Niat Puasa Senin Kamis Serta Doa Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu sunnah Rasulullah Saw. Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan hasilnya membuktikan bahwa puasa sunnah Senin Kamis ini memiliki banyak manfaat.

Niat Puasa Senin Kamis
ytimg.com

Misalnya bisa menghindarkan dari berbagai penyakit, mencerahkan kulit wajah, dan yang paling penting adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT. Lebih dari itu puasa ini merupakan ibadah yang baik untuk dilakukan karena ketika berpuasa, kita dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu, emosi, dan lainnya.

Sebagai seorang muslim kita harus yakin bahwa puasa ini merupakan bentuk rasa syukur dan latihan kesabaran. Jadi tidak seharusnya kita merasa terbebani atau merasa berat menjalani ibadah ini. Dengan berpuasa, kita akan belajar untuk lebih menghargai makanan dan minuman. Tidak lagi membuang-buangnya, dan tidak pula berlebihan dalam mengonsumsinya. Rasulullah Saw bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Banyak amalan yang dihadapkan pada Allah di hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku pun suka apabila amalanku dihadapkan kepada-Nya, saat aku tengah berpuasa. (HR. Tirmidzi no. 747).

At-Tirmidzi menyebutkan bahwa hadits ini hasan ghorib. Lalu Al-Hafizh Abu Tohir mengatakan apabila hadits ini hasan. Sementara itu Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yakni shahih dilihat dari jalur lainnya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa ketika berpuasa Senin Kamis maka amalan kita tengah dihadapkan kepada Allah. Inilah mengapa puasa sunnah Senin Kamis sangat baik untuk dilakukan.

Niat Puasa Senin Kamis

Tentu kita sudah tahu bahwa setiap mengawali suatu ibadah haruslah membaca niat terlebih dulu. Saat wudhu, akan sholat, dan berpuasa pun demikian, kita harus mengawalinya dengan niat. Niat merupakan bentuk ketetapan hati seorang hamba untuk melaksanakan suatu ibadah dimana saat pelaksanaannya tidak dapat diganggu oleh hal-hal lain.

Niat Puasa Senin Kamis:

Bacaan niat puasa sunnah hari Senin tidak sama dengan niat puasa sunnah hari Kamis. Berikut adalah niat puasa hari Senin:

inilah niat puasa senin kamis

(Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aala)

Artinya : Saya niat berpuasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Sedangkan niat puasa hari Kamis adalah sebagai berikut:

niat puasa sunnah kamis

(Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’aala)

Artinya : Saya niat berpuasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Itulah bacaan niat puasa sunnah hari Senin dan Kamis. Saat mengucapkan niat, pastikan kita meyakininya dalam hati sehingga niat kita benar-benar mengharap keridhoan-Nya.

Doa Puasa Senin Kamis

Doa Puasa Senin Kamis

Sudah disinggung di atas bahwa puasa Senin Kamis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi puasa tidak hanya membantu mengistirahatkan pencernaan dan organ ginjal yang berperan mendetoksifikasi tubuh dari racun.

Seseorang yang berdoa, sementara ia tengah berpuasa maka Allah akan mengabulkan semua doa yang dimunajatkan. Hal ini sejalan dengan hadist Rasulullah Saw yang menyebutkan bahwa doa orang berpuasa itu tidak akan tertolak.

Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka. (HR Ibnu Majah 1743).

Jadi manfaatkan waktu berpuasa untuk berdoa sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT, sebab hanya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْناَ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Ya Allah, untuk-Mu kami berpuasa dan dengan rizki-Mu kami berbuka. Ya Allah, terimalah (amal-amal) kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis
okezone.com

Sebagai umat yang baik, sudah seharusnya kita meneladani Rasulullah Saw, sebagaimana beliau juga rajin melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis ini. Jadi, kita pun sangat dianjurkan untuk turut mengikuti sunnahnya. Apalagi keutamaan dan manfaat puasa sunnah Senin Kamis juga tak terbantahkan. Berikut adalah keutamaan puasa Senin Kamis:

  • Terhindar dari siksa api neraka
  • Melatih mengendalikan hawa nafsu
  • Mendapatkan syafaat Rasulullah Saw
  • Menyehatkan tubuh
  • Memperoleh pertolongan ketika hari penghakiman
  • Pahala dari Allah SWT

Betapa istimewa keutamaan puasa Senin Kamis ini. Sebab di hari Senin pula Nabi Muhammad lahir ke dunia ini. Selain itu pintu surga juga akan terbuka pada hari Senin Kamis, oleh karena itu marilah kita sama-sama mengistiqomahkan diri untuk rajin berpuasa Senin Kamis.

