Bacaan Surat Yasin dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam al-Quran dan memiliki 83 ayat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa al-Quran diturunkan untuk dijadikan pedoman hidup bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dijadikan acuan dalam menjalani kehidupan. Dan sebagai umat Islam, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan isi kandungan al-Quran.

Begitu pula untuk surat Yasin ini, dimana surat ini diartikan sebagai jantungnya al-Quran. Sedemikan pentingnya surat ini, kita dianjurkan untuk membacanya pada malam Jumat dan juga baik dibaca di makam.

Surat Yasin
placehold.it

Berikut adalah dalil-dalil mengenai hukum fadhilah beserta keutamaan surat Yasin.

Rasululullah Saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

“Barang siapa yang membaca surat Yasin pada malam hari disertai harapan akan keridhaan Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya”, (HR. At-Thobroni/145, 418 dan Albayhaqi/2360, 2361 dari Abu Hurairah, Ad Darimi/3478 dari Hasan, dishohihkan oleh Ibnu Hibban/2626).

Selain itu juga masih banyak hadits lainnya yang dijadikan landasan tentang disyari’atkannya membaca al-Quran di kuburan. Banyak hadits-hadits perihal ini, meski ada beberapa yang dhaif atau (hadits lemah, tapi bukan palsu).

Hukum Membaca Surat Yasin

Hukum membaca Surat Yasin
nu.or.id

Namun secara garis besar dapat disimpulkan bahwa membaca al-Quran, terlebih surat Yasin ini mempunyai dasar hukum yang syar’i. Hal ini sejalan dengan hadits-hadits ulama, di antaranya adalah:

Hadits Membaca Surat Yasin yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad

يس ثلث القرآن لا يقرؤها رجل يريد الله والدار الآخرة إلا غفر له فاقرؤوها على موتاكم

“surat Yasin merupakan sepertiga dari al-Quran, surat ini tidak dibaca kecuali oleh orang-orang yang mengharapkan ridho Allah SWT dan akhirat, kecuali akan diampunkan dosanya. Maka, bacakanlah surat Yasin ini untuk orang yang meninggal” (HR. Ahmad).

Hadits riwayat an-Nasa’i, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah

اقرأوا يس على موتاكم

Yang artinya, “bacalah surat Yasin atas orang yang meninggal”, (HR. Nasa’i, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

Pendapat Imam Syafi’i (w.204 H/820 M) tentang membaca al-Quran di kuburan

Imam Syafi’i Radhiyallahu ‘Anhu menyatakan bahwa orang yang berziarah kubur disunnahkan untuk membaca al-Quran dan membaca doa sesudahnya di kuburan.

Pun mengenai ini juga sudah disepakati oleh para ashab Imam Syafi’i sebagaimana Imam Nawawi ketika menerangkannya dalam kitab Majmuk Syarah Muhazzab jilid 5 halaman 311. Cetakan Dar Fikr. Selanjutnya murid senior Imam Asy-Syafi’i, az-Za’Farany (w.260 H) mengatakan:

سألت الشافعى رحمه الله عن قراءة عند القبر فقال لا بأس به

Saya pernah menanyakan kepada Imam Syafi’i mengenai membaca (al-Quran) di samping kuburan. Lalu beliau menjawab “tidak mengapa”.

Fadhilah dan Keutamaan Surat Yasin

keutamaan surat yasin

Dengan mengetahui fadhilah dan keutamaan membaca surat Yasin diharapkan akan menjadi motivasi bagi kita untuk bisa kembali bersemangat menjalani hidup di atas keridhoan-Nya.

  1. Jenazah yang telah dikubur lalu kita membacakan surat Yasin atasnya, maka InSyaa Allah siksa yang akan diterima si mayit akan diringankan.
  2. Bagi orang yang semasa hidupnya dikenang karena kebaikannya, lalu kita membaca surat Yasin atasnya, ini bisa menjadikan ruhnya mendapatkan ketenangan di alam kubur.
  3. surat Yasin yang kita bacakan dengan memohon kemudahan untuk orang lain, maka Allah akan melepaskan orang tersebut dari segala kesulitan, penyakit dan masalah lainnya.
  4. Apabila kita membaca surat Yasin di malam hari, maka Allah akan melindungi kita hingga waktu pagi. Dan sebaliknya, jika kita membaca surat Yasin di pagi hari, maka Allah akan melindungi diri kita hingga menjelang petang.
  5. Bagi orang yang tengah kelaparan lalu bermunajat kepada Allah sembari membaca surat Yasin, maka Allah akan mengenyangkan mereka.
  6. Ketika kita memiliki suatu hajat lalu kita membaca surat Yasin, niscaya hajat dan keinginan akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  7. Untuk kita yang sedang dirundung kesedihan dan kesulitan, kemudian kita membaca surat Yasin, InSyaa Allah kesedihan dan kesulitan akan dihilangkan dari diri oleh Allah SWT.

Sebelumnya kita sudah membaca tentang Keutamaan Ayat Kursi, dimana ketika kita rajin membaca ayat kursi, maka kita akan lebih dekat dengan Allah. Begitu pula saat kita rajin membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkan surat Yasin ini, maka kita juga akan bertambah dekat dengan Allah SWT.

Apabila kita selalu dekat dengan Allah, kita akan menjadi hamba yang mudah bersyukur, semangat beribadah, dan tidak sibuk dengan urusan dunia melainkan sibuk mempersiapkan kehidupan yang baik di akhirat kelak.

Bukan hanya itu saja, dengan senantiasa dekat dengan Allah, kaki dan tangan akan lebih ringan untuk diajak berbuat kebaikan dan menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain, selalu berprasangka baik dan tidak mudah menyerah dengan sesuatu, serta mampu menjalani hari-hari dengan rasa ikhlas yang selalu tertambat dalam hati.

Bacaan Surat Yasin

Bacaan Surat Yasin

Al-Quran adalah pedoman hidup, di dalamnya terkandung ilmu, pengetahun, dan wawasan serta anjuran-anjuran kebaikan lainnya. Tidak ada suatu keburukan yang diajarkan al-Quran melainkan supaya kita mengambil hikmah darinya.

Begitu pula dengan surat Yasin ini, dengan membacanya, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang takut dan cinta pada Allah. Namun kita juga harus selalu berupaya untuk membaca disertai dengan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin

Leave a Comment