Kumpulan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

khasiat temulawak untuk kesehatan

Khasiat Temulawak: Temulawak banyak digunakan sebagai tanaman herbal untuk menambah nafsu makan, tapi ternyata selain fungsinya tersebut ada khasiat lain untuk kesehatan kita. Temulawak yang merupakan obat herbal asli Indonesia ini salah satu tanaman temu-temuan, berbentuk akar dan rimpang alias batang di bawah tanah. Bagian itulah yang kemudian digunakan untuk membuat obat tradisional. Khasiat temulawak ini yang paling utama adalah untuk pencernaan, meningkatkan nafsu makan anak dan beberapa khasiat penting lainnya.

Jika ingin menanam temulawak di rumah, ketahuilah bahwa temulawak hidup di daerah yang mencapai 5-750 meter di atas permukaan laut. Jadi pastikan tempat tinggal kita tidak termasuk dataran tinggi, sebab temulawak tak akan mau tumbuh. Jika temulawak ditanam dalam media yang tepat dan ketinggian yang pas, maka khasiat temulawak yang akan kita dapatkan juga lebih maksimal.

Kandungan Senyawa di Balik Khasiat Temulawak

Selain untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, temulawak juga bisa memelihara fungsi hati, mengurangi radang sendi, mengatasi aneka masalah dalam pencernaan, membantu untuk menurunkan lemak darah kita, serta bisa juga untuk melawan kanker jika dikonsumsi dengan takaran serta ramuan yang tepat. Hati-hati saat membedakan kunyit dan temulawak ya? Sebab keduanya begitu mirip!

Ada satu kandungan dalam temulawak yang membuatnya menjadi tanaman obat yang sangat populer, yakni kurkuminoid. Merupakan kandungan zat kuning yang disebut juga kurkumin. Lantas seperti apa mekanisme kerja kurkuminoid kurkumin ini? zat yang dapat menurunkan SGOT dan SGPT hingga mencapai tingkat normal ini, meningkatkan sekresi cairan empedu yang fungsinya mengemulsikan lemak. Selain itu juga bisa menurunkan lemak darah dan hepatoprotektor. Kemudian minyak atsiri dalam temulawak memiliki efek untuk merangsang produksi empedu dan juga merangsang sekresi pankreas. Bahkan mempunyai kemampuan sebagai bakterisid dan melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Khasiat Temulawak Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja kandungan senyawa di dalam temulawak, maka kita bisa mengerucutkannya pada beberapa fungsinya untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa, silahkan disimak :

  • Untuk menyembuhkan hepatitis

Untuk mendapatkan kembali tubuh sehat tanpa hepatitis, sebaiknya segera siapkan dua jari temulawak, kemudian dicuci bersih dan kupas kulitnya. Iris-iris lalu rebus bersama dengan setengah liter air sampai mendidih betul. Jangan lupa tambahkan sedikit gula aren supaya rasanya lebih nikmat. Rebus sampai airnya menyusut, minum dua kali sehari sampai sembuh.

  • Redakan sakit asma

Asma akan sangat menyusahkan karena bisa mengurangi kebebasan kita saat berolahraga, sebab napas akan tertahan akibat asma. Maka segera basmi penyakit sesak napas ini dengan cara menyiapkan setengah rimpang temulawak yang sudah dicuci bersih, dikupas dan iris tips kemudian rebus bersama lima gelas air. Didihkan hingga air tersisa setengahnya, diminum tiga kali sehari hingga membaik.

  • Mengobati sakit ginjal

Bahkan penyakit ginjal pun bisa diobati dengan temulawak. Caranya hampir sama namun tambahkan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus bersama empat gelas air, didihkan sampai airnya tersisa setengah saja. Lantas rebusan ini diminum sebanyak tiga kali sehari sampai penyakit ginjal sembuh total.

  • Atasi bisul

Siapa yang mau bersusah-susah dengan bisul di salah satu bagian tubuhnya? Segera atasi dengan ramuah herbal temulawak. Caranya merebus temulawak bersama dua gelas air dan campur dengan gula aren, rebus sampai menyusut dan tambah satu ibu jari asam jawa, minum saat hangat kuku.

Demikian adalah sebagian kecil dari khasiat temulawak yang sudah familiar di masyarakat. Tapi tidak menutup kemungkinan, selama masih dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tanaman herbal yang satu ini, maka kita akan menemukan lebih banyak lagi khasiat dari temulawak untuk semua penyakit di permukaan bumi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *