Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah Internet dan pengertian internet – Setiap harinya kita membutuhkan dan senantiasa berkutat dengan internet. Tapi sayangnya banyak dari kita yang belum tahu mengenai sejarah internet itu sendiri. Duh, berasa jadi kacang lupa kulit ya. Kita hanya menggunakan dan memanfaatkan tanpa tahu apa sejarahnya. Untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dan perkembangan internet.

Sejarah Internet dan pengertian internet
Youtube.com

Pengertian Internet

Internet merupakan kependekkan dari Interconnection-networking. Secara umum dapat dikatakan bahwa internet adalah suatu sistem global dari seluruh jaringan komputer dan saling terhubung satu sama lain dengan memanfaatkan Standard Internet Protocol Suite (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) sehingga dapat melayani lebih dari milyaran user dari seluruh penjuru dunia.

Sejarah internet

Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika sukses membangun sebuah jaringan komputer yang kemudian kita kenal sebagai ‘Internet’  dengan sebuah proyek ARPA yang selanjutnya disebut Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET. Melalui sebuah saluran telepon serta media software-hardware dengan platform UNIX, kita bisa dengan mudah melakukan komunikasi jarak jauh tanpa batas.

Awalnya, proyek internet ini dilakukan untuk kebutuhan Departemen Pertahanan Amerika yang ketika itu militernya merancang sistem jaringan komputer dan memencarnya lalu menyambungkan beberapa perangkat komputer di daerah-daerah penting guna menghindari adanya ancaman serangan serta mencegah adanya informasi terpusat.

Mulanya ARPANET menyambungkan empat situs; University of California, Stanford Research Institute, University of Utah, dan Santa Barbara. Kemudian pada tahun 1969 mereka merancang suatu jaringan terpadu. Selanjutnya ARPANET diperkenalkan ke khalayak pada Oktober 1972.

Usai diperkenalkan ke publik, ternyata kehadiran internet ini mendapat sambutan yang baik dari berbagai pihak. Alhasil internet berkembang pesat di wilayah-wilayah tersebut. Mulailah bermunculan permintaan dari universitas yang tertarik untuk bergabung dengan negara Amerika. Dari sinilah kemudian ARPANET dibagi menjadi 2, MILNET dan ARPANET kecil.

Khusus pengguna militer disediakan MILNET dan untuk non-militer (universitas atau sekolah) disediakan ARPANET. Lalu keduanya digabung menjadi satu dan disebut DARPA Internet hingga akhirnya disederhanakan lagi menjadi Internet, sepeti yang kita kenal sekarang.

Internet Ditinjau Dari Segi Teknis dan Ilmu Pengetahuan

Internet secara teknis didefinisikan sebagai jaringan komputer dunia yang menyambungkan berjuta-juta perangkat komputer sehingga bisa digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi.

Sedangkan dari sudut pandang ilmu pengetahuan, internet dikatakan sebagai perpustakaan besar elektronik. Orang dapat dengan mudah mengunjungi perpustakaan tersebut kapanpun dan dimanapun selama tersedia perangkat komputer dan smartphone yang tersambung dengan jaringan internet.

Perkembangan Internet

Beralih pada perkembangan internet. Mengingat awalnya internet hanya berkembang di Amerika Serikat, kini internet sudah menjangkau ke semua negara yang ada di dunia ini. Terdapat banyak protokol yang digunakan dalam pengoperasian internet tersebut. Protokol-protokol tersebut antara lain: DNS, TCF, SSL, IP, Telnet, FTP, SSH, HTTP, HTTS, UDP, POP3, SMTP, dan IMAP.

Sementara itu, layanan-layanan internet yang memanfaatkan protokol tersebut adalah surat elektronik (surel). Kita lebih mengenalnya sebagai email, Usenet, Newsgroup, IRC, File Sharing, WWW dan lainnya.

Email dan WWW adalah yang paling sering digunakan. Lebih dari itu, internet juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan antar dua atau lebih user dengan mengandalkan aplikasi pengiriman pesan instan; MSN, YM, Facebook, Camfrog, Twitter, hingga Pidgin dan masih banyak aplikasi kekinian yang memiliki fungsi dan tujuan yang nyaris sama dan sama-sama membutuhkan internet sebagai koneksi utamanya.

Pengaruh internet terhadap ilmu pengetahuan terbilang cukup besar. Hal ini karena user bisa dengan mudah mengakses Google sehingga dapat mencari dan menemukan setiap informasi yang dibutuhkan. Bahkan bisa dikatakan bahwa Google lebih lengkap daripada koleksi buku di perpustakaan. Inilah mengapa pembelajaran tidak cukup mengandalkan textbook saja.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Internet telah menjangkau semua negara dari berbagai belahan dunia. Tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri internet sudah merambah ke semua kalangan. Bukan hanya orang dewasa saja yang dekat dengan internet, bahkan kini anak-anak kecil pun sudah akrab dengan internet ini.

Apalagi untuk mengakses internet tidak harus menggunakan perangkat komputer, hanya dengan berbekal smartphone saja kita sudah bisa mengakses internet tanpa kendala.

Pada tahun 2015 lalu tercatat bahwa pengguna internet di Indonesia telah menjadi negara ke-6 terbesar setelah Jepang. Bahkan jumlah pengguna internet ini terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini sebenarnya sudah terlihat di depan mata, coba pergi ke tempat umum dan perhatikan sekitar kita.

Nyaris setiap orang sibuk memainkan gadgetnya. Jangankan mereka yang di tempat umum, kita saja yang di rumah hampir-hampir tidak pernah jauh dari gadget.

Nah, sekarang kita sudah tahu kan bagaimana sejarah internet dan pengertian internet? Dengan begitu setidaknya kita menjadi tahu darimana asal muasal internet yang setiap hari digunakan.

Leave a Comment