Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar [Update]

Contoh Surat Pengunduran Diri – Anda ingin mengundurkan diri dari tempat kerja yang sekarang dan berencana mencari pekerjaan di tempat lain? Setiap apapun ada prosedurnya, dulu ketika Anda bekerja di tempat yang sekarang, Anda menyerahkan aplikasi berupa surat lamaran kerja. Demikian pula ketika ingin berhenti bekerja, Anda harus membuat surat pengunduran diri. Meski hanya berbentuk surat, namun ini adalah salah satu bentuk etika yang harus diperhatikan.

contoh surat pengunduran diri
suherlin.com

Dalam prosesnya, menjalani sebuah pekerjaan memang tidak selalu mulus dan mudah. Beruntungnya, banyak pengalaman baru yang bisa diingat dalam perjalanan karir ini. Apalagi jika sekarang adalah pengalaman kerja pertama kali bagi Anda, tentulah tempat bekerja yang sekarang adalah awal mula perjalanan karir yang baik. Akan tetapi ada kalanya Anda juga akan dihadapkan pada resiko yang bisa saja terjadi sewaktu – waktu, yakni PHK atau pemutusan hubungan kerja.

Belum lagi apabila Anda sudah terlanjur nyaman bekerja di tempat kerja, pasti berat jika harus berhenti karena ada PHK. Meski tidak menampik ada pula dari Anda yang mungkin saja sudah jenuh dan ingin mengundurkan diri. Ya, tidak ada yang salah ketika Anda berharap untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dibandingkan yang sebelumnya.

Kembali lagi pada contoh surat pengunduran diri. Saat tekad Anda untuk berhenti bekerja sudah bulat, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat surat pengunduran diri untuk kemudian diajukan kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Surat pengunduran diri atau surat resign ini ditulis oleh Anda yang disini menjadi karyawan atau pegawai. Selanjutnya, surat resign tersebut harus disampaikan kepada pimpinan perusahaan. Pada dasarnya, surat pengunduruan diri ini berisi pernyataan yang menegaskan bahwa Anda ingin berhenti bekerja di perusahaan terkait.

Mengenai penulisannya, penulisan surat pengunduran diri hampir serupa dengan penulisan surat lamaran kerja. Walapun demikian, alangkah lebih baik apabila Anda mencari contoh surat pengunduran diri kerja guna dijadikan panduan dalam membuat surat resign yang baik dan benar. Bacalah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja agar Anda lebih paham tentan cara penulisannya.

Surat pengunduran diri tergolong surat resmi. Karena hal ini pula lah Anda disarankan mencari contoh surat pengunduran diri kerja supaya tidak salah dalam menulis surat resmi. Mengingat surat resmi memiliki unsur – unsur yang perlu diperhatikan, jadi menulisnya pun tidak boleh asal – asalan. Tentu Anda sudah paham bahwa surat resmi umumnya dibuat oleh sebuah instansi, kepentingan dinas, organisasi dan lainnya. Meski begitu perorangan pun juga bisa membuatnya.

Beruntungnya bagi Anda yang ingin resign, kini sudah ada beberapa perusahaan yang sudah menyediakan surat resign. Perusahaan tersebut sudah mempunyai format surat tersendiri sehingga Anda bisa langsung menggunakan format tersebut. Karena ini adalah surat resmi, maka contoh surat pengunduran diri dari perusahaan tersebut umumnya menggunakan format yang meliputi; pembuka, isi, dan penutup.

Dari ulasan di atas Anda bisa mengerti bahwa surat pengunduran diri merupakan surat resmi dan dapat digunakan untuk keperluan kelompok, instansi, maupun perorangan sebagai upaya menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan.

Tips Membuat Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Tips Surat Pengunduran Diri
sahabatnesia.com

Inilah Tips Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar sehingga nantinya bisa dijadikan contoh dalam penulisan surat resign itu sendiri.

Dalam penulisan surat pengunduran diri, Anda harus menyebutkan tanggal dan waktu. Tulis juga referensi pemberitahuan seperti yang dimuat dalam kontrak kerja, dan jangan lupa untuk menyampaikan apabila masih ada kontrak kerja hingga batas periode yang ditentukan.

