Ikan Botia Macracanthus, Si Loreng dari Indonesia

Jenis Ikan Botia Macracanthus

Botia Macracanthus atau sering disebut dengan botia Sumatra atau botia macan mempunyai lain Botia macracantha atau clown loach ini termasuk jenis ikan hias air tawar yang dapat kita jumpai di sungai Batanghari, jambi dan sungai barito, Kalimantan.

Botia macracanthus diketahui di ekspor ke luar negeri pada tahun 1935 dan sampai sekarang banyak penggemar ikan hias mancanegara yang menyukai ikan botia jenis ini. Ikan botia termasuk ikan yang mempunyai umur panjang. Di alam liar botia bisa hidup sampai 20 tahun dan bisa mencapai panjang 30-40 cm, sedangkan bila diperlihara dalam akuarium dapat mencapai panjang 11-20 cm.

Morfologis Botia Macracanthus

Dilihat pada situs Wikipedia.org, Botia Sumatra ini masuk class Actinopterygii, family Botiidae, Genus Chromobotia dengan species C.Macracanthus. Di habitat aslinya, botia hidup disungai yang mengalir. Disarankan akuarium dilengkapi dengan arus buatan apabila ingin memelihara ikan jenis ini. Ikan ini hidup pada selang pH 6 – 7.5 dengan kesadahan 8 – 12 dH dan suhu 24 – 26 derajat Celcius.

Ciri morfologis ikan botia mempunyai bentuk tubuh yang memanjang agak pipih ke samping dengan ditutupi sisik halus (sikloid), bentuk kepala meruncing pipih kearah mulut dan mempunyai empat pasang sungut. Mempunyai patil / duri dibawah mata yang akan keluar bila dalam keadaan bahaya. Sirip dada dan sirip perut berpasangan sedangkan sirip punggung tunggal dan sirip ekor bercagak dalam.

Warna dasar ikan ini berwarna kuning keemasan dan terdapat dua sampai tiga lingkar warna hitam membalut tubuhnya, dilihat sekilas seperti menyerupai pita yang melingkari tubuhnya sampai ke sirip atas dan pangkal ekor, pita hitam paling depan melingkar melewati mata.

Perilaku dan Pakan Botia Macracanthus

Ikan ini senang bergerombol dengan 5 ekor atau lebih, dan sering menghabiskan waktu bersembunyi di dibawah tanaman atau celah celah kayu dalam akuarium. Botia macan juga kerap ditemui sedang mencari makanan didasar atau substrat. Botia macracanthus termasuk ikan karnivora , sehingga perlu pakan dengan protein tinggi seperti cacing beku, daging udang, cacing sutra, artemia, ataupun pakan buatan pabrik. Usahakan pada saat pemberian pakan dengan jumlah sedikit tapi dengan tenggat waktu pendek (sering).

One thought on “Ikan Botia Macracanthus, Si Loreng dari Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *