Peta Indonesia Revisi Terbaru 2017

peta indonesia revisi terbaru

Peta Indonesia – Pada 14 Juli lalu sempat tersiar kabar yang cukup mengejutkan. Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman mengungkapkan bahwa peta baru NKRI sudah diterbitkan.

Perubahan yang dilakukan pada peta tersebut sudah disepakati sebelumnya, dimana sudah didapatkan persetujuan batas wilayah yang meliputi negara-negara tetangga. Pada peta versi terbaru ini kita akan melihat bahwa wilayah Indonesia terlihat lebih luas.

peta indonesia

Arif Havas Oegroseno yang juga merupakan deputi bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim menyebutkan beberapa perubahan yang ada pada peta terbaru tersebut.

Inilah 5 Perubahan Peta Indonesia Terbaru

Perubahan Batas Antara Indonesia dengan Filipina di Laut Sulawesi

peta indonesia terbaru 2017
Perbatasan RI dengan Filipina di utara Sulawesi (Gambar: Kemenko Kemaritiman)

Jika di peta yang lama kita akan menemukan batas yang ditandai dengan garis putus-putus, maka di versi terbaru ini garis tersebut sudah menyatu. Hal ini berdasarkan kesepakatan ZTE antara Indonesia dan Filipina.

Perubahan Batas dengan Palau

batas Indonesia dengan Filipina
Perbatasan RI dengan Palau peta lama (Gambar: Kemenko Kemaritiman)
peta indonesia 2017
Perbatasan RI dengan Palau, peta baru (Gambar: Kemenko Kemaritiman)

Di peta versi lama, batas wilayah Indonesia terlihat melengkung dikarenakan adanya dua pulau milik Palau. Namun di peta baru ini wilayah Palau sudah ditutup sebab ini merupakan batas ZTE (Zona Tangkap Ekslusif) dan menjadi wilayah perairan Indonesia. sementara itu dua pulau kecil (Pulau Tobi dan Helen) yang semula adalah milik Palau kini ditandai luasan 12 nautical mile.

Perubahan ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif) Indonesia di Selat Malaka

peta indonesia lama 2017 malaka
Perbatasan RI di selat Malaka, peta lama (Gambar: Kemenko Kemaritiman)
peta indonesia baru 2017 malaka
Perbatasan RI di selat Malaka, peta baru (Gambar: Kemenko Kemaritiman)

Di peta terdahulu belum ditetapkan ZEE antara Indonesia dengan Malaysia. Hingga kini negoisasi di peta baru masih berlangsung, disini Indonesia mengatkan bahwa ZEE kebih maju dan menekan ke sisi Malaysia. Tujuan ditetapkannya garis batas ini adalah supaya kapal-kapal yang melakukan patroli di perbatasan semakin dimudahkan.

Perubahan Nama Laut di Natuna

peta indonesia baru 2017 natuna
Nama laut di utara Natuna (Gambar: Kemenko Kemaritiman)

Di peta terdahulu laut Natuna ditandai dengan garis laut teritorial serta laut kepulauan saja, namun di peta baru ini laut Natuna di sebelah utara dinamakan Laut Natuna Utara. Sebelumnya laut ini juga sudah sering melakukan aktivitas eksplorasi migas dengan memakai nama Natuna Selatan dan Utara.

Perubahan Batas Laut Teritorial di Perbatasan Selat Riau

peta indonesia terbaru 2017 riau
Dua karang yang diperjelas dalam batas wilayah RI (Gambar: Kemenko Kemaritiman)

Di Selat Riau terdapat dua karang kecil yang merupakan milik Malaysia dan Singapura. Tapi hanya sedikit yang mengetahui perihal ini. Dua karang yang dimaksud adalah Pedra Branca dan South Ledge. Jika South Ledge sudah menjadi milik Singapura, namun Pedra Branca ini masih dalam proses negoisasi antara Singapura dan Malaysia.

Pada peta indonesia lama kita akan melihat bahwa ukuran karang tersebut sangat kecil namun diberi batas yang luas. Sedangkan di peta indonesia baru dua karang kecil ini ditandai dengan bulatan sebagai tanda jika karang ini bukanlah bagian dari wilayah Indonesia dan ditambahkan alokasi wilayah kurang lebih selebar 500 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *