Ikan Badut, Si Nemo Yang Gemar Petualang

Ikan Badut atau dikenal dengan nama ikan giru mempunyai nama inggris clownfish atau anemonefish adalah ikan kecil dari family Pomacentridae. Ada 28 spesies yang umum disebut ikan badut, salah satunya masuk dalam genus Premnas sedangkan sisanya masuk dalam genus Amphiprion. Ikan ini tersebar di lautan Pasifik, India, Laut Merah dan karang-karang di Australia.

Beberapa Jenis Ikan Nemo

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi ikan badut mampu melakukan perjalanan hingga 400 km layaknya seperti di serial film “Finding Nemo”. Ukuran ikan nemo ini yang berkisar antara 6-18 cm mampu mengarungi dan menghadapi bahaya di lautan luas hingga ratusan kilometer. Hal ini dibuktikan oleh pakar biologi dari Inggris, penelitian dilakukan dengan cara mengambil DNA sirip ikan badut kemudian melepaskannya kembali kelautan. Hasilnya, sang peneliti menemukan DNA ikan tersebut pada terumbu karang yang jaraknya ratusan kilometer dari tempat pertama dilepaskan.

Morfologi Ikan Badut

Secara umum ikan badut mempunyai ukuran nyang relatif kecil, ikan ini secara maksimal dapat mencapai ukuran 15-18 cm. Berwarna terang dengan bentuk tubuh yang melebar ke atas (tinggi) dan mempunyai mulut yang kecil. Untuk sisik, ikan ini memiliki sisik yang relatif besar dengan sirip dorsal yang unik. Pada umumnya ikan ini mempunyai warna kuning, orange, kemerahan dan kehitaman. Pada tubuhnya terdapat corak warna yang khas berupa garis atau bagian dengan warna putih.

Keindahan warna tubuh clownfish inilah yang menyebabkan si nemo ini menjadi favorit para pecinta ikan hias air laut. Ikan nemo ini diketahui memiliki daerah penyebaran yang cukup luas, terutama diseputar perairan Indo Pasific. Pada perairan bebas, ikan nemo ini bisa ditemui di laguna-laguna berbatu disekitar terumbu karang atau daerah dengan kedalaman kurang dari 50 meter dengan perairan jernih. Ikan nemo ini memangsa udang, algae dan zooplankton disekitar habitatnya.

Ikan badut ini melakukan simbiosis mutualisme dengan anemon laut. Anemon laut berguna sebagai pelindung bagi ikan ini dari para pemangsa, sedangkan ikan badut membantu anemon dari sisa-sisa makananya. Dari interaksi inilah yang menjadikan ikan badut juga biasa dijuluki ikan anemon (anemonefish).

Setiap jenis ikan giru mempuyai kriteria tersendiri dalam memilih anemon. Disarankan sebelumnya harus mengetahui jenis anemon yang sesuai dengan jenis ikan badut yang akan dibeli.

Perkembang biakan Ikan Badut

Ikan badut terkenal poliandri yakni, satu betina memiliki beberapa pejantan. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk berubah kelamin. Selain itu ikan ini juga memiliki hiearki sosial uang ketat. Ikan badut dapat menghasilkan telur 300-500 butir, yang diletakan pada batuh dibawah mantel anemon.

Telur-telur tersebut dijaga oleh pejantan hingga menetas. Setelah menetas, bayi ikan nemo akan berubah menjadi planton yang terbawa oleh arus perairan. Setelah tumbuh menjadi ikan nemo muda, si ikan akan mencari anemon sebagai rumah barunya.

1 thought on “Ikan Badut, Si Nemo Yang Gemar Petualang”

Leave a Comment