Inilah 20 Inspirasi Konsep Desain Rumah Minimalis yang Dapat Anda Jadikan Referensi

Desain Rumah Minimalis – Tentu Anda sudah sering mendengar mengenai desain minimalis. Tapi tahukah Anda siapa kah yang mulanya menemukan desain rumah minimalis tersebut?

Sebenarnya desain rumah minimalis ini terinspirasi dari Zen, seorang pria Jepang yang pada saat itu berpendapat bahwa semakin sedikit perlengkapan atau furnitur di dalam suatu rumah, maka penghuni rumah tersebut akan semakin nyaman dan tenang tinggal di dalamnya.

desain rumah minimalis

Inilah alasan mengapa hingga kini konsep desain rumah minimalis identik dengan minimnya jumlah perabotan yang diaplikasikan pada rumah.

Walaupun penggunaan perabotan harus ditekan seminim mungkin, Anda masih tetap bisa memiliki hunian modern yang elegan. Nah, jika kali ini Anda sedang berencana membangun rumah minimalis, mungkin desain-desain rumah minimalis di bawah ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Rumah Minimalis Dengan Gaya Eropa

Desain Rumah Minimalis Eropa
ytimg.com

Rumah minimalis dengan gaya Eropa ini cukup mudah untuk diterapkan pada rumah Anda nanti. Dengan memvariasikan gaya atap dan jendela serta penggunaan cat warna putih untuk bagian eksterior, maka rumah minimalis bergaya Eropa Anda akan menjadi hunian yang terkesan mewah. Namun pastikan Anda membuat perencanaan yang matang dan rapi agar rumah idaman bisa diwujudkan.

Rumah Minimalis Sederhana Tipe 60

rumah minimalis type 60
designrumah.co.id

Rumah minimalis tipe ini identik dengan rumah yang ruangannya lebih luas dan lapang. Hindari mendekorasi bagian luar rumah secara berlebihan dan aplikasikan palet warna muda seminimal mungkin..

Desain  Rumah Minimalis Mewah Dilengkapi dengan Kanopi Minimalis

Rumah Minimalis Kanopi

Usai merancang rumah minimalis, tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan kanopi di bagian depannya. Kanopi ini tidak hanya berfungsi sebagai atap pelengkap saja, melainkan juga bisa menjadi dekorasi.

Desain Rumah Minimalis dengan Menambahkan Batu Alam

Rumah Minimalis batu alam
100desainrumah.com

Apabila Anda menyukai rumah yang lebih terkesan menyatu dengan alam, Anda dapat memvariasikan tekstur dinding luar rumah menggunakan batu alam. Dengan batu alam ini rumah akan terlihat lebih natural. Tambahkan taman mini dengan beberapa tanaman hijau supaya rumah tampak lebih asri.

Rumah Minimalis Bernuansa Alam dan Batu Bata

Rumah Minimalis Bernuansa Alam
dekorrumah.net

Memiliki rumah yang asri dan sejuk adalah keinginan banyak orang. Untuk itu coba aplikasikan batu bata pada sepertiga bagian dari eksterior rumah. Dan lengkapi pula dengan taman yang dipenuhi berbagai macam tanaman.

Rumah Minimalis Warna Monokrom Gelap

Rumah Minimalis Warna Monokrom Gelap

Mempunyai rumah minimalis tidak harus diaplikasikan dengan warna cat yang cerah atau warna-warna yang menonjol. Lebih dari itu Anda justru bisa menerapkan warna monokrom gelap pada rumah impian. Varian warna yang bisa dipilih adalah abu tua, abu muda, dan putih.

Rumah Minimalis 3 Tingkat dan Dinding Berlapis Kayu

Rumah Minimalis Geometris 3 lantai
rumahminimalisbagus.com

Ingin rumah yang lebih elegan? Mungkin Anda bisa memadukan dua warna kayu yang berbeda. Ini akan menjadikan rumah memiliki nilai keindahan lebih. Diperlukan konsistensi untuk menggunakan lis hitam di bagian pagar, jendela, dan pintu.

Rumah Minimalis Geometris 3 Tingkat

Rumah Minimalis Geometris 3 lantai
rumahminimalisbagus.com

Bagi Anda yang mempunyai jumlah anggota keluarga yang besar tapi tidak memiliki lahan yang cukup. Maka memilih rumah minimalis geometris 3 tingkat adalah yang paling disarankan. Rumah ini nantinya akan ditambah dengan balkon teralis minimalis yang akan menghadirkan udara segar. Bahkan Anda juga bisa membuat taman mungil di atas balkon. Semakin asri dan menyegarkan.

Desain Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai

Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai
rumah.top

Bagi Anda yang tidak menyukai rumah bertingkat juga bisa memiliki rumah minimalis idaman yang bernuansa modern. Rumah 1 lantai yang dipadukan dengan warna cat putih pada bagian eksteriornya lalu menambahkan aksen batu alam atau batu bata akan menjadikan rumah semakin terlihat menarik.

Rumah Minimalis Putih Klasik Modern

Rumah minimalis klasik modern
desain-minimalis.com

Rumah minimalis dengan gaya klasik modern juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin menghilangkan nuansa klasik pada rumah impian. Para arsitek siap membantu Anda mendapatkan hunian yang merupakan kombinasi dari rumah modern dan klasik. Aplikasikan warna monokrom seperti putih atau hitam. Tambahkan batu bata pada pada eksterior dinding rumah dan lengkapi dengan teralis hitam.

Rumah Minimalis Gelap Modern dengan Lis Putih

rumah minimalis hitam putih
renovasi-rumah.net

Anda bebas memilih warna untuk rumah minimalis. Sekalipun ingin menerapkan rumah dengan warna gelap pun Anda dapat melakukannya. Rumah akan tetap terlihat indah dan cantik. Namun disarankan untuk menggunakan warna putih untuk bagian tiang, pintu, jendela, dan dekorasi lainnya. Jika ingin memiliki rumah dengan tampilan yang berbeda daripada rumah pada umumnya, Anda juga bisa menerapkan warna oranye sehingga rumah terlihat modern dan unik.

Desain Rumah Minimalis Mewah dengan Palet Gradasi Abu Gelap

Rumah Minimalis Modern gelap
tipsdesainrumah.com

Meski tidak banyak orang yang mengaplikasikan warna gelap pada desain rumah minimalis mereka. Namun Anda tidak perlu khawatir perihal ini, mau bagaimanapun ini adalah rumah Anda. Dan Anda bebas mengekspresikan keinginan untuk memiliki rumah sesuai dengan harapan. Karena itu terapkan warna gelap pada rumah minimalis modern, ini akan membuat rumah terlihat lebih stylish.

Rumah Minimalis dengan Konsep Country maupun Pedesaan

rumah minimalis berkonsep pedesaan

Rumah dengan suasana pedesaan akan membuat Anda seolah-olah berada di kampung halaman. Suasana yang hangat dan tentram serta asri ini dapat Anda wujudkan dalam rumah minimalis berkonsep pedesaan. Untuk bisa memiliki dengan konsep pedesaan ini disarankan untuk menggunakan batang kayu yang dipasang secara vertikal pada bagian atas rumah.

Rumah Minimalis Modern dan Stylish

Rumah Minimalis Modern dan Stylish
wajibbaca.com

Rumah minimalis ini identik dengan full-height window dan pintu garasi desain minimalis. Rumah akan lebih stylish dengan sentuhan batu bata dan lampu kuning di dalam. Ketika sudah mulai petang, rumah akan terlihat lebih cantik.

Rumah Minimalis 2 Tingkat Sederhana

Rumah Minimalis 2 Tingkat

Umumnya dinding eksterior rumah hanya mengandalkan cat, namun kali ini Anda disarankan untuk mengaplikasikan keramik pada beberapa bagian dinding eksterior. Rumah akan tampak cantik dan elegan. Apalagi keramik ini sangat mudah dibersihkan. Jadi Anda bisa selalu memastikan bahwa rumah selalu bersih.

Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah Minimalis Tipe 36
desaincantik.com

Rumah minimalis dengan penggunaan warna gradasi juga memiliki tampilan yang keren. Tidak harus menggunakan warna putih, tapi gradasi warna abu-abu juga sangat cocok untuk diterapkan pada rumah berdesain minimalis. Spot inti dari rumah ini adalah adanya 3 jendela besar yang letaknya berdampingan. Ini akan menjadikan rumah semakin megah.

