Khasiat Daun Sirih yang Seringkali Dilupakan

khasiat daun sirih bagi kesehatan

Sebelum kita mengetahui khasiat daun sirih, alangkah baiknya kalian mengetahui dengan kebiasaan menyirih nenek-nenek dan kakek-kakek kita zaman dulu. Sirih yang dicampur dengan, pinang, gambir, kapur dan tembakau membuat mulut mereka jadi merah-merah, seakan-akan terlihat menjijikkan, tetapi sebetulnya itu memiliki banyak khasiat.

Ternyata khasiat daun sirih yang digunakan untuk menyirih atau nginang (jawa) sangat menyehatkan, khususnya pada gigi dan gusi, walaupun rata-rata mereka telah berumur di atas 50 tahun, tetapi dengan kebiasaan menyirih ini membuat gigi mereka tidak tanggal satupun. Namun sayangnya, tidak banyak yang mampu meniru kebiasaan ini, generasi sekarang tidak tahu apa manfaat dari menyirih ini

Ini Dia Khasiat Daun Sirih yang Seringkali Dilupakan

khasiat daun sirih untuk wanita
khasiatdaun.comS

Nah, karena itu mari kami perkenalkan khasiat daun sirih yang telah teruji kesehatannya, selain untuk menguatkan gigi dan gusi, pastilah ada khasiat lainnya yang mungkin belum banyak diketahui, apa sajakah khasiatnya?

Jenis Daun Sirih

Jika kita hanya tahu daun sirih hanyalah yang berwarna hijau, sebetulnya ada juga sirih merah dan sirih hitam, masing-masing warna ternyata memiliki kandungan khasiat yang berbeda, nah, yang akan kita bahas adalah kandungan dari sirih hijau. Namun sebelumnya patut diketahui juga jika sirih hijau memiliki warna hijau muda, mengkilat dan segar, sirih merah ada tekstur kemerahannya dan sirih hitam dominan dengan warna hitamnya

Kandungan Daun Sirih

Sirih hijau bernama latin Piper betle Linn, dengan genus Piperaceae, termasuk tanaman yang merambat pada tanaman lain, sirih hijau kaya akan kandungan minyak atsiri, fenil propana, estragol kavicol, hidroksikavicol, taninm diastease, pati terpennena dan gula. Karena kandungan minyak atsirinya yang banyak, dapat berfungsi sebagai anti jamur yang baik

Bagaimana Cara Memanfaatkan Daun Sirih

Daun sirih yang biasanya dimanfaatkan untuk menyirih, dapat dicampurkan dengan pinang, gambir, kapur, kapulaga, keempat bahan tadi bisa dicampur dan dibungkus dengan daun sirih dan dioleskan pada gigi hingga warnanya berubah, atau dikunyah terus menerus hingga warna giginya bisa berubah, setelah itu menyirih dapat diakhiri dengan berkumur-kumur untuk menghilangkan remahan tadi, sekaligus untuk membersihkan gigi dan gusi kembali. Efek dari menyirih ini sedemikian nikmatnya, yakni mulut kita jadi segar seperti baru saja mengunyah permen mentol, dan gigi kita jika kita mengaca pada cermin nampak lebih putih dan kuat.

Apa Saja Khasiat Menyirih Lainnya?           

  1. Mengobati keputihan
  2. Sakit gigi
  3. Gusi Bengkak
  4. Obat semprot hama
  5. Sariawan
  6. Bau mulut tak sedap
  7. Demam Berdarah
  8. Melancarkan haid
  9. Penghilang bau badan
  10. Eksim dan penyalit kulit
  11. Asma, sesak nafas dan radang tenggorokan
  12. Mimisan
  13. Membersihkan mata
  14. Diare
  15. Luka bakar
  16. Mengusir serangga
  17. Memperlambat penuaan
  18. Sembelit
  19. Mengurangi radang
  20. Batuk
  21. Sakit punggung dan pegal linu
  22. Menghilangkan jerawat dan bekas luka

Alangkah banyaknya khasiat daun sirih yang bisa kita ketahui, namun tidak semuanya menggunakan tehnik yang sama untuk dapat mengambil khasiatnya, melainkan tergantung dari jenis sakitnya. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa bertanya pada para ahli terkemuka.

Namun jika anda masih tidak menemukan seseorang yang dapat anda ajak konsultasi, kini sirih telah diekstrak berbentuk obat, entah itu berupa cairan atau minyak yang kesemuanya untuk mempermudah pasien yang ingin memanfaatkan khasiat daun sirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *