Pemanasan Global, Penyebab, Dampak, Proses Terjadinya Pemanasan Global

Pemanasan Global – Belakangan ini isu akan adanya pemanasan global atau global warming kembali menyeruak. Pemanasan global yang merupakan peningkatan suhu rata-rata di seluruh permukaan bumi, tepatnya pada bagian atmosfer, daratan hingga lautan. Hasil studi menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 100 tahun terakhir bumi mengalami peningkatan suhu hingga 0,18 derajat celcius.

pemanasan global
snopes.com

Pada awal abad ke 20 suhu di bumi sudah mulai mengalami peningkatan. Hal ini diakibatkan efek dari zat gas rumah kaca yang merupakan hasil dari ulah tangan manusia. Peningkatan suhu ini membuat naiknya permukaan air laut, perubahan jumlah, perubahan cuaca ekstrim hingga pola presipitasi.

Bukan hanya itu, akibat adanya pemanasan global juga mengancam hasil pertanian. Dimana nantinya hasil pertanian menjadi kurang bagus, beberapa spesies binatang punah hingga gleteser di kutub menghilang.

Global warming ini sudah menjadi masalah serius di dunia, jadi saat ini semua negara di dunia mulai gencar mengatur penggunaan emisi gas rumah kaca. Salah satu buktinya adalah dengan adanya penandatangan protokol Kyoto guna mengurangi emisi gas rumah kaca tersebut.

Penyebab Pemanasan Global

Bicara tentang penyebab pemanasan global ini terbilang cukup kompleks dan mungkin saja akan bertambah apabila manusia tidak mau menekan kebutuhannya. Sebab tidak dipungkiri bahwa penyebab pemanasan global ini sebenarnya dimulai dari aktivitas manusia yang tidak memperhatikan betul bagaimana keadaan lingkungan, rumah, alam hingga kebijakan pemerintah pun menjadi salah satu sebab adanya pemanasan global.

Lebih lengkapnya, berikut akan diulas mengenai penyebab pemasanan global.

  1. Menjamurnya bangunan dengan konsep rumah kaca

rumah kaca penyebab pemanasan global
pixabay.com

Benar, apabila rumah kaca memiliki tampilan yang lebih indah. Bahkan semakin hari semakin banyak gedung-gedung tinggi yang memanfaatkan kaca sebagai dindingnya. Padahal ini dampaknya sangat buruk. Sebab dinding kaca ini tidak dapat menyerap sinar matahari namun justru memantulkannya ke udara. Inilah yang menjadikan lingkungan semakin terasa panas.

  1. Kurangnya pepohonan

dampak pemanasan global kurang pepohonan
lahiya.com

Begitu besar peran pepohonan bagi manusia. Pepohonan akan menjadikan lingkungan lebih sejuk dan menyehatkan sebab pohon menghasilkan oksigen yang dapat dihirup. Selain itu, pepohonan juga berperan mengurangi suhu panas serta menghirup CO2 dimana CO2 ini menjadi salah satu penyebab global warming.

Tapi kini lahan-lahan kosong sudah habis karena diubah menjadi bangunan-bangunan dan gedung-gedung tinggi. Terbatasnya tanah inilah yang pada akhirnya membuat kita kesulitan menanam pohon di pekarangan rumah. Lebih dari itu, masih banyak oknum tak bertanggung jawab yang dengan secara liar menebang pepohonan.

  1. Penggunaan listrik berlebihan

Penggunaan listrik berlebihan
cloudinary.com

Semakin banyaknya alat elektronik yang ada secara tidak langsung sudah mendorong manusia untuk lebih boros dalam menggunakan listrik. Apalagi ada yang dengan tidak pedulinya menggunakan listrik padahal alat-alat elektoronik tersebut tidak sedang digunakan. Hal ini menjadikan energi yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik semakin bertambah.

Jangan karena kita punya banyak uang lantas bisa seenaknya menggunakan listrik. Sebab pemakaian listrik yang berlebihan akan meningkatkan pemanasan global. Inilah alasan mengapa PLN sering mengingatkan masyarakat untuk selalu bijak dalam menggunakan listrik.

Penyebab Pemanasan Global dari Lingkungan Masyarakat

  1. Asap pabrik

Asap pabrik
refahairifa.blogspot.com

Selain bangunan rumah kaca, penyebab lain yang datang dari lingkungan masyarakat adalah adanya asap pabrik. Memang pabrik ini bisa menyerap tenaga kerja, tapi tak dapat dipungkiri pula bahwa asap pabrik ini juga menjadi penyebab pemanasan global.