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku. (HR. Muslim no. 1162)”.

Hasil Penelitian Para Ilmuan Tentang Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis kesehatan
d3m-vb.net

Puasa Senin Kamis ini juga telah diteliti oleh para ilmuwan di negara barat. Hasilnya sangat mengagumkan. Hal ini bertentangan dengan pemikiran mereka selama ini yang menilai bahwa puasa adalah kegiatan yang menyiksa tubuh seseorang dan puasa adalah bentuk ibadah yang memberatkan.

Sebaliknya, hasil penelitian para ilmuwan tersebut terbantahkan oleh hasil temuan mereka sendiri terkait puasa Senin Kamis itu sendiri. Berikut adalah beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan mengenai puasa Senin Kamis.

  • Meningkatkan kemampuan indra pada tubuh
  • Mencegah penuaan dini
  • Menurunkan kadar tekanan darah dan lemak pada tubuh
  • Tubuh terasa lebih ringan untuk melakukan kebaikan
  • Tubuh senantiasa sehat dan bugar

Hikmah dan Faedah Puasa Senin Kamis

hikmah Puasa senin kamis
gaulfresh.com

Apabila belum terbiasa puasa Senin Kamis, tentu kita akan merasa terbebani dan berat menjalaninya. Namun jangan lantas menyerah dan tidak mau puasa lagi, sebaliknya kita harus memperbaiki niat dan komitmen untuk terus belajar membiasakan diri untuk berpuasa sunnah Senin Kamis. Dengan begitu akan banyak hikmah dan faedah yang akan kita dapatkan.

Tidak satupun keburukan yang akan kita peroleh ketika kita rajin berpuasa Senin Kamis. Yang ada justru banyak kebaikan mengalir dari keberkahan puasa Senin Kamis ini. Tubuh pun akan semakin sehat dan bugar. Hati dan pikiran akan selalu tenang karena hati kita terpaut dan dekat dengan Sang Pemiliki Hidup, Allah SWT.

Berikut adalah hikmah dan faedah yang akan didapat apabila kita rajin puasa Senin Kamis.

  • Kesehatan tubuh terjaga
  • Terhindar dari dosa
  • Bisa turut berempati atas penderitaan orang yang tidak seberuntung kita
  • Mendapatkan pahala kebaikan
  • Lebih menghargai orang lain
  • Menjadi pribadi yang bijak

Sungguh luar biasa hikmah dan faedah dari puasa Senin Kamis ini. Meneladani sunnah Rasullullah merupakan keharusan bagi umat Islam. Beliau, Nabi Muhammad Saw diturunkan ke dunia ini dan menjadi salah satu Rasul yang Allah tugaskan untuk menyempurnakan akhlak manusia. Keteladanan Rasulullah Saw akan selalu bermanfaat, sampai kapanpun.

Rasulullah Saw diberi tugas yang tidak ringan, yakni untuk menyempurnakan akhlak manusia. Namun, seberat dan sesulit apapun medan dakwah yang ditemui, Rasul tak pernah gentar dan tetap berdakwah dengan keikhlasan dan kesabaran.

Lalu, akankah kita yang sudah Rasul perjuangkan masih mengeluh hanya karena berpusa Senin Kamis? Sungguh, jangan sampai kita mengeluh dan merasa terbebani dengan sunnah-sunnah yang beliau bawa. Kesukaran yang kita dapatkan di jaman modern ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan perjuangan Rasulullah Saw dalam membesarkan nama Islam.

Itulah penjelasan tentang puasa sunnah senin kamis beserta niat puasa senin kamis, semoga kita bisa mengamalkan dengan istiqomah…

Leave a Comment