: tekan tombol ‘Control’ bersamaan dengan kombinasi tombol di atas. Selanjutnya buka program atau lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan hasil screenshot tersebut. Jika sudah, kita bisa langsung menekan tombol ‘Command’ dan ‘V’ untuk menaruh gambar screenshot.

Cara Screenshot di Laptop atau PC Windows

Screenshot di Laptop windows
Notebooks.com

Tidak seperti cara screenshot di laptop atau PC Mac, pengambilan screenshot pada laptop atau PC Windows ini langkahnya lebih mudah. Hal ini dikarenakan hampir semua keyboard pada Windows sudah dilengkapi dengan tombol untuk print screen. Berikut adalah cara mengambil screenshot pada laptop atau PC Windows:

Tekan tombol ‘PrtScn’ jika ingin mengambil screenshot dari seluruh layar. Dan untuk mengambil screenshot dari jendela tertentu, kita bisa menekan tombol ‘Alt’ dan ‘PrtScn’.

Apabila sudah, buka program Paint, Microsoft Office atau Photoshop maupun program lainnya. Program inilah yang akan dijadikan lokasi penyimpanan screenshot-an yang sudah diambil tadi. Untuk menaruh gambar screenshot cukup dengan menekan ‘Ctrl’ dan ‘V’.

Selain menggunakan kombinasi tombol, cara lain yang dapat dilakukan untuk mengambil screenshot adalah dengan memanfaatkan software khusus. Tidak sulit menemukan software untuk screenshot, sebab sudah tersedia banyak pilihan software yang support untuk Windows maupun Mac. Tentu saja software tersebut sudah dibekali dengan keunggulan masing-masing. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi yang dapat kita coba.

Preview

Aplikasi ini menjadi aplikasi bawaan pada komputer yang mengusung sistem operasi Mac. Aplikasi ini memudahkan kita jika ingin mengambil screenshot dari seluruh layar maupun dari bagian jendela tertentu. Hasil screenshot an juga dapat kita simpan dengan beberapa pilihan format; PDF, JPG, TIFF dan lain sebagainya.

Snipping Tool

snipping tool windows 7
digitalcitizen.life

Pada komputer sistem operasi Windows 7 ke atas dapat dengan mudah kita temukan program ini. Dengan Snipping Tool kita bisa mengambil screenshot di semua area layar. Lebih dari itu, screenshot yang diambil bisa diedit terlebih dulu. Selanjutnya kita bisa menyimpan gambar hasil screenshot dengan pilihan format yang diinginkan.

FastStone Capture

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa mengambil screenshot dengan mudah dan cepat. FastStone bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada area tertentu, hingga multiple windows dan multilevel menu. Usai pengambilan screenshot, kita bisa mengunggahnya ke server FTP, memasukan pada aplikasi lain atau mengirimnya via email.

Tersedia juga fitur editing pada aplikasi ini. Salah satunya adalah fitur audio input dan fitur input caption. Namun jika ingin menggunakan aplikasi ini, kita harus membelinya terlebih dulu. Aplikasi ini juga hanya tersedia pada Windows saja.

Skitch

Aplikasi Skitch ini dapat didapatkan dengan mengunduhnya secara gratis. Tapi aplikasi ini khusus untuk perangkat yang mengusung sistem operasi Mac saja. Selain membawa tampilan yang enak dilihat, aplikasi ini juga mudah dioperasikan. Aplikasi Skitch juga dilengkapi fitur editing.

Jing

Aplikasi selanjutnya adalah Jing. Aplikasi besutan TechSmith ini memudahkan kita mengambil screenshot lalu bisa secara langsung diunggah ke berbagai macam situs; Youtube, Flickr dan lainnya. Beruntungnya, kita bisa mendapatkan aplikasi ini untuk laptop Macbook atau Windows secara gratis.

Snagit

Snagit bisa dimanfaatkan untuk mengambil screenshot dari gambar yang diam atau bergerak. Itu artinya kita juga dapat mengambil screenshot dari gambar yang bergerak maupun video. Serupa dengan aplikasi lainnya, aplikasi Snagit juga mempunyai fitur editing dan bisa langung diunggah ke situs lain.

Screenshot Dengan Menggunakan Screen Grabber Online

Cara Screenshot Grabber Online
YouTube

Ada kabar gembira bagi kita yang ingin mengambil screenshot dari website. Sebab kita tidak memerlukan bantuan aplikasi di atas, melainkan cukup mengunjungi situs Capture Full Page. Situs tersebut memudahkan kita untuk mengambil screenshot dari berbagai laman website.

Hanya dengan memasukkan alamat atau url web, lalu memilih tombol ‘Take Screenshot’ saja, kita sudah bisa mendapatkan hasil screenshot-an yang dimaksud. Selain itu, kita juga bisa mengatur ukuran gambar maupun jenis format penyimpanannya.

Demikianlah beberapa cara screenshot di laptop atau PC yang dapat kita coba. Dengan banyaknya pilihan di atas, kita bisa memilih salah satu cara yang menurut kita paling simple dan cocok dengan sistem operasi yang dimiliki Laptop atau PC milik kita.

Leave a Comment