Sejuta Kasiat Daun Kelor yang Baik Untuk Kesehatan

Jika kita sering mendengar peribahasa yang mengatakan dunia tak selebar daun kelor, tentu kita dapat membayangkan seperti apa bentuk daun yang banyak terdapat di Indonesia ini. Berbeda dengan bentuknya yang kecil, daun kelor ternyata memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Wajar jika banyak ilmuan menyebut daun kelor sebagai pohon keajaiban atau miracle tree. Khasiat daun kelor sudah mulai diteliti sejak tahun 1980. Bahkan organisasi kesehatan dunia WHO sangat menganjurkan anak-anak dan bayi yang masih dalam masa pertumbuhan untuk banyak mengkonsumsi daun ini dikarenakan khasiat daun kelor yang luar biasa. Diketahui jika daun kelor memiliki kandungan gizi berlipat dibandingkan makanan lain seperti diantaranya:

  • Mengandung Potasium tiga kali lipat dibanding pisang
  • Mengandung Kalsium empat kali lipat dibanding susu
  • Memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lipat dari jeruk
  • Mengandung vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari wortel
  • Juga memiliki dua kali lipat protein dibanding susu.

Khasiat daun kelor sendiri diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengatasi alergi

Untuk mengobati alergi dengan daun kelor, caranya dengan mengambil tujuh helai daun kelor lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan satu siung bawang merah dan air sebanyak tiga gelas. Rebus air ramuan daun kelor sampai mendidih dan airnya menyusut sampai hanya tersisa kira-kira dua gelas saja. Saringlah air rebusan daun kelor dan minum setiap hari secara rutin.

  1. Herpes, kurap dan luka bernanah

Caranya, ambil tujuh helai daun kelor lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan pada bagian yang terkena penyakit.

  1. Rematik, pegel linu dan nyeri pada persendian

Ambillah dua helai daun kelor, tambahkan setengah sendok makan kapur sirih, tumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian tubuh yang merasa sakit dan nyeri.

Selain dapat menyembuhkan penyakit-penyakit di atas, khasiat daun kelor juga sangat ampuh sebagai upaya pencegahan penyakit mematikan diantaranya:

  1. Penyakit jantung

Melalu studi penelitian yang diterbitkan pada Februari 2009 oleh Journal of Medicinal Food, menemukan bahwa khasiat daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung dan memberi antioksidan.

  1. Anti kanker

Penyakit mematikan selanjutnya yang digadang-gadang merupakan pembunuh nomor satu ini juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun kelor. Khasiat daun kelor sebagai anti kanker telah diujikan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan Juni 2011 oleh jurnal Food and Chemical Toxicology. Ekstrak yang dihasilkan dari daun kelor dapat membunuh sel dini serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Masih banyak khasiat daun kelor seperti anti diabetes dan membantu mengurangi penyakit arthritis. Namun sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi daun kelor sebagai obat alami, ada yang perlu kita ketahui tentang efek samping dari mengkonsumsi daun kelor.

Daun kelor aman untuk dikonsumsi sebagai minuman atau makanan jika digunakan dengan tepat. Bagian daun, biji dan buah mungkin aman dikonsumsi, namun tidak untuk akarnya. Akar daun kelor tidak boleh dimakan karena mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Untuk daunnya sendiri belum ada informasi yang menguatkan jika daun kelor dikonsumsi dalam jumlah obat. Oleh karena itu, disarankan ketika kita hendak mencoba mengkonsumsi daun kelor sebagai upaya pengobatan, jangan berlebihan. Daun kelor juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, terdapat penelitian yang mengatakan daun kelor baik bagi ibu menyusui untukmeningkatkan produksi asi. Namun informasi tersebut masih lemah.

Demikian informasi tentang khasiat daun kelor. Semoga memberi manfaat dan menambah wawasan kita.

Leave a Comment