Sejuta Manfaat Daun Sirsak yang Baik Untuk Kesehatan

manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Daun sirsak biasanya hanya menjadi sesuatu yang dipandang sebelah mata, setelah buahnya matang maka pohon dan daunnya dibiarkan saja. Tapi belakangan ini daun sirsak naik ke pentas medis, menjadi salah satu obat herbal untuk mengobati macam-macam penyakit. Di balik daunnya yang nampak sederhana, manfaat daun sirsak benar-benar mengagumkan.

Menurut penelitian para ahli pada tahun 1965, rupanya zat dalam daun sirsak sepuluh ribu kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit kanker jika dibandingkan dengan kemoterapi! Bahkan menurut penelitian yang sama diketahui bahwa kandungan zat-zat di dalam daun sirsak mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan melemahkan selnya. Penasaran dengan manfaat daun sirsak lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

cara mendapatkan manfaat daun sirsak
tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
  1. Diabetes

Jika ingin memanfaakan daun sirsak untuk menyembuhkan diabetes, caranya adalah dengan membersihkan dua atau lima helai daun sirsak, direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Jangan dulu diangkat sebelum menyusut sampai satu gelas. Kemudian konsumsi secara rutin segelas demi segelas tiap pagi dan malam hari.

  1. Asam Urat

Asam urat akan menyusahkan penderitanya, bukan hanya tak bisa menyantap makanan berkolesterol, namun juga tak bisa berjalan karena rasa sakit dan ngilu di sendi tertentu. Cara mengobatinya adalah dengan merebus enam helai daun sirsak dalam dua gelas air mendidih, setelah susut segelas, konsumsi air rebusannya dua kali sehari.

  1. Menghindarkan Sakit Punggung

Untuk mengobati sakit punggung, butuh dua puluh helai daun sirsak dalam lima gelas air. Seperti biasa, tunggu sampai menyusut sampai tersisa sekitar tiga gelas saja. Lantas sekali sehari diminum sebanyak tiga perempat cangkir.

  1. Obat Bisul

Siapa yang mau disiksa dengan bisul? Lebih baik segera obati dengan menggunakan daun sirsak yang masih muda. Bersihkan lima sampai sepuluh helai daun sirsak, haluskan sampai lumat dan tempelkan pada bisul sampai mengering. Lakukan berulang tiap hari sampai bisul sembuh.

  1. Obat Kanker

Daun sirsak sebagai obat kanker sudah menjadi buah bibir, khasiatnya juga sudah terbukti nyata. Siapkan tiga gelas air, lalu rebus sepuluh lembar daun sirsak dan didihkan sampai segelas saja. Jangan lupa, konsumsi dua kali sehari. Cobalah terapkan selama dua minggu lebih dulu, dan lihat perkembangannya.

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati cacingan, menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan stress, menghambat terjadinya mutasi gen, membantu untuk menyehatkan jantung, meredakan rasa nyeri, melebarkan pembuluh darah yang menyempit, menguatkan pencernaan, mampu menekan peradangan, menghambat penyebaran parasit dan juga bisa membantu penuaan dini atau terjadinya keriput di kulit.

Kandungan Alami Dalam Manfaat Daun Sirsak

manfaat daun sirsak untuk kecantikan
manfaatdaunsirsak.com

Begitu banyak ragam manfaat daun sirsak untuk kesehatan, cara mengolah daun sirsak untuk mendapatkan khasiatnya. Mengapa daun yang tekstur permukaannya halus mengkilap itu begitu multi manfaat? Sebab di balik daun berwarna hijau gelap itu mengandung berbagai kandungan penting, seperti senyawa linoleic acid, annomuricin, annocatalin, annomuricin, muricapentocin, anonol, annohexocin, acetogenins dan aneka senyawa lainnya.

Nah, itulah berbagai kandungan senyawa dalam daun sirsak, senyawa yang dapat mengobati berbagai penyakit, baik itu penyakit yang ringan bahkan berat sekalipun. Selain itu juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Maka karena itu, jangan sampai penyakit lebih dulu menggerogoti kesempatan hidup kita, segera basmi dengan manfaat daun sirsak. Jangan lupa untuk dikonsumsi rutin dan imbangi dengan gaya hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *