Cara Mudah Belajar Kunci Gitar Bagi Pemula

belajar kunci gitar pemula

Kunci Gitar – Saat melihat perform band musik, tak jarang kamu terhanyut dengan petikan gitar gitarisnya? Bahkan, rasa-rasanya kamu juga ingin bisa memetik gitar sebagus itu. Hal ini wajar adanya, sebab nyatanya suara petikan gitar memang bagus dan enak didengar.

belajar kunci gitar pemula
youtube.com

Namun untuk bisa memainkan gitar dengan baik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Lain halnya jika kamu memang memiliki bakat dalam bidang ini. Jika tidak, maka membutuhkan waktu lebih hingga kamu benar-benar bisa menguasai teknik bermain gitar.

Walapun begitu, kamu tetap bisa kok menguasai teknik bermain gitar dengan tepat dan mudah. Asal kamu tekun, bukan tidak mungkin jika dalam waktu yang singkat senar gitar itu dapat kamu takhlukkan.

Cara belajar kunci gitar untuk pemula memang tak dapat dikatakan mudah atau sulit. Sebenarnya ini kembali pada metode yang dipakai dan individu tersebut. Lebih dari itu metode belajar kunci gitar juga turut berpengaruh dalam permainan gitar seseorang. Apabila metode yang dipilih dan digunakan tepat, maka kamu pun akan belajar memetik gitar dengan cepat dan mudah.

Untuk kamu yang tengah semangat untuk belajar gitar, dalam tulisan ini kami akan berbagi beberapa teknik belajar kunci gitar bagi pemula.

Sebuah gitar memiliki 6 buah dawai atau senar (dari ukuran yang kecil hingga besar). Untuk gitar akustik maupun elektrik, keduanya sama-sama memiliki nada yang serupa pada tiap dawai atau senarnya.

Namun ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Perbedaan tersebut ada pada tuningnya. Berikut detailnya.

  1. Senar atau dawai ke 1 (paling bawah) adalah nada E
  2. Senar atau dawai ke 2 adalah nada B
  3. Senar atau dawai ke 3 adalah nada G
  4. Senar atau dawai ke 4 adalah nada D
  5. Senar atau dawai ke 5 adalah nada A
  6. Senar atau dawai ke 6 (paling atas) adalah nada E

Lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar kunci dasar dalam bermain gitar. Namun jika kamu saat ini sudah memiliki gitar, sebaiknya langsung dipraktekkan saja.

Untuk memudahkan dalam belajar gitar, tentu saja kamu membutuhkan kunci guitar untuk pemula paling lengkap. Tidak ada salahnya jika kamu harus belajar secara otodidak dan memulainya dari nol. Selama kamu mempunyai semangat dan tekad yang kuat, kamu pasti bisa dengan mudah menguasai teknik bermain gitar yang benar.

Mempelajari hal apapun, termasuk belajar bermain gitar ini juga memerlukan ketekunan. Apalagi jika belajarnya otodidak, maka kamu sendirilah yang harus menentukan metode dan jadwal belajarnya. Lengkapi pula dengan memperbanyak wawasan tentang dasar-dasar bermain gitar.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah ketika belajar sambil praktek. Untuk menambah referensi belajar, berikut adalah kunci guitar untuk pemula yang paling lengkap.

  • Belajar Kunci Gitar Dasar

Sebagai seorang pemula, kamu harus tahu betul tentang kunci dasar ini. Kunci dasar tersebut adalah A, B, C, D, E, F, dan G. Dengan mengetahui dan menguasai kunci dasar tersebut kamu akan lebih mudah dalam memainkan gitar. Pastikan kamu sudah benar-benar mahir di kunci dasar sebelum beralih ke tahap selanjutnya.

  • Menyetel Gitar

Usai menguasai kunci dasar bermain gitar, langkah berikutnya adalah menyetel gitar. Untuk poin ini dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan. Jadi kamu bebas menyetel gitar sesuai keinginan dan kenyamanan. Apabila sudah, kamu bisa beralih ke langkah selanjutnya.

  • Mempelajari Variasi Chord

Belajar bermain gitar tidak boleh dilakukan secara setengah-setengah. Walaupun belajarnya otodidak, kamu juga harus total ketika mempelajarinya. Oleh karena itu maksimalkannya, kamu disarankan untuk memperbanyak belajar chord lagu. Minimal satu chord setiap pekan, ini akan menjadikan kemampuan bermain gitarmu semakin lihai. Selalu ingat, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Untuk itu, tetaplah tekun berlatih.

  • Mempelajari Kunci Gantung

Setelah mempelajari banyak chord, selanjutnya kamu bisa belajar tentang kunci gantung. Tujuannya adalah agar kamu dapat memainkan lagu benada tinggi dan nada yang lebih halus.

Kunci Gitar Mayor

Berikut adalah dasar kunci gitar major yang perlu kamu ketahui.

Kunci Gitar C

kunci gitar c
Kunci Gitar D

Kunci Gitar DKunci gitar E

Kunci gitar EKunci Gitar F

Kunci Gitar FKunci Gitar G

Kunci Gitar GKunci Gitar A

Kunci Gitar AKunci Gitar Minor

Berikut adalah dasar kunci gitar minor:

Kunci Gitar Dm

Kunci Gitar DmKunci Gitar Am

Kunci Gitar AmPerlu diketahui juga bahwa tiap dawai atau senar pada gitar mempunyai nada yang berbeda. Hal ini tergantung fret yang akan ditekan. Fret ini merupakan kolom-kolom pada gitar dimana bagian lengan gitarnya dipisahkan oleh besi. Bagaimana? Kamu masih semangat belajar gitar kan? Upayakan untuk memperbanyak jam praktek ya.

Nah, apabila kamu sudah menguasai kunci gitar di atas, sekarang saatnya kamu belajar cara menyetem kunci gitar. Sudah tidak sabar untuk mengetahui caranya kan? Langsung simak saja ulasan berikut ini.

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyetem kunci gitar. Yakni dimulai dengan menyetem melalui tuning standar, lalu menyetem dengan tuner (efek gitar atau bisa juga dengan aplikasi dari android), dan cara lainnya adalah dengan mencocokkannya dengan instrumen lain atau menggunakan teknik harmonik. Kesemua cara menyetem gitar itu tadi bisa pula dipalikasikan pada instrumen gitar elektrik, gitar akustik, ukulele, bass maupun kencerung.

Cara Menyetem Gitar Manual

Cara Menyetem Gitar Manual

Pada dasarnya cara ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Namun karena masih pemula, bisa jadi ini juga menjadi cara yang membingungkan. Sebab kamu dituntut untuk melatih pendengaran, jadi harus benar-benar peka terhadap nada-nada yang ada.

  1. Tekan dawai atau senar ke 6 pada fret ke-5, lalu sesuaikan nada dengan senar 5, kemudian dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun.
  2. Tekan dawai atau senar ke 5 pada fret ke-5, lalu sesuaikan nada dengan senar 4, dan dibunyikan tanpa perlu menekan fret manapun.
  3. Tekan dawai atau senar ke 4 pada fret ke-5, lalu sesuaikan nada dengan senar 3 dan bunyikan tanpa menekan fret manapun.
  4. Tekan dawai atau senar ke 3 pada fret ke-4, selanjutnya sesuaikan nada dengan senar 2 dan bunyikan tanpa menekan fret manapun.
  5. Tekan dawai atau senar 2 pada fret ke-5, lalu sesuaikan nada dengan senar 1 dan bunyikan tanpa menekan fret.

Bagaimana? Mudah atau sulit? Kamu hanya perlu mengikuti cara-cara tersebut. Pastikan kamu mendengarkan nada dengan benar-benar teliti.

Cara Menyetem Gitar dengan Tuning Standar

Menyetem Gitar dengan Tuning Standar

Tuning standar ini merupakan tuning yang paling sering digunakan oleh para gitaris. Bahkan lagu-lagu yang populer di telinga penikmat musik adalah lagu-lagu yang mengandalkan steman standar tersebut. Akan tetapi muncul pertanyaan baru, seperti apa cara menyetem tuning tanpa perlu mengandalkan alat bantu tuner? Jawaban terbaiknya adalah dengan mencocokkan langsung dengan lagu yang didengar.

Untuk itu coba cari sebuah lagu lalu dengarkan bagian awal atau intro yang dimulai dari chord E. Sebab dari chord ini kamu bisa tahu tentang nada E tanpa dipetik atau nada open string. Sebagai informasi saja, band Indonesia yang sering mengandalkan chord E untuk dijadikan chord awal adalah Peterpan. Misalnya pada lagu Tak Bisakah, Mimpi yang Sempurna, Bintang di Surga, dll.

Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu itu dan perhatikan betul bagian chord awalnya. Jika sudah, kamu bisa langsung menyamakan nadanya dengan senar ke-6 pada gitar. Apabila sudah berhassil menyamakan nada, kamu dapat menerapkan langkah-langkah yang sudah dijabarkan pada cara menyetem manual di atas.

Cara Menyetem Gitar dengan Instrument Lain

Menyetem Gitar dengan Instrument Lain

Hal ini sering dilakukan saat kamu sudah ada di dalam studio. Sebab adakalanya setelan nada gitar yang kamu atur sebelumnya tidak sama dengan instrument lain. Jadi kamu harus menyamakan nadanya. Untuk itu coba cocokkan dengan instrument lainnya, seperti dengan keyboard. Perihal ini tidak terbatas pada gitar saja, jadi saat kamu bermain bass pun dapat menerapkan cara yang sama.

Perbanyak referensi dan rajin berlatih adalah cara tepat yang dapat dilakukan agar kamu bisa mahir bermain gitar. Oia, selain hal-hal di atas, berikut juga ada informasi tentang kiat mudah belajar kunci gitar yang dapat kamu lakukan.

Cari referensi di internet

Cari referensi di internet

Karena kali ini kamu belajar gitarnya secara otodidak, jadi kamu sendiri yang harus rajin mencari banyak referensi tentang belajar gitar. Manfaatkan smartphone dan jaringan internet untuk berburu bahan bacaan yang dapat kamu jadikan panduan belajar.

Cari video tutorial

Cari video tutorial

Selain bahan bacaan, kamu juga bisa mencari video tutorial belajar main gitar. Sekarang sudah banyak video tutorial yang dapat kamu akses di Youtube.

Disiplin

Disiplin berlatih kunci gitar

Ketika kamu memilih untuk belajar main gitar secara otodidak, itu artinya semua kendali ada pada keputusan kamu. Jadi, agar proses belajarnya berjalan dengan maksimal, ada baiknya kamu membuat jadwal latihan. Jam praktek yang tinggi juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan kamu bermain gitar.

Demikianlah hal-hal yang dapat kamu jadikan panduan untuk mempelajari seluk beluk teknik main gitar. Pastikan kamu tidak melewatkan langkah-langkah yang telah diterangkan di atas ya. Dengan begitu kamu akan semakin lihai memainkan gitar dan menghasilkan lagu-lagu yang keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *