Cara Cepat Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word [Mac & Windows]

Cara membuat daftar isi – Hal yang sering dikeluhkan ketika membuat atau mengedit sebuah dokumen adalah membuat daftar isi. Hal ini wajar adanya sebab tidak sedikit dari kita yang kesulitan membuat daftar isi. Apalagi jika daftar isi yang akan dibuat merupakan daftar isi dari dokumen yang isinya ratusan lembar.

cara membuat daftar isi otomatis di ms word

Bagi kita yang sudah bisa membuat daftar isi tidak akan kesukaran dalam membuat daftar isi tersebut. Namun lain halnya dengan kita yang belum mengerti cara membuat daftar isi dengan cepat dan mudah. Alih-alih cepat selesai, daftar isi pun tak kunjung selesai dibuat.

Tak perlu gusar akan mengalami keribetan saat membuat daftar isi dalam Microsoft Word. Sebab kini kita dapat membuat daftar isi hanya dengan beberapa klik saja. Bahkan saat kita mengubah dokumen tersebut, maka Microsoft Word akan memperbarui daftar isi secara instan.

Menariknya lagi, Microsoft Word telah mencakup semua hyperlinks ke berbagai sesi dalam daftar isi yang dibuat sehingga dapat pula dimanfaatkan untuk membuat dokumen online maupun pdf yang bisa ditelusuri dengan mudah.

Pada dasarnya cara membuat daftar isi tidaklah sulit untuk dilakukan. Hanya saja kita kesulitan untuk membuat daftar isi tersebut bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu dalam artikel kali ini kami akan memberikan tutorial membuat daftar isi dengan cepat dan mudah serta acceptable pada semua versi Microsoft Word.

Cara Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word

Terdapat beberapa cara untuk membuat daftar isi. Namun ada 2 cara yang disarankan:

  • Membuat daftar isi secara otomatis melalui style bawaan
  • Membuat daftar isi secara manual (buatan sendiri)

Kedua cara ini dapat dilakukan pada Windows maupun Mac. Yang paling sering digunakan adalah membuat daftar isi dengan style bawaan. Teknik ini dinilai paling cepat sehingga sering dijadikan alternatif dalam membuat daftar isi.

Sebaliknya, cara membuat daftar isi melalui style buatan sendiri dinilai membutuhkan waktu yang sedikit lama. Namun tidak ada salahnya apabila kali ini kita ingin menggunakan dua cara sekaligus.

Usai memiliki daftar isi dalam sebuah dokumen, kita bisa memformatnya dengan style buatan sendiri.

Bagaimana Membuat Daftar Isi Buku Yang Rapi

Sebelum mengubah apapun yang ada di dalam dokumen, sebaiknya kita membuat gambaran tentang pengaturan daftar isi tersebut. Seperti; halaman 1 sebagai judul, halaman 2 blank document (nanti akan diisi daftar isi), halaman 3 pendahuluan dan seterusnya. Ketika kita terus scroll ke bawah, tetap perhatikan perubahan header dan subheader yang terformat.

cara membuat daftar isi
Buku teks memiliki heading level 1, 2 dan 3

Sementara cara melihat struktur sebuah dokumen dapat dilakukan dengan menggunakan Navigation Pane (Document Map Pane – dalam versi Mac).

Sedangkan pada windows, kita dapat masuk ke tab View, lalu klik check box guna mengaktifkan Navigation Pane.

Navigation pane merupakan cara yang benar untuk melihat keseluruhan dokumen

Lalu pada PC atau Laptop dengan sistem Mac kita dapat meng-klik tombol sidebar untuk memunculkannya. Apabila sidebar menampilkan thumbnail, search pane atau reviewing tools, klik panah bawah di samping tombol sidebar kemudian pilih Document Map Pane.

cara membuat daftar isi ms word
Di versi Mac, gunakanlah ‘Document Map Pane’ untuk menjelajah keseluruhan dokumen

Apabila sudah, kembali ke tab Home lalu perhatikan styles box yang terdapat pada ribbon, kemudian klik item pada pane untuk menelusuri isi buku. Perhatikan item pada bagian sebelah yang diurutkan menggunakan angka.

Catatan: Saat membuat dokumen, cara mudah untuk membuat style heading 1, 2, 3 dst dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl-Alt-1, Ctrl-Alt-2, dan Ctrl-Alt-3 (atau Command-Opt-1, Command-Opt -2, dan Command-Opt-3 pada Mac).

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan Header Styles Bawaan

Jika ingin membuat daftar isi menggunakan styles bawaan, kita bisa meng-klik pada bagian tas halaman 2. (Catatan: Untuk sistem Windows bisa dengan menekan Ctrl-G, ketik angka 2 dan tekan Enter. Sedangkan pada sistem Mac bisa dengan menekan Command-Opt-G, ketik angka 2 lalu Enter).

Untuk Windows, pilih tab References yang ada di ribbon, pilih tombol Table of Contents, lalu pilih satu dari 2 tabel built-in yang ada. Selalu ingat jika thumbnails yang menunjukkan Headings 1, 2 dan 3 juga akan disertakan.