  1. Jumlah kendaraan yang terus bertambah

kendaraan yang terus bertambah penyebab pemanasan global
tirto.id

Selain asap pabrik, banyaknya jumlah kendaraan juga turut andil menjadi penyebab meningkatnya pemanasan global. Hasil pembakaran dari kendaraan bermotor ini tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga memperparah global warming. Lebih dari itu, penggunaan energi juga akan meningkat. Jadi, jumlah kendaraan yang terus bertambah ini tidak hanya menimbulkan kemacetan, tapi juga membuat suhu panas di bumi meningkat.

  1. Pembakaran hutan

Pembakaran hutan pemanasan global
lampost.co

Pembakaran hutan tidak hanya mengakibatkan banjir. Sebab lebih dari itu pembakaran hutan yang ‘katanya’ bertujuan untuk membuka lahan pertanian malah merusak ekosistem hutan sebab kita pun tidak akan mendapatkan udara yang bersih mengingat pepohonannya sudah dimusnahkan.

Penyebab Pemanasan Global dari Alam

  1. Bumi yang menua

Bumi yang menua
brilio.net

Menurut perkiraan, bumi sudah berusia 4,6 milyar. Bahkan bumi sudah didiami dan dihidupi beberapa generasi. Sejak generasi nabi Adam hingga abad 21 dan tidak terhitung lagi jumlahnya. Adanya generasi-generasi ini tentu menimbulkan perubahan pada lingkungan. Salah satunya adalah pemanasan global itu sendiri.

  1. Lapisan ozon menipis

Lapisan ozon menipis pemanasan global
fe101.net

Lapisan ozon berperan membantu memfilter sinar matahari supaya gelombang berbahaya tidak sampai ke bumi. Namun dikarenakan adanya gas yang ada di udara, maka ini mengakibatkan kebocoran pada lapisan ozon. Mirisnya lagi, kebocoran ozon ini terjadi setiap saat, dan untuk mengembalikannya seperti semula memerlukan waktu yang sangat lama. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti lapisan ozon akan benar-benar musnah.

Penyebab Pemanasan Global dari Pemerintah

Selain akibat dari aktivitas manusia dan alam, pemanasan global juga disebabkan oleh peran pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan. Inilah beberapa kebijakan yang turut mempengaruhi pemanasan global.

  1. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor
faktadki.com

Kebijakan pemerintah dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki kendaraan bermotor menjadikan masyarakat bisa dengan leluasa membeli dan mengendarai motor. Bukan hanya membuat macet, tapi hasil pembakarannya juga membuat pemanasan global meningkat.

Di samping itu, sedikitnya transportasi umum yang disediakan pemerintah membuat masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Tentu saja ini akan meningkatkan gas CO2 ke udara.

  1. Kurangnya ruang terbuka hijau

Kurangnya ruang terbuka hijau pemanasan global
voanews.com

Masyarakat perkotaan sangat membutuhkan ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi keluarga saat akhir pekan. Ruang terbuka hijau juga akan berperan menjadi pengendali banjir serta meminimalisir zat yang dapat memperparah pemanasan global. Sayangnya, masih sangat sedikit otonom daerah yang sadar akan pentingnya ruang terbuka hijau ini.

Dampak Pemanasan Global

Dampak pemanasan global – dampak pemanasan global mengancam keberlangsungan hidup manusia, tumbuhan dan hewan. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Dampak pada lautan

mencairnya es kutub utara efek pemanasan global
simomot.com

Akibat mencairnya es di kutub akan menyebabkan air laut mengalami peningkatan. Kenaikan air laut ini bisa saja akan mencapai bagian sungai dan akhirnya timbullah banjir air pasang. Ini akan membuat ekosistem pantai terganggu, bahkan pulau-pulau dan pantai akan tenggelam.

  1. Dampak pada daerah kutub

mencairnya gunung es
papasemar.com

Es yang ada di daerah kutub akan lebih cepat memanas dan mencair daripada es yang ada di bagian lainnya. Hal ini menjadikan gunung-gunung es akan mencair dalam kurun waktu yang cukup singkat. Daratan akan kian menyempit karena tertutup air, perubahan iklim terjadi dimana-mana.

Negara yang umumnya mengalami hujan salju tiba-tiba tidak akan mengalami hujan salju lagi. Pegunungan yang sebelumnya diselimuti salju akan terlihat karena saljunya mencair. Tak ketinggalan, banyak pantai dan pulau yang terancam hilang.