Rumah Minimalis yang Stylish dengan Paduan Ungu Tua

Rumah Minimalis Ungu kayu

Saat ini masih sedikit orang yang mengaplikasikan warna ungu tua pada eksterior rumah. Padahal warna ungu tua ini justru menghadirkan kesan modern dan stylish pada rumah Anda. Untuk itu coba kombinasikan warna ungu tua ini dengan kayu yang berwarna gelap. Kombinasi warna yang serasi ini akan menjadikan rumah lebih elegan.

Rumah Minimalis Megah, Mewah dan Bernuansa Tropis

Rumah Minimalis tropis Megah

Apabila Anda memiliki kriteria khusus untuk menjadikan rumah lebih mewah dan bernuansa tropis, Anda bisa menerapkan kayu mahogany yang berwarna hangat. Terapkan kayu ini pada bagian eksterior rumah. Jika terdapat balkon di rumah, Anda bisa menambahkannya dengan tanaman-tanaman tropikal guna menghadirkan nuansa tropis yang kental.

Rumah Minimalis Geometris Monokrom

Rumah Minimalis Monokrom
lensarumah.com

Pada rumah minimalis ini diterapkan penggabungan berbagai bentuk kubus dimana nantinya rumah ini menjadi representasi dari rumah-rumah yang diidamkan oleh kalangan publik. Penggunaan material yang tepat dan warna monokrom di tiap bagiannya akan menjadikan rumah lebih cantik.

Rumah Minimalis Elegan Dengan Jendela Panjang

rumah minimalis jendela panjang
dekorrumah.net

Rumah yang memiliki sedikit jendela akan terasa pengap dan sangat sedikit cahaya yang bisa masuk ke dalam rumah. Untuk itu sebaiknya pasang jendela yang panjang pada bagian depan. Menempatkan dinding panjang di bagain atas rumah akan menjadikan rumah tetap segar baik di siang atau malam hari.

Anda ingin memiliki rumah desain minimalis modern?

desain rumah minimalis modern
livedesain.com

Rumah minimalis merupakan solusi tepat bagi Anda yang memiliki lahan terbatas dan ingin memaksimalkan pembangunan rumah. Akan tetapi ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk menerapkan konsep model rumah minimalis modern tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

Pilih dan Letakkan Interior dengan Tepat

furniture rumah minimalis

Memiliki rumah minimalis menuntut Anda untuk lebih selektif dalam memilih furnitur. Pilihlah furnitur yang multiguna sehingga Anda tidak perlu membeli berbagai furnitur yang nantinya justru membuat ruang rumah Anda menjadi sempit. Ukuran furnitur juga sangat penting untuk diperhatikan. Hindari memilih furnitur yang ukurannya besar. Sesuaikan furnitur yang akan dibeli dengan luas ruangan yang nantinya akan menjadi ruang untuk meletakkan furnitur tersebut.

Pilih Warna Palet yang Tepat

warna cat rumah minimalis
desainrumahterbaru.me

Pemilihan warna dasar pada sebuah rumah sangat berpengaruh terhadap tampilan rumah minimalis Anda. Oleh karena itu aplikasikan warna yang tidak terlalu mencolok atau terlalu terang. Warna yang disarankan untuk rumah minimalis modern adalah warna-warna monokrom (seperti abu-abu, putih, hitam). Meski begitu juga ada yang memilih warna lembut seperti warna pastel. Sebaiknya tidak terlalu banyak menerapkan warna pada dinding rumah.

Pencahayaan yang Tepat

ventilasi rumah minimalis
rooang.com

Rumah yang menerapkan desain seindah dan sebagus apapun tapi tidak memiliki ventilasi udara yang baik juga bukanlah rumah yang layak untuk ditinggali. Untuk itu pastikan Anda memberikan ruang yang cukup untuk menempatkan beberapa jendela dan ventilasi. Tujuannya adalah agar sirkulasi di rumah Anda berlangsung lancar dan rumah tidak akan terasa pengap.

Aplikasikan Hiasan yang Senada

varian hiasan rumah minimalist

Untuk menjadikan rumah minimalis semakin menarik dan nyaman untuk ditempati, maka Anda disarankan untuk menempatkan beberapa varian hiasan. Tidak perlu berlebihan, cukup memadu padankan vas bunga dengan beberapa bingkai foto pada sudut ruangan. Sesuaikan dengan palet yang Anda terapkan pada rumah agar tercipta perpaduan warna yang selaras.

Demikianlah 20 inspirasi desain rumah minimalis serta beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membangun rumah dengan konsep desain minimalis.

Leave a Comment