  1. Isi surat pengunduran diri harus disampaikan dengan ringkas dan jelas. Tidak perlu bertele – tele dan melebar kemana – mana.
  2. Sampaikan ucapan terimakasih yang Anda tujukan pada pimpinan, perusahaan hingga karyawan.
  3. Ucapkan permohonan maaf untuk perusahaan, pimpinan maupun karyawan yang lain.

Pada intinya adalah, Anda tidak perlu menjabarkan segala alasan yang membuat Anda ingin keluar dari perusahaan. Cukup sampaikan secara ringkas dan jelas. Termasuk mengucapkan terimakasih dan memohon maaf.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri

Dalam proses penulisan surat pengunduran diri, Anda harus memakai tata krama dan kesopanan. Hal ini dimaksudkan agar pihak perusahaan dapat menerima keputusan Anda tanpa ada kesalahpahaman sedikitpun. Mengingat perusahaan tersebut adalah bagian dari proses hidup Anda, maka hubungan dengan perusahaan yang ditinggal harus tetap terjalin baik.

Perlu diingat juga bahwa yang Anda tulis adalah surat pengunduran diri, jadi tidak perlu menggunakan bahasa yang alay atau merangkai kata – kata indah ya, cukup sampaikan dengan singkat dan jelas. Apabila ingin menyampaikan ucapan perpisahan dan lainnya bisa Anda sampaikan secara langsung kepada orang yang bersangkutan. Tidak perlu ditulis dalam surat pengunduran diri.

Inilah contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda jadikan referensi

Kepada Yth,
Kepala HRD PT. Alam Tani
Jln. Indah ria km. 1 Jakarta Barat
Jakarta, 1 Agustus 2017
Dengan hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Alam Tani berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja. Yang bertanda yangan dibawah ini:

Nama: :
Departemen :
Jabatan :
No. Karyawan :
Alamat :

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Alam Tani terhitung sejak 19 Juni 2017 dengan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Alam Tani yang telah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada teman-teman sejawat yang sudah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan baik itu pada perusahaan maupun pada teman-teman. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta memberikan semua.

Saya memiliki harapan bahwa PT. Alam Tani menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.

Hormat saya,

Rahman

Kepada
Yth,
Direktur HRD PT. …..
Di tempatDengan hormat,Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. …….. Berdasarkan Surat Kesepakatan bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :
Departemen :
Jabatan :
No. Karyawan :

Mengajukan pengunduran diri dari PT. ……………… dengan alasan kesehatan dan keluarga ….(sebutkan alasan lain sesuai dengan kondisi anda)… surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Jakarta, 1 Agustus 2017

(……………………)

August 1, 2017
Mrs. Melanie Hammer, Manager
Powerfull Recruiters Ltd.
8595-Sunset Road
New Rochelle, NY 10801Dear Mrs hammer,Please accept this letter as the resignation of my position as Recruiter, effective Juni 19, 2017. I am offering two weeks notice – this will give you an opportunity to find a suitable replacement. If you would like, I am more than willing to provide training and orientation to the newcomer. My decision to resign was finalized after long and carefull consideration of all factors. I regret leaving friend here; more home. I feel the change will be beneficial to my long-term career goals and objectives. I assure you that I will complete any outstanding projects and business affairs before my departure – the transition will be handled professionally to ensure no internal or external problems.Again, it has been a pleasurable learning experience working as part of your team and I wish nothing, but success for Powerfull Recruiters Ltd.

Sincerely,

Rahman

Enclosure: Resume

Terdapat banyak contoh surat pengunduran diri yang ditulis dengan berbagai format. Tidak perlu bingung melihat banyaknya format yang digunakan. Sebab contoh-contoh surat pengunduran diri itu sifatnya hanya untuk dijadikan referensi saja. Yang terpenting adalah, berikan kesan yang baik di akhir perjalanan karir Anda di perusahaan tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa mencari pekerjaan dengan membuat surat lamaran kerja di perusahaan lain dengan mudah. Cukup mengirimkan daftar riwayat hidup atau membuat CV, wawancara dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang baru.

Demikianlah ulasan tentang contoh surat resign kerja yang baik dan benar. Sebelum menulis contoh surat pengunduran diri, pastikan Anda sudah memikirkan matang – matang terkait keputusan untuk berhenti bekerja tersebut ya.

3 thoughts on “Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar [Update]”

Leave a Comment