Cara Mengatasi Rambut Kering Menjadi Sehat dan Lembab

Mengatasi rambut kering sebetulnya sangat mudah, tinggal bagaimana kemauan kita untuk berburu tehnis dan metodenya yang banyak tersedia di internet, apalagi sekarang zamannya teknologi informasi, informasi apapun bisa didapatkan dengan mudah, termasuk informasi untuk mengatasi rambut kering menjadi hitam dan lembab

Sebenarnya banyak cara mengatasi rambut kering dikarenakan kebiasaan kita yang mungkin terlalu sering mengeringkan rambut kita dengan hair dryer, atau salah memakai shampoo, memakai kondisioner terlalu banyak sehingga bukannya rambut menjadi lembab malah semakin kering. Juga paparan sinar matahari yang terus menerus membuat rambut semakin kering dan mudah patah.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Kering Menjadi Hitam dan Lembab

Seperti apa cara mengatasi rambut kering? Sebelumnya kita harus meninggalkan kebiasaan kita yang menjadikan rambut kita jadi kering terlebih dulu, misalnya keramas yang terlalu sering dengan dry shampoo tanpa diimbangi dengan vitamin dan pelembab rambut seperti yang terdapat dalam makanan dan berbagai macam vitamin. Lantas seperti apa cara mengatasi rambut kering menjadi hitam dan lembab?

Menutupi rambut

merawat rambut kering
anekatop10.com

Salah satu cara agar rambut tetap lembab adalah dengan menutupi mahkota kita tersebut dengan kain atau apapun yang dapat menghindari langsung dari paparan sinar matahari. Walaupun rambut itu mahkota tetapi kita tak ingin mahkota yang dipamerkan itu nantinya justru cepat rusak, itulah yang harus dipahami wanita untuk menutup rambutnya agar tidak cepat rusak. Tetapi pastikan sebelum menutupinya rambut kita dalam keadaan kering, sehingga tidak muda berbau, lepek atau lembab.

Hindari Styling Rambut

mengatasi rambut kering hindari styling rambut
matrix.com

Seperti apapun bentuk rambut anda, itulah yang terbaik karunia Tuhan. Entah itu rambut lurus, keriting, bergelombang atau mengombak, semua adalah unik dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Syukuri itu dan tak usah berlebih-lebihan dengan menata rambuit dengan gaya aneh-aneh  yang nantinya justru berpotensi untuk merusak rambut anda. Peralatan styling rambut seperti alat penjepit rambut untuk rebounding misalnya, itu justru merusak rambut dalam waktu lama karena mengandung panas yang tidak aman untuk rambut

Memberikan Vitamin Rambut

vitamin untuk rambut kering
hariangadis.com

Vitamin rambut yang ada di shampoo-shampoo belum tentu cukup untuk mengatasi rambut yang kering dan cepat rusak, karena telah mengalami proses olahan pabrik, dan bisa jadi itu mengandung kimia berbahaya. Atau itu hanya dibesar-besarkan khasiatnya, tetapi sesungguhnya hanya untuk melariskan produknya. Tetapi jika anda memakainya langsung dari buah-buahan, dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, itu jauh lebih bermanfaat. Buah alpukat dan jeruk nipis bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rambut kering dan rusak. Baik alpukat atau jeruk nipis, caranya cukup dengan mengoles-oleskan pada bagian rambut yang rusak atau kering tersebut dan mendiamkannya selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih, dan dikeringkan, lakukan selama beberapa kali sampai terasa hasil perbedaannya.

Madu dan Lemon

lemon untuk rambut kering
lifehack.org

Cara ini sangat efektif untuk mengatasi rambut kering. Anda bisa mencampur madu dan lemon dengan takaran masing-masing 2 sendok makan. Lalu campurlah kedua bahan tersebut dengan rata, setelah itu oleskan merata pada rambut anda dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 30 menit, agar hasil maksimal tutuplah rambut anda menggunakan handuk atau shower cup. Setelah 30 menit, bilas rambut anda dengan air hangat sampai bersih. Terapkan cara ini 2 minggu sekali secara rutin, hingga rambut anda menunjukkan perubahan menjadi lembab dan sehat kembali.

Minyak Zaitun

khasiat minyak zaitun untuk rambut kering
ekesehatan.com

Minyak zaitun dikenal mempunyai banyak manfaat, dan juga ampuh untuk mengatasi rambut kering. Minyak Zaitun mempunyai kandungan vitamin E dan Antioksidan yang dapat membantu melembabkan rambut yang kering serta menyehatkan rambut yang rusak. Penggunaanya adalah dengan mengoleskan pada rambut secara merata dan kulit kepala sambil dipijat dengan lembut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan air dan keramaslah. Anda dapat menggunakan cara ini 1 kali dalam 2 minggu, sampai hasilnya terlihat.

Mayones

mayones untuk rambut kering
de.wikihow.com

Mayones umumnya dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan, selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi rambut kering. Mayones memiliki kandungan asam lemak yang berguna untuk melembabkan rambut. Penggunannya adalah dengan mengoleskan mayones pada rambut seusai keramas, namun keringkan dahulu rambut anda. Oleskan mayones pada rambut secara merata dengan takaran 1 sendok makan, lalu bungkus rambut anda dengan shower cup atau handuk. Diamkan hingga 20 menit, lalu bersihkan rambut anda dengan shampoo. Sebaiknya gunakanlah samphoo bayi yang lembut atau sampo herbal.

Kurangi Pemakaian Hair Dryer

bahaya hair dryer untuk rambut
breaktime.co.id

Penggunaan hair dryer terlalu sering untuk mengeringkan rambut dapat membuat  rambut menjadi rusak dan kering. Sebaiknya keringkan rambut menggunakan cara alami yaitu dengan menggunakan kipas angin. Jika anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mengeringkan rambut secara alami, maka anda dapat menggunakan hair dryer dan sebaiknya berikan rambut anda vitamin agar rambut anda terlindungi.

Merawat Rambut Kering

cara merawat rambut kering
vemale.com

Rambut kering rawan sekali patah atau rontok, karena itu hindari untuk menggaruk-garuk kulit kepala yang bisa membuat rambut menjadi cepat rontok. Balut rambut anda dengan handuk kering sesudah keramas, sambil itu anda bisa melakukan aktivitas yang lain dengan rambut terikat handuk.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rambut kering, bisa anda coba di rumah, tips diatas aman bagi anda yang mengalami rambut rusak. Sayangi rambut anda dengan merawatnya dengan baik agar senantiasa sehat dan berkilau.

Leave a Comment