Hal yang sama juga berlaku untuk Mac. Pertama kita harus masuk ke menu Insert – Index and Tables, lalu pilih satu format dan klik OK. Pada kotak ini pula akan ditampilkan jika Headings 1 sampai 3 akan diikutkan.

cara membuat daftar isi menggunakan header
Anda bisa membuat daftar isi dengan cepat hanya dengan memilih template yang tersedia

Apabila sudah dipilih, selanjutnya daftar isi yang sudah disetting akan dimulai pada halaman 2, dan Microsoft Word akan memasukkan beberapa halaman secara otomatis. Jika perangkat kita menggunakan Windows, kita bisa menekan Ctrl dan meng-klik salah satu item, kombinasi ini akan memasukkan hyperlink ke dalam dokumen.

Cukup mudah dan sederhana. Meski begitu ada satu kendala dimana seharusnya ada bagian Pendahuluan yang dimasukkan ke dalam daftar isi. Selain itu, sebelum Appendix A1 harusnya ada heading untuk Appendix.

Cara Membuat Daftar Isi dari Custom Style (Style Buatan Sendiri)

Kelebihan dari Microsoft Word adalah ia mampu menampilkan style apapun dalam suatu daftar isi. Kita hanya perlu mengatur seperlunya. Lebih dari itu kita juga bisa memperbarui daftar isi tersebut. Lebih mudah dan praktis sebab kita tidak perlu menghapus lalu mengulang dari awal.

Untuk membuat daftar isi dengan style buatan sendiri pada Windows, kita bisa memulai dengan membuka tab References. Selanjutnya pilih Table of Contents, lalu klik Custom Table of Contents.

Sedangkan pada Mac, kita bisa membuka menu Insert lalu memilih Index and Tables. Selanjutnya, pada Table of Contents, pilih Options.

Dari kombinasi ini tadi didapati apabila style Heading 1 akan mempunyai daftar isi level 1, style Heading 2 akan mempunyai daftar isi level 2, dst.

table of content
tutsplus.com

Telusuri ke bagian bawah daftar, lalu pada box “Large Heading” ketikkan a 1 guna menjadikannya sebagai level 1. Catatan: level pada daftar isi bisa jadi berasal lebih dari satu style.

daftar isi otomatis
tutsplus.com

Setelah itu pilih OK yang ada pada Options, selanjutnya pilih OK (lagi) di kotak dialog TOC. Saat Microsoft Word menampilkan pesan yang memerintahkan kita untuk mengganti tabel, segera pilih “Yes”. Kita sudah bisa memasukkan Pendahuluan dan Appendix.

cara mudah membuat daftar isi
tutsplus.com

Mengupdate Daftar Isi Secara Manual

Apabila di lain kesempatan kita ingin memperbarui daftar isi secara manual, kita bisa menuju halaman 4 lalu pada bagian atas halaman ganti Preface dengan Forward. Gunakan style Large Heading.

Selanjutnya kembali pada bagian atas daftar isi dan klik lagi. Pilih Update Table pada daftar isi atau pada tab References, lalu pertama berganti menjadi entry Forward. Untuk sistem Mac, klik kanan pada bagian daftar isi lalu klik Update Field dari Pop-up menu.

mmebuat daftar isi skripsi
tutsplus.com

Mengubah Style Daftar Isi

Pada masing-masing heading level daftar isi memiliki style sendiri dan terpasang otomatis. Lalu yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengganti formatting style itu guna mengubah tampilan daftar isi.

  1. Untuk Windows, pilih tab References, klik Table of Contents lalu pilih Custom Table of Contents. Sedangkan untuk Mac, pilih Insert – Index and Tables. Lalu di bagian kiri, klik format yang dipasang, selanjutnya klik Modify.
  2. Di dialog Table of Contents, pilih Modify, selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog yang menampilkan nama serta formatting style untuk heading level daftar isi.
  3. Pilih TOC 1
  4. Lalu klik Modify yang ada pada bagian bawah kemudian kotak dialog Modify Style akan muncul.

cara membuat daftar isi di ms word

Pilih style dengan Helvetica atau Arial, 12 points dan bold. Lalu pilih OK.

membuat daftar isi mudah

Lakukan langkah yang sama untuk style TOC 2 dan TOC 3 sehingga daftar isi akan terlihat seperti di bawah ini.

tutsplus.com

Catatan:

Tidak perlu bingung ketika kita mengatur daftar isi untuk dokumen yang panjang. Untuk Windows maupun Mac, kita bisa memasukkan daftar isi hanya dengan beberapa klik saja, dan selanjutnya mengandalkan kotak dialog yang sama guna mengubah formatting.

Namun yang perlu dijadikan catatan adalah, jangan langsung menggunakan formatting ke dalam daftar isi. Apabila kita menghendaki merubah isi dokumen, hindari meng-klik bagian atas daftar isi maupun memperbaruinya.

Itulah Cara membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Words, semoga bisa membantu Anda dalam mengerjakan skripsi maupun dokumen lainnya.

Leave a Comment