  1. Dampak pada pertanian

Dampak global warming pada pertanian
blog.act.id

Memang pada beberapa negara akan merasa diuntungkan akan adanya pemanasan global ini sebab negara tersebut akan mengalami curah hujan tinggi dan masa tanam akan lebih lama. Tapi, keadaan ini akan membuat masyarakat yang tinggal di daerah gurun kesulitan.

Dimana mereka umumnya memanfaatkan air irigasi dari daerah gurun, namun karena salju lebih cepat mencair, maka mereka akan melewatkan masa tanam karena kehabisan air sehingga tidak ada yang dapat digunakan untuk menanam tumbuhan.

  1. Dampak pada kesehatan manusia

global warming pada kesehatan manusia
blog.act.id

Pemanasan global akan menjadikan manusia lebih rentan terserang berbagai macam penyakit menular. Demam berdarah, malaria, hingga banyak nyawa yang hilang karena dehidrasi tinggi. Polusi udara tentu saja mengganggu kesehatan pernapasan manusia. Demam kuning, kanker kulit, katarak hingga melemahnya sistem imun juga menjadi dampak akibat adanya pemanasan global.

  1. Dampak pada binatang dan tumbuhan

global warmimg pada binatang dan tumbuhan
melinweb.com

Binatang dan tumbuhan menjadi makhluk yang paling tidak berdaya menghindari akibat pemanasan global. Tanaman akan berusaha menyesuaikan dengan lingkungan, tapi karena cuaca ekstrim yang tak kunjung usai pun menyebabkan tanaman menjadi mati.

Begitupula dengan binatang, binatang akan berusaha melakukan migrasi untuk menemukan sumber makanan, tapi karena sulitnya bertahan hidup, bukan tidak mungkin akan membuat binatang mengalami kepunahan.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Proses Pemanasan Global
mbojo.files.wordpress.com

Proses terjadinya pemanasan global – Pemanasan global ini bermula dari sinar matahari yang menyinari seluruh bagian bumi. Panas dari matahari ini akan diserap oleh bumi dan sebagiannya lagi dikembalikan ke atmosfer.

Akan tetapi, karena di atmosfer terdapat banyak gas efek rumah kaca; gas karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), metana, uap air dan lainnya dapat mengakibatkan panas matahari tidak mampu keluar dari bumi dan justru terperangkap, kondisi ini akan membuat panas matahari memantul ke bumi lagi.

Apabila hal ini terjadi setiap hari, maka akan bertambah banyak sinar matahari yang masuk ke bumi. Keadaan ini menjadikan semakin banyak gas tidak bisa dikembalikan ke atmosfer, alhasil bumi pun semakin panas. Inilah yang kemudian dinamakan pemanasan global atau global warming.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Mengatasi Pemanasan Global
valnafitie.files.wordpress.com

Cara mengatasi pemanasan global – Pemanasan global ini bisa diatasi jika semua orang di seluruh bumi ini mau melakukan upaya-upaya untuk mengurangi penyebab pemanasan global. Tapi, hal ini tidak serta merta mudah. Jadi, solusinya, sebaiknya kita mulai melakukannya dari skala terkecil. Yakni dengan memulainya dari diri kita sendiri, lalu pelan-pelan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama.

  1. Jangan membuang sampah organik secara sembarangan. Sebab sampah-sampah ini dapat menghasilkan gas metana yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global.
  2. Bijak dalam menggunakan listrik merupakan salah satu usaha untuk mengatasi pemanasan global. Jadi, mulai sekarang bijaklah dalam menggunakan listrik. Matikan listrik jika tidak digunakan dan gunakan alat elektronik seperlunya saja.
  3. Lakukan perawatan pada kendaraan. Saringan pembuangan pada kendaraan yang rutin dibersihkan tidak akan menghasilkan zat emisi yang berbahaya bagi kesehatan dan juga lapisan ozon.
  4. Tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilitas jarak dekat. Manfaatkan sepeda pancal atau cukup berjalan kaki untuk bepergian jarak dekat.
  5. Melakukan penanaman pohon bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi global warming. Tanamlah pepohonan yang bisa hidup bertahun-tahun supaya membantu menyerap zat CO2 dengan maksimal.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai pemanasan global hingga cara mengatasi pemanasan global. Begitu besarnya dampak pemanasan global terhadap keberlangsungan kehidupan di bumi, untuk itu marilah kita sama-sama menjaga lingkungan dan bijak dalam melakukan berbagai aktivitas yang bisa saja menjadi penyebab adanya global warming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *