Bacaan Ayat Kursi, Waktu membacanya serta Manfaatnya

Ayat Kursi – Allah SWT telah menurunkan al-Quran sebagai pedoman hidup untuk umat manusia. Di dalam al-Quran tersebut sudah tertulis semua hal yang dapat kita jadikan rujukan dalam menjalani kehidupan.

Bukan hanya kehidupan di dunia, tapi juga kehidupan di akhirat kelak. Al-Quran adalah pusat ilmu pengetahuan karena di dalamnya terdapat banyak keajaiban.

Berbicara tentang keajaiban al-Quran, ada salah satu surah yang di dalamnya terdapat ayat kursi. Ayat kursi ini juga memiliki keajaiban tersendiri. Ayat kursi ini merupakan ayat yang ada dalam surah al-Baqarah.

Al-Baqarah itu sendiri menjadi surah kedua yang termaktub dalam kitab suci al-Quran. Al-Baqarah artinya “sapi betina”, dan surah ini menjadi surah terpanjang. Surah ini tergolong surah Madaniyah.

bacaan ayat kursi

Setiap surah yang ada di dalam al-Quran mempunyai keajaiban masing-masing. Akan tetapi ada salah satu ayat dari surah al-Baqarah yang mempunyai keistimewaan dan manfaat yang luar biasa. Yakni ayat ke-255 dan dikenal dengan sebutan “Ayat Kursi”.

Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah, “Apa yang membuat ayat ke-255 dari surah al-Baqarah dinamakan Ayat Kursi?”. Sebab Allah menurunkan surah al-Baqarah di Madinah dan ayat ini diturunkan pada suatu malam khusus setelah Hijrah. Ayat ke-255 ini diturunkan dengan didampingi ribuan malaikat  karena begitu istimewanya ayat ini.

Sedangkan ayat ke-255 ini disebut dengan Ayat Kursi karena di dalam ayat ini terkandung kemartabatan yang disyiarkan atas kebesaran Allah SWT.

Mengingat ayat ini sangat istimewa, maka Rasulullah pun segera memberi tugas kepada Zaid bin Tsabit yang tak lain adalah seorang Penulis al-Quran untuk menulis ayat ke-255 dari surah al-Baqarah tersebut lalu menyebarkannya.

Bacaan Ayat Kursi

bacaan ayat kursi

Inilah Tiga Waktu yang Dianjurkan Untuk Membaca Ayat Kursi

waktu membaca ayat kursi
islamidia.com

Ketika Pagi dan Petang

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa seseorang yang membaca ayat kursi di waktu petang, maka ia akan Allah lindungi hingga pagi hari.

Dan sebaliknya, apabila seseorang membaca ayat kursi di waktu pagi, maka Allah akan melindunginya hingga petang. Tentu hidup kita akan lebih tenang dan damai karena Allah dan Rasulullah senantiasa melindungi.

Sesudah Shalat Fardhu

Sebuah hadits menyebutkan bahwa barang siapa yang membaca ayat kursi sesudah shalat fardhu, maka tidak ada suatu penghalang apapun bagi kita untuk masuk surga.

Jadi, apabila selama hidup di dunia kita rajin membacanya dan mengamalkannya sesudah shalat waktu, maka kita bisa masuk surga dengan mudah. In Syaa Allah.

Sebelum Tidur

Hal ini berlangsung saat Abu Hurairah bercerita kepada Rasulullah tentang seseorang yang telah mengajarkan ayat kursi padanya.

Abu Hurairah mengadu bahwa suatu hari pernah ada seseorang yang akan mengajarinya suatu kalimat dimana nantinya Allah akan mengkaruniakan manfaat bagi yang membacanya.

Setelah itu Rasulullah bertanya tentang kalimat yang diajarkan tersebut. Lalu Abu Hurairah menjawab bahwa orang tersebut berpesan kepada Abu Hurairah agar membaca ayat kursi sebelum pergi tidur.

Manfaat Membaca Ayat Kursi

Keutamaan ayat kursi
findunifi.com

Ayat kursi memiliki banyak manfaat bagi kita yang rajin membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ayat kursi menghindarkan kita dari hal-hal buruk.

Karena saking luar biasanya ayat kursi ini, para iblis dan syaitan pun lari terbirit-birit saat ayat kursi ini diturunkan dan ditulis di dalam al-Quran.

Ma Syaa Allah, Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya. Allah tidak akan menurunkan suatu ayat tanpa menyematkan manfaat bagi umatnya. Lalu apa saja manfaat dan keistimewaan serta cara mengamalkan ayat kursi ini, berikut ulasannya.

Memberikan nikmat yang banyak

Apabila kita rajin membaca ayat kursi, maka Allah akan memudahkan kita dalam mencari rezeki yang halal lagi baik. Selain itu Allah akan mengangkat derajat kita dengan menjadikan kita sebagai seseorang yang disegani dan dihormati orang lain. Penjelasan mengenai hal ini juga dimuat dalam kitab Assarul Mufaidah.

Menjauhkan kita dari godaan syaitan yang terkutuk

Sebagai bentuk penjagaan, kita bisa membaca ayat kursi kapanpun kita mau. Boleh pagi atau malam hari. Entah itu sebelum atau setelah shalat, ketika keluar atau masuk rumah dan pada kesempatan lainnya.

Mari sama-sama mengistiqomahkan diri untuk rutin membaca ayat kursi agar Allah senantiasa melindungi kita dan menjauhkan diri kita dari syaitan.

Menjadikan kita lebih pandai

Apabila seseorang membaca ayat kursi dengan bersungguh-sungguh mengharap ridho Allah sebanyak 50 kali lalu meniupkannya pada satu gelas air hujan dan kemudian diminum akan menjadikan otak lebih mudah menerima suatu ilmu.

Kita semakin pandai, cerdas dan selalu berprasangka baik dalam keadaan apapun. Hal ini dijelaskan oleh Syeikh Abul ‘Abas Al-Bunni.

Menjadi benteng pertahanan

Ayat kursi bisa kita jadikan bentuk perlindungan diri. Ayat kursi yang rutin dilafalkan dan diamalkan akan menjadi pelindung dari segala keburukan.

Misalnya musibah yang bisa datang kapan saja, maka Allah pun akan melindungi diri kita dimanapun dan bagaimanapun keadaan kita.

Diberikan Pertolongan

Allah adalah sebaik-baik penolong. Maka saat membaca ayat kursi sebanyak 170 kali, maka Allah akan mendatangan pertolongan bagi kita. Bentuk pertolongan ini bisa berupa pemberian atau dimudahkan dalam berikhtiar untuk mendapatkan sesuatu.

Membantu meredam emosi negatif

Sebagai makhluk yang dibekali perasaan dan nafsu, maka bukan suatu hal yang aneh jika terkadang kita merasa kesal terhadap sesuatu.

Kadang kita digoda oleh syaitan melalui orang lain. Muncullah rasa kesal dan marah karenanya. Lalu disinilah peran ayat kursi, dimana Allah akan membantu kita meredam emosi dan memberikan ketenangan jika kita membaca ayat kursi saat sedang merasa jengkel dan dipenuhi emosi negatif.

Melindungi Rumah

Bukan hanya diri kita yang butuh perlindungan Allah. Rumah, sebagai tempat tinggal pun rentan dimasuki syaitan dan iblis. Oleh karena itu upayakan untuk membaca ayat kursi di empat bagian atau sudut rumah.

Ini dimaksudkan supaya rumah terlindungi dari segala mara bahaya. Baik hal-hal buruk yang berasal dari syaitan atau orang-orang yang memilik niat jahat terhadap rumah kita.

Dijaga oleh Malaikat

Allah akan senantiasa menjaga kita yang rajin membaca ayat kursi kapanpun dan dimanapun. Lebih dari itu, saat kita tidur pun kita juga membutuhkan penjagaan. Dan apabila kita membaca ayat kursi sebelum tidur, maka para malaikat akan turun dan menjaga waktu tidur kita.

Dengan begitu kita bisa tidur dengan tenang, nyenyak dan diberi mimpi-mimpi yang baik. Jadi jangan sampai kita hanya mengandalkan penjagaan manusia ya, kita boleh meminta bodyguard untuk menjaga kita, namun lebih dari itu tetap utamakan penjagaan dari Allah melalui para malaikat-Nya.

Melindungi diri dari musuh

Selain menjelaskan bahwa ayat kursi bisa membuat kita menjadi pintar, Syeikh Abul ‘Abas Al-Bunni juga menerangkan apabila ayat kursi bisa dijadikan wasilah untuk melindungi diri dari musuh yang tengah mengejar dengan niat jahat.

Membuat lingkaran sembari melafalkan ayat kursi dan kita berlindung di dalam lingkaran tersebut maka Allah akan menutup penglihatan musuh terhadap kita, dengan begitu musuh yang mengejar tidak akan melihat dan kita tetap selamat.

Diberi perlindungan pada hari Jum’at

perlindungan pada hari Jum’at
bagi-in.com

Pasti kita sudah tahu bahwa hari Jum’at adalah hari penuh berkah. Ini juga berlaku ketika kita membaca ayat kursi 12 kali di waktu pagi di hari Jum’at. Allah yang Maha Melindungi akan melindungi diri kita dari hal-hal buruk maupun kejahatan.

Dihilangkan dari Kekafiran

Membaca ayat kursi Dihilangkan dari Kekafiran
mirajnews.com

Sungguh, sebagai seorang muslim atau muslimah tentu kita tidak ingin dicap sebagai orang kafir yang mengkhianati Allah dan menyekutukan-Nya.

Salah satu cara agar kita dihilangkan dari kekafiran adalah dengan membaca ayat kursi, terutama bagi kita yang sering melakukan kegiatan di luar rumah.

Ayat kursi sebagai doa ketika memasuki tempat baru

Ayat kursi sebagai doa
satujam.com

Apabila kita berkunjung ke suatu tempat atau memasuki sebuah lingkungan baru, akan lebih baik jika kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala hal buruk yang mungkin ada di tempat tersebut. Bacalah ayat kursi saat memasuki tempat baru agar Allah selalu menjaga kita dalam kebaikan.

Allah semakin mencintai kita

membaca ayat kursi Allah semakin mencintai kita

Sebagai hamba, sudah pasti kita mendamba cinta-Nya. Untuk itu marilah kita sama-sama membaca dan mengamalkan ayat kursi dengan disertai pemahaman makna agar Allah semakin mencintai kita sebagaiman Allah mencintai Rasulullah Saw.

Disembuhkan dari penyakit

Disembuhkan dari penyakit
Bukubiruku.com

Tidak sedikit obat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Benar obat ini menyembuhkan, tapi hanya sementara. Untuk itu, marilah kita memohon kesembuhan pada Allah SWT. Dengan membaca ayat kursi saat sedang sakit, In Syaa Allah akan memberikan kesembuhan pada diri kita.

Rasa syukur dan pahala semakin bertambah

Rasa syukur

Sebagai seorang muslim atau muslimah, kita selalu berusaha melakukan kebaikan agar senantiasa di ridhoi oleh Allah. Bonusnya, kita akan mendapat pahala dari kebaikan yang dilakukan.

Dan dengan membaca ayat kursi ini Allah SWT akan melimpahkan pahala dan menyuburkan rasa syukur dalam hati kita. Hidup pun menjadi semakin bahagia.

Allah SWT adalah sebaik-baik pelindung. Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang akan senantiasa memberi kesembuhan, kecerdasan, kelapangan rezeki dan lainnya.

Dan ayat kursi Allah turunkan sebagai perantaranya, namun dengan catatan kita harus benar-benar mengamalkan isi dan kandungan ayat kursi tersebut. Lebih dari itu kita harus tetap menjadi hamba yang taat, dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

1 thought on “Bacaan Ayat Kursi, Waktu membacanya serta Manfaatnya”

Leave a Comment